Kost di Reddoorz

Pengalaman Cari Kamar Kost

Halo, siapa yang pernah jadi anak kost di sini? Kalo aku sih, belum tapi pernah punya pengalaman cari kamar kost. Daaaan itu susah gaes!

Sebagai pasangan yang baru menikah tentu aku punya keinginan buat tinggal mandiri bersama suami. Tidak campur dengan mertua atau anggota keluarga yang lain. 

Sebaik-baiknya mertua sama menantu jika ketemu terus tiap hari apalagi tinggal di bawah satu atap, lama-kelamaan pasti akan timbul masalah. Nah, hal ini pun aku alami sendiri ketika masih serumah dengan mertua. 

Demi perdamaian rumah tangga dan kebaikan semua, akhirnya kami berusaha untuk mencari kost sendiri. Karena jika membeli rumah secara kredit atau tunai belum mampu secara ekonomi. 

Karena kebutuhan kami untuk rumah tangga tentu yang dicari adalah fasilitas kamar yang agak luas, ada dapur dan kamar mandi dalam. Serta bisa bayar bulanan agar lebih ringan. 

Berbekal informasi yang dikantongi suami, kami mulai survey kamar kost satu per satu. Pertama rumah kost yang kami datangi adalah di seputaran ringroad selatan. 

Dari segi harga rumah kost ini agak terjangkau tapi fasilitas air cukup memprihatinkan karena sering mati air. Ada pompa air tapi tidak ada bak penampungannya. Di sini kami bisa memperkirakan biaya listriknya akan menjadi mahal. 

Berpindah ke rumah kost yang lain, masih di seputaran Jogja. Satu per satu kami cek. Sering juga gagal survey karena pemilik kost tidak ada di rumah dan waktu yang kami punya sangat terbatas. Hanya sore hari di saat suami  sudah pulang kerja, itu pun jika tidak ada kegiatan lain seperti kumpulan atau sedang ada event blogger. 

Satu kesimpulan buat saya bahwa cari kost itu nggak mudah, butuh waktu, tenaga untuk survey dan juga menyesuaikan dengan budget. Kita juga perlu memperhatikan hal-hal penting supaya tidak kecewa saat menempati kamar kost. Terutama saat pandemi seperti ini. Jangan sampai tujuan mencari kost malah berdampak buruk pada kesehatan kita. 

5 Tips Aman dan Mudah untuk Mencari Kost di Masa Pandemi Covid-19


Reddoorz
Reddoorz


Di masa sebelum pandemi, mencari kost tentu lebih terasa nyaman karena nggak perlu ribet memikirkan standar protokol kesehatan. Berikut tips aman mencari kost di tengah pandemi Covid-19. 

1. Tentukan Budget dan Harga Kamar Kost

Pertama tentukan dulu berapa budget yang akan kita keluarkan sebelum mencari informasi kost. Jangan sampai memberatkan kondisi keuangan. Berapa maksimal biaya yang diperuntukkan mendapat tempat kost yang nyaman. 

Tentukan juga berapa budget bulanan atau tahunan untuk menyewa kamar kost. Cukupkah 500 ribu sebulan atau sebaiknya kurang dari itu? Cek juga berapa harga pasaran kamar kost di sebuah tempat atau kota tertentu. Makin besar kota dan strategis tempat kost tentu makin mahal harga kost-nya.

2. Fasilitas Kost

Tentukan juga pilihan kamar kost yang akan disewa nanti. Apakah ingin kost di sebuah kamar yang sudah lengkap dengan perabot atau hanya kamar saja? 

Kalau hanya kamar kosong, tentu kita perlu membawa perlengkapan sendiri seperti tempat tidur, lemari, meja, kursi dan sebagainya. 

Pertimbangkan juga mau fasilitas AC, kamar mandi dalam, WiFi, dapur, kolam renang dan garasi. Bisakah sosial distancing diterapkan dalam rumah kost-kostan? Pastikan juga bahwa semua fasilitas yang didapat di rumah kost sesuai dengan apa yang dibutuhkan. 

3. Cari Lokasi yang Aman 

Keamanan saat tinggal di tempat kost merupakan hal yang utama. Jangan sampai karena salah memilih tempat kost kita menjadi sasaran empuk bagi para penjahat. 

Perhatikan keamanan sekitar kost, apakah cukup dekat dengan keramaian? Bagaimana kondisi ekonomi penduduk sekitar? Apakah profesi mereka cukup jelas? 

Hindari tinggal di rumah kost yang berada di pemukiman yang penduduknya suka judi, prostitusi atau sarang preman. Jika tempatnya berada di perumahan, cek bagaimana sistem keamanannya. 

4. Perhatikan Protokol Kesehatan Saat Survey 

Di masa pandemi ini jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan seperti jaga jarak, rajin cuci tangan dan memakai masker. Pastikan tubuh dalam keadaan fit dan minum vitamin. 

5. Manfaatkan Aplikasi atau Situs Pencari Kost Online

Daripada capek berkeliling mencari satu kost ke satu kost yang lain, lebih baik di rumah saja. Buka aplikasi seperti Reddoorz atau situs penyedia informasi kost yang lain. 

Sekarang Reddoorz bukan saja menyediakan hotel atau penginapan tapi ada kost juga untuk memenuhi kebutuhan kita akan tempat tinggal dalam jangka waktu yang lebih lama. 

Dapatkan promo menginap gratis untuk satu malam di hotel RedDoorz ketika berhasil memesan dan membayar Kost di RedDoorz tanpa minimal waktu masa inap. 

Kelebihan dari Kost di RedDoorz adalah bebas biaya deposit, ada ruang co-living, pembayaran bulanan, layanan residences, ada fasilitas seperti pembersihan reguler, ruang kerja, listrik, Wifi gratis, dapur dan hiburan. 

Review Situs Online Penyedia Informasi Kamar Kost

Kost di Reddoorz

Masa pandemi membuat kita tidak bisa bepergian secara leluasa. Untungnya banyak situs-situs penyedia informasi kost seperti:

a. INFOKOST.COM

INFOKOST adalah situs penyedia informasi kamar kost, apartemen dan villa yang pertama hadir di Indonesia sejak tahun 2007. Situs ini memiliki data kost, apartemen dan villa yang akurat dengan lebih dari 20 ribu listing. 

Selain dapat diakses melalui website, INFOKOST dapat diunduh gratis di aplikasi Play Store. Bikin kita jadi lebih mudah menemukan tempat kost yang diinginkan tanpa harus keluar rumah.

Fitur pencarian pun cukup lengkap meliputi foto-foto kamar kost, alamat yang lengkap, harga, peta lokasi, info fasilitas umum terdekat seperti ATM, minimarket, bank. Ada fitur chat dengan pemilik kost via "tanya kamar". 

Fitur-fitur tambahan yang ada di INFOKOST ini juga memungkinkan kita untuk menyimpan info kost yang sudah dilihat. 

Filter pencarian hunian dibagi berdasarkan tipe (kost, apartemen atau villa), kampus/universitas di masing-masing kota besar, area populer dan lokasi kita saat ini.

Ada juga fitur berlangganan via email/aplikasi tentang info kost, fitur favorit untuk menyimpan kamar kost yang akan digali lebih dalam nanti. Dan fitur histori jadi kita tahu kost mana saja yang sudah kita lihat via aplikasi/website. 

b. YUKSTAY.COM

YukStay merupakan online marketplace untuk sewa-menyewa  apartemen. YUKSTAY.COM dapat diakses melalui aplikasi maupun website. 

Platform ini menyediakan dua tipe model, co-living dan whole living unit yang dibutuhkan oleh masyarakat yang tinggal di kota besar seperti Jabodetabek dan Surabaya. 

c. Cari-Kos.com 

Cari-Kos merupakan situs pencarian kost, guest house, homestay, apartemen dan villa yang disewakan di seluruh Indonesia. Di sini penyedia property dan calon penyewa dipertemukan. Aplikasi cari-kos.com dapat diunduh di Google Playstore. 

d. Babekost.com

Babe Kost ini merupakan media online untuk mencari kost, apartemen, villa dan tempat untuk memasang iklan gratis bagi pemilik property. Selain itu ada juga tips-tips untuk anak kos dan nomor telepon yang bisa langsung dihubungi oleh calon penyewa hunian. 

Informasi yang ada di Babe Kost terbilang cukup lengkap, tersedia juga navigasi untuk memilih kota-kota yang dituju. Kost yang ada tersedia di Jakarta, Depok, Bogor, Surabaya , Tangerang dan Yogyakarta. 

e. Flokq.com

Buat kalian yang ingin menyewa kamar kost di apartemen berfasilitas lengkap dengan harga terjangkau, sebaiknya tengok situs Flokq.com. Flokq menyediakan informasi hunian di apartemen Jakarta dengan menyediakan fitur "Lihat Langsung" untuk membuat janji temu mensurvey kamar.

Tersedia juga komunitas Flokq buat para calon atau penyewa apartemen. Sistem pembayarannya pun tidak mengikat, boleh bayar bulanan dan deposit. Jika tidak betah setelah 3 bulan, Flokq akan menyediakan hunian yang baru. Ada pun fasilitas yang ditawarkan antara lain WiFi gratis, perlengkapan, listrik, air, laundry dan kamar tidur yang nyaman. 

Secara keseluruhan situs Flokq.com cukup mudah digunakan untuk mencari kost di apartemen namun wilayahnya baru ada di Jakarta saja. 

f. Sewakost.com

Satu lagi situs yang menyediakan informasi kost lewat internet. Pilihan domisili di Sewa Kost cukup banyak yaitu Aceh, Bali, Banten, Bengkulu, Gorontalo, Jakarta, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Kep. Riau, Lampung, Maluku, NTB, NTT, Papua, Papua Barat, Sulawesi dan Yogyakarta. 

Kita bisa dengan mudah memfilter berdasarkan wilayah, jenis kost, harga hingga fasilitasnya. Bila tertarik dengan info property kita bisa menghubungi pihak kost secara langsung untuk menggali info lebih lengkap.

Cara Mencari Kost di RedDoorz 

  • Pilih satu property di dalam kota atau area yang diinginkan
  • Pilih durasi menginap dengan harga terbaik mulai dari mingguan, bulanan, enam bulanan dan paket tahunan
  • Jadwalkan kunjungan sesuai waktu yang dimiliki untuk melihat property secara langsung
  • Pesan kost pilihan hanya dengan membayar 10% di muka
Jika masih belum menemukan property yang dicari, kita pun bisa mengajukan masukan untuk RedDoorz. Asyik kan menemukan tempat kost tanpa harus repot berkeliling atau bertanya satu per satu. Situs-situs online penyedia informasi ini memungkinkan kita menemukan tempat tinggal sementara bahkan saat kita masih berada di luar kota. 


3 Comments

  1. Kok gak dari dulu ada aplikasi kayak gini, masih terbayang dulu susahnya nyari kos-kosan di Malang

    ReplyDelete
  2. benar tinggal tidak dengan mertua adalah kunci
    sementara ngekos dulu
    dan sekarang mudah banget cari kos kosan
    dulu aku pernah pakai sewa kost enak dan murah

    ReplyDelete
  3. Waaaah ke apa zaman aku msh ngekos dulu belum ada yaaa aplikasi ini :D. Coba kalo ada, berkurang 1 ribet2 pas nyari kos yg sesuai. Dulu mah aku datengin 1-1 tempatnya :D. Ruangan bagus, tp harga ga cocok. Ato hrg ga cocok, ruangan bagus. Hahahaha.

    Dapet yg sreg tapi lama baru ketemu. Enak yg skr , tinggal pilih2 dari aplikasi :D . Baguuus nih reddoorz, mempermudah bangettt.

    Dan yg tinggal bareng mertua, bener mba. Dr awal nikah aku jg ga pengen tinggal Ama mertua. Baik banget sih sbnrnya, tp tetep takut aja terjadi gesekan di kemudian hari. Mendingan jauh tp selalu kangen yaa :D.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.