Pengalaman bepergian di era new normal

Memasuki era new normal bukan berarti keadaan sudah aman ya. Kita harus tetap waspada dan rajin menjaga kebersihan diri juga lingkungan agar terhindar dari penyakit atau virus Corona.

New normal artinya kita hidup damai berdampingan dengan pandemi. New normal adalah perubahan  perilaku untuk hidup normal tapi ditambah perilaku menerapkan protokol kesehatan.

Ancaman tertular Covid-19 tetap ada, tetapi kebutuhan hidup juga harus dipenuhi. Tak semua orang bisa bekerja dari rumah.

Ada banyak orang di dunia ini butuh keluar untuk bekerja bukan diam di rumah saja. Karantina mandiri selama 3 bulan saja sudah menghasilkan persoalan ekonomi yang cukup memprihatinkan.

Banyak yang kehilangan pekerjaan, berkurang pendapatan sementara hidup harus terus berjalan. Kebutuhan menumpuk, penghasilan berkurang. Bisa-bisa banyak orang mati bukan karena Corona tapi dibunuh oleh rasa bosan selama diam di rumah aja. Nggak ada pemasukan, nggak bisa makan dan menganggur sepanjang hari.

Syukurlah sekarang pemerintah mulai melonggarkan PSBB(Pembatasan Sosial Berskala Besar) atau yang kita kenal dengan istilah tatanan era kenormalan baru. Kita bisa memulai adventure baru senyaman di rumah dengan Mitsubishi XPANDER bersama keluarga. Asyik! Liburan lagi! 

Transportasi Umum vs Transportasi Pribadi di Masa Pandemi, Mana yang Lebih Aman? 


Bepergian di masa pandemi atau era kenormalan baru, butuh kesiapan yang matang. Pertimbangkan juga transportasi yang akan dipakai. Apakah akan menggunakan kendaraan umum atau pribadi?

Apa saja yang harus diperhatikan jika naik transportasi umum? Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum dan setelah naik kendaraan umum seperti bus, ojek, taxi atau kereta. Cukup aman kah dari potensi berkerumun? 

Naik kendaraan umum harus disiplin jaga jarak, bayar secara non tunai dan tidak sembarangan menyentuh bagian dalam kendaraan selama di perjalanan. 

Selalu mencuci tangan setelah turun dari kendaraan dan hindari menyentuh wajah tanpa mencuci tangan lebih dulu. 

Sebaliknya jika pergi dengan naik kendaraan pribadi, dalam hal ini adalah mobil. Perhatikan kondisi mobil yang telah lama diparkir di rumah. Cek semua keadaan mesin, oli, roda, bagian interior mobil, rem dll. Pastikan juga bebas tikus. Biasanya tikus suka bersembunyi di bawah kendaraan. 

Pertimbangkan juga barang bawaan, perlengkapan baju ganti, hand sanitizer. Perhatikan juga kapasitas kendaraan jangan sampai membawa beban yang berlebihan sehingga mengganggu kebebasan dalam berkendara.

Tips Aman dan Nyaman Saat Berpergian di Era New Normal 


Setelah 3 bulan nggak bisa pergi ke mana-mana, karena pandemi Covid-19, kita diperbolehkan kembali bekerja. Boleh berbelanja offline bahkan boleh pergi ke mall dan tempat wisata mulai dibuka kembali.

Tetapi jangan lupa kita harus tetap melakukan himbauan physical distancing dari pemerintah yaitu, jaga jarak, pakai masker dan hindari memegang area mata, hidung, mulut serta harus rajin mencuci tangan. 

Hindari berjabat tangan, cipika-cipiki ketika bertemu dengan teman atau kerabat demi menghindari penularan virus.

Berikut tips aman berpergian di era new normal:

1. Pakai Masker

Memang rasanya tidak nyaman selalu menggunakan masker di mana-mana bahkan saat berjalan-jalan di mall, tetapi hal ini dilakukan untuk menghindari penularan virus Covid-19. Biar agak sesak napas saat pertama kali memakai, lama-kelamaan akan terbiasa juga kok! 

Pemakaian masker ini boleh sedikit dilonggarkan atau dilepas ketika kita akan makan, minum atau berfoto.

2. Bawa hand sanitizer

Bawalah hand sanitizer ketika sedang berpergian ke luar rumah. Mungkin saja di tempat-tempat yang kita datangi sedang kehabisan air. Sehingga tidak bisa mencuci tangan dengan sabun. Hand sanitizer ini bisa menjadi pengganti.

Penting juga digunakan ketika sedang mengambil uang di ATM atau sehabis memegang gagang pintu. Yang penting waspada terus ya, biar tidak tertular.

3. Bawa perlengkapan pribadi

Bawalah alat tulis, alat makan seperti botol minum, piring, sendok, garpu, handuk, sandal, kacamata, perlengkapan ibadah sendiri dari rumah.

Hal ini penting untuk menjaga agar tidak terkena virus. Walau di tempat umum disediakan peralatan makan, minum atau alat sholat tetapi belum tentu terjamin kebersihannya juga.

4. Hindari Kerumunan

Di mana pun sebaiknya jaga jarak dengan orang lain. Hindari berdesak-desakan saat masuk ke wahana permainan.

Jaga jarak saat duduk di rumah makan, ruang tunggu mau pun di kendaraan umum. Lebih baik jika bisa membawa kendaraan pribadi.

5. Lakukan Transaksi Non Tunai

Di masa new normal, pemerintah menganjurkan agar selalu melakukan transaksi non tunai di mana saja. Baik itu pembelian di supermarket, tempat makan atau pun pembayaran transportasi.

6. Cari Informasi Tempat Wisata 

Sebelum memutuskan untuk berwisata, ada baiknya mencari tahu tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di tempat wisata tersebut.

Perlu diingat bahwa new normal membuat perubahan di hampir semua aspek termasuk cara berwisata yang aman. Beberapa tempat wisata juga pasti akan membatasi jam operasional, jumlah pengunjung dan mewajibkan wisatawan untuk selalu mengikuti aturan protokol kesehatan.

7. Cukup Istirahat dan Minum Vitamin

Pastikan cukup istirahat dan minum vitamin agar kondisi badan tetap vit. Jangan dipaksa untuk berpergian jika sedang kurang sehat.

Badan yang kurang sehat atau sedang lelah akan lebih mudah terkena penyakit.

8. Gunakan Pakaian yang Nyaman 

Selalu memakai pakaian yang nyaman dan tidak berlebihan. Karena sehabis pergi harus dilepas dan dicuci agar semua kuman atau virus mati. Sehingga keluarga di rumah tetap aman.

Harapan dan Pengalaman New Normal Bersama Mitsubishi Xpander MY20


Di era new normal, mobil pribadi merupakan salah satu pilihan moda transportasi yang aman untuk beraktivitas baik bekerja maupun bertualang bersama keluarga. Dan yang paling penting adalah tetap aman dari virus ketika kembali ke rumah.

Sebagai salah satu penyedia alat transportasi, PT Mitsubishi Motors Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah menyiapkan layanan yang oke punya demi memenuhi kebutuhan masyarakat. Mitsubishi Xpander hadir sebagai solusi untuk menyambut tantangan di era new normal ini.

Mitsubishi Xpander MY 20 merupakan mobil yang dirancang agar penggunanya merasa nyaman saat berkendara.

Penumpang mobil yang di dalamnya pasti juga akan merasa lebih nyaman karena kabin dibuat lebih luas, kursi tiga baris yang mudah dilipat dan diatur, sehingga dapat disesuaikan untuk dapat membawa banyak barang. Maklum di era new normal ada barang wajib yang harus selalu siap ada di mobil.

Dengan dimensi panjang 4.475 mm, lebar 1.759 mm, tinggi 1.730 mm serta jarak sumbu roda 2.775 mm sehingga dapat memberi kelonggaran pada penumpang di depan dan belakang.

Ditambah sisi lebar di kanan dan kiri serta ruang gerak kaki yang luas, membuat penumpang tetap bisa menerapkan social distancing di dalam mobil jika harus pergi bersama orang lain.

Kabin juga dilengkapi dengan sandaran tangan agar penumpang bisa menyandarkan tangan selama di perjalanan agar tidak cepat lelah.

Asyiknya lagi, selama berkendara tidak perlu khawatir kehabisan baterai karena Xpander menyediakan power outlet di semua baris dan nikmati suasana kabin yang lebih senyap. Karena dilengkapi material penyerap suara dan penghambat getaran dengan performa yang tinggi.

Desain luarnya juga kokoh, tangguh dan elegan juga sporty. Dilengkapi juga dengan rear parking sensor canggih sehingga tidak akan takut menabrak jika mobil akan diparkir. Fitur ini akan memberitahu jika bumper belakang akan menabrak atau terlalu dekat dengan obyek seperti dinding, pagar atau benda lain, jadi bisa meminimalisir kerusakan body mobil.

Agar harapan dan pengalaman new normal bersama Mitsubishi Xpander MY 20 tetap menyenangkan, jangan lupa selalu lakukan servis rutin di bengkel resmi Mitsubishi.

Manfaatkan layanan Service Booking melalui aplikasi My Mitsubishi Motors ID atau hubungi dealer terdekat. Dapatkan penyemprotan disinfektan untuk kabin kendaraan selama masa promo di dealer resmi agar terhindar dari bakteri dan virus.

Mitsubishi juga berkomitmen untuk selalu menjalankan protokol kesehatan saat melayani kostumer. Baik servis, test drive hingga pengantaran dan penjemputan mobil. Nikmati pengalaman new normal bersama Mitsubishi Xpander MY 20. 

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba menulis blog DBP Academy x Tempo Blogger Writing Competition"


Artikel ini tayang di Tempo pada tanggal 29 Juli 2020 dan bisa diakses melalui link berikut https://otomotif.tempo.co/read/1370479/tips-bepergian-aman-di-era-new-normal-senyaman-di-rumah-bersama-mitsubishi-xpander/

NB: Jika berkenan, teman-teman tolong bantu share artikelku yang ada di Tempo ya. Caranya klik link-nya dan share melalui tombol media sosial yang tersedia di bawah judul artikel. Terima kasih sebelumnya.




16 Komentar

  1. Pakai mitsubishi xpander udah pasti nyaman nih bepergian sekeluarga, ya

    BalasHapus
  2. Kadang Terlalu ribet kalau kita mau bepergian di era Pandemi ini, tapi mau apalagi biar kita nggak tertular Covid-19, semoga pandemi ini cepat berakhir biar kita bisa hidup normal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali. Harus tetap melaksanakan protokol kesehatan di mana pun.

      Hapus
  3. tipsnya sangat berguna banget ini mba Yus apalagi buat yang suka berpergian keluar rumah di era new normal ini, saya sih belum keluar-keluar rumah mba selama 5 bulan ini, masih worry dan berguna banget tipsnya buat aku kalau nanti mau keluar. mitsubishi xpander ini selalu jadi mobil sport favorit, someday bakal punya ini deh, aamiin allahuma aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo nggak penting banget saya juga nggak pergi kok mbak.
      Ikut mengaminkan ya mba Mei. Semoga bisa memiliki Xpander biar bisa pergi bareng, he, he..

      Hapus
  4. sekarang udah bisa bepergian ya, tapi tetap harus mengikuti protokol kesehatan biar aman. tapi saya masih parno kalau harus ke tempat umum apalagi bawa anak-anak.
    Xpander ini luas ya, kapasitasnya juga muat banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sudah dilonggarkan, asalkan ikuti protokol kesehatan dan jaga jarak, saya kira masih aman. Untuk anak-anak memang seharusnya jangan pergi dulu kali ya?

      Hapus
  5. Perlengkapan pribadi dan APD memang nggak boleh ketinggalan kalau mau bepergian, karena kita tidak tahu di perjalanannya dan saat nanti bertemu orang-orangnya ya

    BalasHapus
  6. Mitsubishi memang jempol. Mobil xpander ini cocok banget jaman pandemi begini. Penumpang juga merasa nyaman dengan kabin yang luas. Yang mau upgrade mobil, bisa nih pilih xpander.

    BalasHapus
  7. Saya sudah piknik tapi masih ke tempat sepi seperti ke kebon atau air terjun. Tipsnya sangat bermanfaat. XPander memang okeh banget selain luas dan bodynya juga keren

    BalasHapus
  8. Menggunakan kendaraan pribadi di tengah pandemi Covid-19 ini memang lebih aman dari virus. Resiko menaiki angkutan umum sangat besar. Xpander ini bisa jadi pilihan buat yang butuh kendaraan mobil ya, Mba.

    BalasHapus
  9. Yup new normal bukan berarti keadaan sudah aman, justru kita harus lebih berhati2 saat keluar rumah ya Mbak karena pandemi belum benar2 berakhir.

    Selain mengikuti protokol kesehatan tentu akan lebih aman dan nyaman kalau bisa bepergian dengan mobil pribadi ketimbang menggunakan transportasi umum

    BalasHapus
  10. Terima kasih sekali tipsnya, Mbak. Sampai sekarang belum berani naik kendaraan umum. Lebih milih pakai kendaraan pribadi aja. Kalau ada Mitsubishi bisa jalan-jalan mulu nih walaupun pandemi kayak gini :)

    BalasHapus
  11. Aku pernah nih naik expander. Untuk mobil keluarga dia memang kece sih. Sizenya gedhe. Mirip sama pajero sport, tapi lebih kecil dikit.

    BalasHapus
  12. Terima kasih tipsnya mbak. Mobilnya juga keceh,. Semoga kelak memiliki rezeki dan bisa beli aamiin😊

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.