Tips membeli apartemen


Sobat Catatan Yustrini pernah nggak berpikiran ingin membeli apartemen atau tinggal di dalamnya? 

Kalo aku pernah dong berkeinginan untuk membeli apartemen, alasannya karena ketersediaan lahan di kota besar itu semakin terbatas. Harga rumah yang letaknya cukup strategis pasti makin meningkat dan tak terjangkau. 

Mau beli rumah di daerah pinggiran, bikin biaya transport juga membengkak dan pasti makin tidak efisien waktu. Memiliki hunian nyaman dan dekat dengan fasilitas umum biasanya menjadi impian bagi masyarakat perkotaan. Apartemen bisa menjadi sebuah angin segar bagi mereka. 

Selain bisa menjadi tempat melepas penat, apartemen juga bisa dijadikan lahan investasi yang menggiurkan. 

Namun ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli apartemen. Tujuannya tentu saja supaya jangan sampai kita menyesal di kemudian hari. Bahkan mendapatkan kerugian karena kurang teliti dalam membeli.


Tips Sebelum Membeli Apartemen


Apartemen Medan


1. Pilih Lokasi yang Strategis 


Tips pertama adalah pilihlah lokasi yang dekat dengan tempat kerja dan fasilitas umum, terutama jika tujuan membeli apartemen adalah untuk dijadikan tempat tinggal. Hal ini penting karena semakin jauh, maka biaya transportasi akan makin banyak. 

Kita juga bisa makin menghemat waktu untuk berangkat ke tempat kerja. Pilih juga yang dekat dengan pusat perbelanjaan jadi lebih mudah jika ingin berbelanja. 


2. Cek Skor Kepercayaan Pengembangnya 


Sebelum memutuskan untuk membeli apartemen, cek dan ricek dulu siapa pengembangnya. Bagaimana track record dan kredibilitasnya? 

Kita bisa mencari tahu lewat Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI). 

3. Cek Izin dan Legalitas Apartemen 


Jangan lupa untuk menanyakan legalitas dan sertifikat kepemilikan apartemen. Apakah sudah memiliki izin resmi atau baru dalam proses? 

Pastikan juga pengembang sudah mengantongi sertifikat HGB, IMB, SIPPT dan SKGB dari pemerintah. Sehingga terhindar dari hal-hal yang bisa menimbulkan kerugian di kemudian hari. 

4. Pilih Tipe Sesuai dengan Kebutuhan


Harga apartemen berbeda untuk masing-masing tipe unit. Agar tidak rugi, sebaiknya pilih tipe yang sesuai dengan kebutuhan. 

5. Perhatikan Fasilitas Umum di Sekitar Apartemen


Fasilitas umum berupa akses jalan, pusat perbelanjaan, transportasi umum, sekolah, rumah sakit sangat penting untuk menunjang kegiatan kita sehari-hari. 

Cek dulu apakah fasilitas umum di sekitar apartemen cukup baik atau tidak. Seberapa jauh untuk menjangkaunya. 

6. Cek Fasilitas di Apartemen


Setelah memperhatikan fasilitas umum yang ada di sekitar apartemen, perhatikan juga fasilitas yang tersedia di apartemen. Adakah lahan parkir, fasilitas keamanan, layanan kebersihan dan perabotan dalam unit apartemen. 

Semuanya penting agar kita bisa merasa nyaman tinggal di apartemen. 

7. Hitung Biaya Tak Terduga


Tinggal di apartemen dengan fasilitas lengkap tentu ada biaya yang perlu dikeluarkan. Agar tidak terkejut saat sudah menempati apartemen, ada baiknya menanyakan berapa besaran pajak dan biaya lain seperti parkir, keamanan, sampah dan air. 

Jangan sampai tinggal di apartemen justru membuat kita lebih boros hingga menghabiskan semua penghasilan kita. 

Melirik Potensi Investasi Apartemen Grand Jati Junction Medan



Grand Jati Junction


Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah DKI Jakarta dan Surabaya. Medan juga jadi kota terbesar di luar pulau Jawa yang menjadi kota perdagangan, industri dan bisnis yang penting bagi Indonesia. 

Memiliki properti di ibukota provinsi Sumatera Utara ini bisa menjadi sebuah investasi yang menarik di masa depan. 

Salah satu potensi yang dapat dilirik adalah apartemen Grand Jati Junction. Berada di pusat kota Medan menjadikan Jati Junction cukup dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah, universitas, rumah sakit, mall, stasiun, bandara hingga tempat wisata. 

Dikembangkan oleh PT Mahardika Agung Lestari, yang kredibilitasnya sudah tak diragukan lagi. Apartemen Grand Jati Junction memiliki banyak keunggulan diantaranya menjadi gedung apartemen dan perkantoran pertama di Indonesia yang menggunakan kaca dua lapis. 

Membuat apartemen Grand Jati Junction tampil elegan dan lebih premium. Juga lebih kedap suara, dapat menangkal panas dari luar dan hemat energi. Tentunya menjadikan semua penghuninya jadi lebih nyaman. 

Fasilitas Grand Jati Juction


Fasilitas grand jati junction


Apartemen Grand Jati Junction yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan no 3a ini menyediakan berbagai fasilitas lengkap, seperti memberikan 1 slot parkir bagi setiap penghuni. Fasilitas olahraga, berupa fitness center, jogging tracking, kolam renang yang mewah. 

Untuk unit apartemennya sendiri didesain modern dan dilengkapi dengan lantai Mezzanine sehingga terasa lebih homey. Ada juga area perbelanjaan yang berada di lantai 1, 2 dan 3. Ruang meeting, lobby, lift, food center yang lengkap, hingga fasilitas spa. Tak lupa juga sistem keamanan 24 jam yang akan membuat siapa saja yang tinggal di sana tidak lagi merasa was-was. 

Alamat Grand Jati Junction: 


Jl. Perintis Kemerdekaan no. 3A, Kelurahan Perintis, Medan Timur, Medan, Sumatera Utara 20218

Nah, apakah Sobat tertarik untuk memiliki apartemen juga? Semoga tips sebelum membeli apartemen di atas bermanfaat bagi kalian ya! 


Sumber gambar: IG @grandjatijunction.id

6 Komentar

  1. Aku dulu sempat tergiur dgn apartemen murah. Lokasinya strategis banget. Namun aku urungkan soalnya aku lagi ngincer rumah tapak.

    Beberapa tahun berikutnya muncul bnyk kasus dgn manajemen. Salah satu komika ibu kota terimbas kasus tersebut.

    Emang banyak aspek sih yang harus dipertimbangkan sebelum beli apartemen. Jangan cuma tergiur harga murah doank ya.

    BalasHapus
  2. yesss, soal kepuasan pelanggan sama developer tuh emang penting ya, jangan sampe deh malah mangkrak di tengah pembangunan padahal udh mulai setor cicilan

    BalasHapus
  3. to be honest, dulu sih aku tertarik pengen beli apartemen, tapi sekarang lebih prefer rumah tapak nih, memang masing-masing pilihan punya plus minusnya sendiri lah ya

    BalasHapus
  4. Salah satu keunggulan membeli unit apartemen adalah dari lokasinya yang strategis dan fasilitas yang baik. Rasa aman dan nyaman ini adalah kebutuhan dasar setiap manusia.

    BalasHapus
  5. Salah satu hal yang paling ingin aku punya apartemen adalah bisa lebih privasi daripada punya tetangga

    BalasHapus
  6. bener banget nih tipsnya, apalagi harga apartemen selangit ya hehe jadi kudu bener-bener tepat milihnya terutama soal fasilitas yang kita dapat dan itu service dari pengelola juga penting, jadi kalo apa-apa gampang prosesnya

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.