Kamis, 22 November 2018

Day 3: Mengapa Saya Memilih Nama "Catatan Yustrini" untuk Blog Ini?



Halo, masih dengan #BPN30DayChallenge2018 di hari yang ketiga. Yeah, tetap semangat! Temanya kali ini adalah Kenapa Memilih Nama Blog yang Sekarang Digunakan? Sekarang saya pakai Catatan Yustrini untuk blog ini. Kenapa pakai nama itu? 

Di hari pertama sudah diceritakan jika saya menulis blog awalnya hanya untuk menyimpan karya tulisan yang dimuat di media cetak. Waktu itu saya masih belum kenal bagaimana ngeblog, walau sampai sekarang masih belajar sih. Tadinya mau saya namain "YUSTRIN OH YUSTRIN" tapi kok kesannya seperti berbunyi OH MAMA OH PAPA, mirip sama artikel salah satu majalah wanita di Indonesia. Nanti dikira isinya blog cerita sedih, padahal cerpen saya rata-rata cerpen remaja yang lucu, nggemesin sama sekali nggak sedih. Maka batal deh, memberikan nama itu.

Bikin nama buat blog buat saya susah-susah gampang. Sempat kepikiran mau pakai nama samaran misalnya Elisheva Story, Gina Alamanda Note, Cerita Veronika, he,  he. Nama samarannya nggak ada nyerempet-nyerempetnya sama nama asli ya? Jadi orang-orang nggak akan kenal siapa Yustrini, mendengar namanya saja kedengaran seperti orang asing padahal si pemilik bisa bahasa Inggris aja, enggak!

Terus muncullah ide nama “CATATAN YUSTRINI”. Nggak tahu tiba-tiba nama itu muncul begitu saja. Bagi banyak orang mungkin menganggap nama itu nggak ada kreatif-kreatinya. Tapi bagi saya, nama itu bisa mencerminkan siapa pemilik blog. Orang jadi sudah tahu, “oo, blognya Yus namanya Catatan Yustrini”.

Satu lagi alasan saya memilih nama itu karena sederhana, mudah diingat dan mudah dieja. Kalau boleh jujur sih, saya suka memuji blog-blog yang memiliki nama unik dan keren. Namun saya suka susah ngetiknya ketika pengen blog walking ke sana. Saya harus googling dulu dengan ejaan yang benar, karena nggak semua link yang dibagikan bisa di klik. Saya harus search dulu di sosmed-nya, kelamaan hanya untuk mencari alamat blog. Dan mengingat pengalaman seperti itu, saya ingin teman-teman bisa mencari blog saya dengan mudah.

Jadi jika ada teman saya yang ketemu terus bertanya-tanya tentang blog saya, saya langsung suruh dia ketik Catatan Yustrini. Yang pasti saya juga akan lebih mudah mengingat. Nggak lucu kan kalo yang punya blog lupa ejaan nama blognya sendiri?

Kenapa nggak dinamai Kumpulan Cerpen Yustrini aja? Kan berisi cerpen karyanya Yus kan?

Hmm, nggak ah! Nanti saya harus ganti nama jika ingin memposting tulisan yang bukan karya dimuat di media. Saat itu pikiran saya bikin blog bukan saja berisi kumpulan cerpen, tapi ada review tempat, review produk dan macam-macam yang akan diposting di sini. Jadi kalo orang baca “Catatan Yustrini”, mereka sudah tahu apa yang ada di dalamnya. Walau kenyataannya postingan yang ada kebanyakan artikel buat lomba blog dan giveaway. He, he.

Ke depan mungkin jika sudah mantap hati, saya akan bikin blog dengan nama yang lebih bermakna. Bukan sekedar nama yang nggak kreatif. Yang penting ada arti dan ada doa di dalamnya. Oya, satu lagi hindari nama yang udah banyak kemiripannya. Supaya nggak kesasar. Jalan Bambu ingatnya orang bisa Jalan Pring, nah salah alamat, kan?

Nah, sekarang gimana dengan kamu? Apa punya pendapat yang sama? Atau malah bertolak belakang? He, he. Biar beda yang penting Indonesia tetap satu jua.




2 komentar:

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.