Apa itu SEO



Hai Sobat Catatan Yustrini! Sebagai seorang blogger pemula tentunya kita masih agak asing dengan apa itu SEO? Barangkali kita pernah membaca dalam tulisan panduan membuat blog tapi masih belum memahami betul istilah ini.

Dulu saya juga malas untuk mengulik lebih dalam tentang dunia SEO. Namun lama-kelamaan saya sadar bahwa mempelajari berbagai teknik SEO sangatlah penting. Mau tidak mau, suka tidak suka, saya harus belajar teknik SEO juga. Sampai masuk ke kelas blogger di tahun 2020. Di situ saya belajar bagaimana membuat artikel SEO Friendly.

Seperti apakah artikel ramah SEO? Yuk, simak tulisan berikut! 

Apa itu SEO Friendly? 


Pertama kita harus pahami dulu apa itu SEO Friendly. 

SEO sendiri adalah singkatan dari Search Engine Optimation yaitu upaya mengoptimasi sebuah website agar mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian.

Sedangkan SEO Friendly merupakan cara untuk menjadikan artikel atau konten di dalam sebuah website menjadi mudah untuk diakses pengunjung. 

Manfaat Artikel SEO Friendly

Kenapa sebuah konten atau artikel harus SEO Friendly? Karena banyak tidaknya pengunjung di website kita bergantung seberapa berkualitasnya dan banyaknya informasi dalam artikel tersebut. 

Tentunya kita mau jika artikel yang sudah ditulis panjang kali lebar dibaca oleh banyak orang, kan? Makin banyak yang membaca, maka kemungkinan website kita untuk dilirik brand akan makin besar. Peluang mendapatkan penghasilan bagi blogger pemula bisa semakin besar pula. 

Atau bagi yang membuat blog dengan tujuan untk mempromosikan produk, maka produknya akan jadi lebih laris.

Sayangnya, untuk menempati posisi yang bagus di kolom pencarian tidaklah mudah. Kita harus bersaing dengan ribuan bahkan jutaan website.

Menulis secara unik tidaklah cukup, jika sebuah artikel tidak SEO Friendly maka tulisanmu tidak akan muncul di halaman pertama, kedua bahkan ketiga pada mesin pencarian Google. 

Kebanyakan orang akan memilih untuk membaca artikel yang mereka lihat pertama kalo yang muncul di halaman pertama. Semakin atas makin besar kemungkinan artikel kita akan mendapat klik. 

Artikel yang memiliki posisi bagus tentu akan mendapat pengunjung lebih banyak. Apalagi jika artikel itu bermanfaat dan berkualitas, tentu akan banyak pengunjung datang bahkan berlangganan untuk datang kembali.


Cara Membuat Artikel SEO Friendly 

Artikel SEO


Sekarang kita bahas bagaimana membuat artikel menjadi SEO Friendly.

1. Riset Kata Kunci atau Topik yang Tepat


Pertama, kita harus mencari tahu kata kunci apa yang sedang dicari oleh banyak orang. Caranya dengan melakukan riset. Kita bisa menggunakan tools atau situs khusus seperti Ahrefs Free Keyword Generator, BuzzSumo atau manfaatkan kolom pencari di google. 

Sebelum menentukan keyword, tentukan target pembaca dulu. Siapa yang menjadi pembaca blog kita. Dengan begitu kita bisa lebih mudah menuliskan keyword dan tema yang menarik. 

Pilih tema yang sesuai dengan topik yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat. Atau bisa mengambil tema yang berkaitan dengan hari besar atau perayaan terdekat. 

2. Perhatikan Letak Kata Kunci pada Artikel


Penting sekali untuk membuat sebuah artikel menjadi ramah SEO adalah dengan penyebutan kata kunci dalam artikel. Penempatannya juga harus disebar merata pada badan artikel. 

Namun pengulangan kata kunci yang terlalu banyak dapat mengurangi kenyamanan pembaca. Sebaiknya penyebutan kata kunci adalah 0,5-1% dari jumlah kata suatu artikel. 

Tempatkan juga keyword pada url, meta description, judul tulisan, subjudul, alt text pada gambar. Tujuannya agar mudah dibaca oleh si mesin pencari.

Trik ini termasuk teknik SEO on Page yang pernah dibahas dalam tulisan, 12 Langkah Mudah Optimasi SEO on Page untuk Blogger Pemula.


3. Perhatikan Struktur Artikel


Artikel yang ramah SEO juga sebaiknya ramah pembaca juga, yaitu yang tertata rapi. Susunan artikel yang baik adalah ada pembuka, isi dan penutup. 

Perhatikan sub-judul atau heading 2, heading 3 akan membantu pembaca lebih mudah memahami artikel. Selain itu dapat membantu penulis menghindari membuat kalimat panjang dan bertele-tele. 

Membuat artikel dengan format listicle juga akan disukai oleh mesin dan juga pemirsa. 

4. Optimasi Gambar 


Langkah yang tak kalah penting adalah mengoptimasi gambar pendukung. Sebelum memasukkan gambar atau foto ada baiknya untuk mengganti nama file dengan kata kunci. 

Dan jangan mengunggah gambar dengan ukuran file yang besar, karena akan mempengaruhi loading website. 

5. Tambahkan Internal Link dan Eksternal Link


Tak kalah penting dan wajib dilakukan adalah memasukkan internal link dan eksternal link. Internal link adalah link yang disematkan dalam sebuah artikel mengarah ke halaman lain masih dalam satu website atau link ke dalam. Sedangkan eksternal link adalah link yang mengarah pada website lain. 

Sebaiknya berikan link ke halaman yang masih relevan. Misal membahas tentang blogging, arahkan juga ke artikel dengan tema blogging. Dengan begitu akan lebih banyak halaman kita yang diklik oleh pembaca. 

Eksternal link juga akan membuat konten kita jadi semakin baik di mata mesin pencari karena ada referensi ke website lain. 

6. Buat Judul yang Menarik


Judul yang menarik membuat orang penasaran ingin membaca. Walaupun ada artikel lain yang muncul, pengunjung akan lebih tertarik pada judul, apalagi jika disertai dengan meta description yang menjelaskan isi artikel. 

7. Buat Artikel yang Lengkap dan Spesifik


Panjang artikel yang ideal dari sebuah website adalah minimal 500 kata dengan informasi yang padat tapi tetap dengan gaya bahasa mudah dimengerti. 

Artikel yang dibuat harus saling berhubungan dan relevan antara satu paragraf dengan paragraf yang lain. Buat informasi yang lengkap sesuai dengan kebutuhan pembaca. 

8. Promosikan Artikel


Yang tak kalah penting adalah mempromosikan artikel. Caranya dengan membagikan link ke semua media sosial yang kita miliki. Atau bisa juga dengan memanfaatkan jasa Facebook Ads, Instagram Ads dan lain-lain. Hal ini termasuk dalam teknik SEO off Page

Dengan mempromosikan artikel diharapkan akan banyak orang yang tertarik untuk membaca dan mengunjungi website kita.

Nah, itu dia pengertian apa itu SEO dan manfaatnya bagi blogger pemula, semoga bermanfaat. 




1 Komentar

  1. Sampai sekarang saya masih belajar banget soal seo. Masih belom berhasil2 🥲

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.