Dampak Ekonomi Pandemi Covid-19 

Hidup di masa pandemi Covid-19 membuat kita semua harus pandai-pandai memutar otak agar penghasilan tetap lancar, kesehatan juga harus tetap terjaga. Nggak mau kan jika usaha sedang ramai malah salah satu dari karyawan atau keluarga yang terkena virus akibat kurang menjaga kesehatan?

Berita online
Kompas.com

Selain itu usaha offline di mana-mana terasa masih sepi pembeli. Bahkan kemarin diberitakan di televisi jika para pedagang Pasar Wage beramai-ramai memukul-mukul meja, timbangan atau kayu karena mengeluh omzet dagangan yang turun sejak pandemi ini. 

Yang menjadi karyawan pun tidak jauh beda. Akibat pandemi Covid-19 banyak perusahaan gulung tikar dan mem-PHK karyawannya. 

Berdasarkan data Kemnaker per 7 April 2020, tercatat sebanyak 39.977 perusahaan di sektor formal memilih merumahkan dan melakukan PHK. Total ada 1.010.579 orang pekerja yang terdampak.

Sementara jumlah perusahaan dan tenaga kerja yang terdampak di sektor informal ada sebanyak 34.453 perusahaan dan 189.452 orang pekerja.

Jika saya kemarin sudah menuliskan 15 Cara Menambah Penghasilan Bagi Ibu Rumah Tangga maka sekarang akan dilanjutkan dengan menulis cara memanfaatkan internet untuk menambah penghasilan di masa Covid-19 ini.

Kenapa Internet? 

konsep media sosial
illustration-social-media-concept_53876-18146 by Freepik

Berdasarkan penelitian WeAreSosial.com dan Hootsuite hingga Januari 2020 ada sekitar 64% dari total populasi di Indonesia atau setidaknya lebih dari 175 juta orang Indonesia mempunyai akses internet.

Jika kita bisa memanfaatkan internet sebagai sumber penghasilan misalnya jualan online, maka potensi usaha kita bisa menyasar ke 175 juta pelanggan. Wow! Potensi pasar yang sangat besar kan, dibanding jika harus buka toko offline?

Selain itu, modalnya tidak terlalu besar dibandingkan dengan memulai usaha secara fisik. Minimal modal yang dikeluarkan ada kuota internet dan tentu gadget minimal smartphone. 

20 Cara Menghasilkan Uang dengan Memanfaatkan Internet di Masa Covid-19

Bisnis online
telecommuting-concept_23-2148497144 by Freepik

1. Manfaatkan Media Sosial 

Bila biasanya menjual barang secara langsung, di masa pandemi ini kita boleh memaksimalkan semua media sosial yang dimiliki. Misal status WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya.

Manfaatkan list pertemanan yang kita miliki di media sosial tapi jangan sekali-kali mengunggah foto dagangan dalam jumlah yang banyak dalam sekali posting. Bisa-bisa media sosial kita malah diblokir atau malah di-unfriend dari pertemanan karena mereka bosan dengan postingan kita yang isinya dagangan terus.

Menyisipkan beberapa tips atau qoutes bisa menjadi trik agar follower kita bertambah dan potensi barang dagangan kita laku makin besar.

2. Buka Online Shop di Marketplace

Sudah memaksimalkan media sosial yang kita punya lanjutkan dengan membuka online shop di marketplace. Hal ini perlu dilakukan karena ada juga calon konsumen yang lebih menaruh kepercayaan jika membeli di marketplace daripada lewat media sosial.

Pelajari cara-cara mengunggah foto dagangan dan bergabung dengan komunitas seller bisa membantu agar bisnis makin lancar.

3. Membuka Kursus Online

Sekarang ini orang-orang beramai-ramai upgrade skill. Bila kamu memiliki sebuah keahlian bisa banget lho, membuka kursus online.

Manfaatkan jaringan pertemanan, grup dan komunitas yang dimiliki untuk membuka kelas berbayar. Apalagi jika namamu sudah dikenal orang sebagai seseorang yang ahli, pasti banyak deh, yang mau ikut kursus online.

4. Jadi Selebgram

Masih seputar media sosial, bila kita memiliki follower cukup banyak, bisa banget menjadi selebgram. Cara untuk memulainya bisa bergabung dengan grup-grup influencer-influencer untuk mencari job.

Dengan menjadi selebgram selain dapat fee yang lumayan, bisa dapat juga berbagai produk endorse, voucher dan lain-lain. Makanya dari sekarang bikin konten yang bagus dan tentukan niche atau tema akun Instagram biar followernya makin banyak.

5. Buzzer

Cara memanfaatkan internet untuk menghasilkan uang juga bisa dilakukan dengan menjadi buzzer.

Tugas buzzer biasanya untuk membuat sebuah hastag menjadi viral. Oleh karena itu buat yang suka nge-twit bisa gabung di komunitas buzzer. Tinggal cari aja di Facebook, Google atau followin buzzer-buzzer dulu biar tahu gimana cara kerjanya?

6. Youtuber

influencer

Bisa bikin video menarik? Wah, kenapa nggak di-upload di Youtube?

Penghasilan jadi seorang Youtuber bisa sampai jutaan rupiah. Memang harus bisa memenuhi syarat tertentu agar bisa meraih penghasilan dari Youtube.

Tapi ada banyak juga yang kontennya viral dan langsung punya subsciber banyak lho! Jadi intinya konten harus nomor satu dan kreatif jika ingin menjadi Youtuber terkenal kayak Ria Ricis.

Sumber penghasilan di Youtube bisa didapatkan dengan memasang Google Adsense, ikut afiliasi marketing, sponsorship dan jual barang.

7. Tik Tok

Nah, siapa yang suka bikin video Tik Tok? Ternyata aplikasi ini juga bisa menghasilkan uang lho!

Beberapa waktu yang lalu, saya menemukan lowongan buat pengguna Tik Tok. Lumayan bisa dapat ratusan ribu sampai jutaan, tergantung banyaknya follower.

8. Freelancer

Pekerjaan freelancer cukup beragam namun intinya semua menjual jasa, mulai dari penulisan, desain grafis, pembuatan website, fotografi, sosial media marketing, dll.

Kita bisa bergabung dengan situs-situs freelancer untuk mendapatkan pekerjaan seperti Sribulancer, Freelancer Indonesia, Project.co.id, Upwork, dsb.

Jika cukup jeli melihat peluang dan disertai skill yang mumpuni, pekerjaan freelancer ini hasilnya sangat lumayan.

9. Kontributor Media Online

Bagi yang suka menulis fiksi, artikel atau opini bisa bergabung dengan media online yang banyak bertaburan di internet.

Umumnya mereka akan memberikan honor sekitar 25 ribu hingga 1 juta rupiah. Jika aktif menulis artikel dan mengirim setiap hari ke media, bukan tidak mungkin akan mendapat hasil jutaan rupiah dalam sebulan.

10. Menjual Foto

Punya stok foto-foto liburan yang menarik? Wah, sayang jika tidak dijual di situs-situs penyedia gambar. Upload saja foto-fotomu yang terbaik ke situs-situs seperti freepik, shutterstock dan jika ada orang yang tertarik dengan fotomu maka mereka akan membayar.

Agar lebih untung, kamu harus mencari situs yang mau memberikan harga yang wajar, tidak terlalu mahal dan nggak terlalu murah juga.

11. Menjual E-book

Potensi penjualan e-book di internet juga tak kalah menarik. Modal yang dibutuhkan untuk membuat e-book juga tidak banyak.

Bayangkan jika ada 500 orang saja yang membeli e-book yang kamu buat. Selain itu jika tidak bisa membuat e-book sendiri bisa juga dengan menjualkan e-book milik orang lain.

12. Dropshipper

Di era yang serba internet, apa saja bisa diakukan termasuk jualan tanpa harus memiliki modal yang banyak.

Dropshipper adalah sistem bisnis di mana kita bisa berjualan tanpa harus menyetok barang, bahkan tidak mengirim barang sendiri ke konsumen. Cukup perkenalkan produk beserta kelebihannya, dan produsenlah yang akan mengirimkan barang ke konsumen secara langsung.

13. Jadi Copywriter

copywriter
journalist-vintage-typewriter-illustration_1284-95 by Freepik

Copywriter merupakan penulis teks yang ditujukan untuk mempromosikan atau menawarkan jasa/produk dari perusahaan tertentu. Jasa copywriter sangat diperlukan untuk mendongkrak angka penjualan.

Tugas seorang copywriter adalah berusaha memberikan branding pada sebuah brand agar orang tertarik melakukan transaksi. Untuk menawarkan jasa copywriter bisa mendaftar di situs-situs frelancer.

14. Virtual Assistant

Menjadi virtual assistant juga bisa dilakukan dengan modal yang minim tapi sesuai dengan keahlian. Umumnya, seorang virtual assistant bekerja secara freelance yaitu membantu orang lain dalam mengerjakan bisnisnya.

Seorang virtual assistant tidak perlu repot datang ke kantor, cukup modal internet, komputer dan keahlian tertentu untuk bekerja. Keahlian ini bisa meliputi input data, pengelola media sosial, membuat/mengelola website, membuat gambar animasi, dll.

15. Isi Survey Online

Menghasilkan uang di internet bisa juga dengan menjadi seorang pengisi survey. Ada banyak situs atau aplikasi survey online yang tersedia dan membutuhkan banyak responden.

Hadiah yang bisa didapat dari pekerjaan survey online bisa bermacam-macam, mulai dari uang, pulsa hingga voucher belanja. Diperlukan ketekunan dalam mengisi survei setiap hari.

16. Jual Barang Bekas

Punya barang-barang masih bagus tetapi tidak terpakai? Jual saja di media sosial atau situs jual beli barang bekas online.

17. Ikut Giveaway

Cara termudah mendapat uang di internet adalah dengan mengikuti kuis atau giveaway di media sosial. Memang butuh keberuntungan dan juga kreatifitas yang tinggi agar bisa menang.

Meski terlihat sepele, namun ada juga lho yang sudah sukses mendapat penghasilan berkat rajin ikut giveaway.

18. Unduh Aplikasi Penghasil Uang Gratis

Selain rajin mengikuti giveaway dan mengisi survey online ada juga cara gampang lainnya. Yakni mengunduh aplikasi penghasil uang di Play Store. Biasanya kita hanya disuruh membaca berita, melihat iklan atau menonton video.

19. Blogger

Sekarang ini profesi blogger tidak bisa dianggap remeh. Banyak blogger profesional yang dapat menghasilkan puluhan juta rupiah dari google adsense, sponsor post, job review atau menjual produk.

Sebagai pemula, kita dapat membuat blog secara gratis. Namun agar terlihat lebih profesional maka kita perlu membeli hosting dan domain.

Jangan khawatir dengan biaya pembuatan blog, karena kita bisa mendapatkan domain murah di Exabytes Indonesia.

Exabytes ini merupakan penyedia Hosting Terbaik Indonesia karena memberikan dukungan teknis 24 jam x 7 hari. Ada jaminan 100 hari uang kembali bila tidak puas.

20. Affiliate Marketing

Bisnis online yang cukup populer dengan memanfaatkan internet saat ini adalah affiliate marketing.

Affiliate marketing adalah sistem bisnis dengan memberikan komisi kepada seseorang yang berhasil menjualkan produk atau jasa seorang merchant atau perusahaan yang dipasarkan melalui internet.

Cara kerjanya cukup mudah, apalagi jika kita sudah mempunyai blog dan media sosial. Kita cukup sebarkan link affiliate dan jika terjadi pembelian melalui link yang diklik itu, maka kita akan mendapat komisi.

Untuk awal, kamu bisa bergabung dengan Program Afiliasi Terbaik dari Exabytes Indonesia yang menyediakan komisi besar hingga 25%, tanpa limit referal, merek terkenal, pembayaran cepat dan gratis untuk biaya pendaftaran.


Nah, itu tadi 20 cara menghasilkan uang dengan memanfaatkan internet di masa pandemi Covid-19. Semoga bermanfaat.

Terima kasih :)




11 Comments

  1. Menjadi youtuber memang harus kreatif
    Jika tidak kreatif, videonya sepi penonton, kayak punya saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah nggak ada ide buat bikin video, he he...

      Delete
  2. Thx artikelnya bermanfaat. Internet sepertinya sudah menjadi kebutuhan saat pandemi korona. Banyak profesi online yang naik daun sekarang, termasuk Influencer dan blogger. Di samping itu, giveaway pun menjadi pelipur lara hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semua beralih ke online jadi banyak saingan. Giveaway pun tetap jadi peluang yang bisa dilirik wkkw.

      Delete
  3. Banyak juga, tapi sepertinya dari peluang diatas juga tetap ikut terdampak.
    Jadi online dan offline bersabar melewati ujian ini

    ReplyDelete
  4. 20 cara baru untuk menggapai kemandirian di tengah pandemi. Blog dan YouTube saya ga ada pengunjungnya, makasih kak ulasannya bagus dan bermanfaat pastinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. blog saya juga masih sepi nih, he, he...
      sama-sama, terima kasih buat kunjungannya :))

      Delete
  5. Banyak juga ya ternyata. Asalkan niat semua pasti bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul semua bisa dijalani asal sungguh-sungguh dan tekun.

      Delete
  6. Kalau saya jadi blogger aja deh, sama buzzer atau influencer, baru itu yang memungkinkan, karena ada tugas utama yang lebih prioritas, kalau blogger/buzzer maupun influencer itu bisa banget disambi, nggak melulu kudu in touch ama konsumen atau klien :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.