cuti dan hari libur 2021

Hai, hai, hai..Sobat Catatan Yustrini apa kabar? Harus tetap semangat ya, meski jatah cuti bersama tahun 2021 ini dipangkas sama pemerintah. Rencana liburan di hari raya keagamaan bulan Maret gagal dong! Hu,hu, hu! 

Padahal kalo masih ada libur panjang, aku dan suami berencana jalan-jalan ke luar kota. Tapi mengingat masih tingginya angka kasus covid-19 di Indonesia, rencana ke luar kota diganti dengan staycation di hotel. 

Sayangnya, rencana tersebut juga batal karena suami cuma libur satu hari aja di hari Kamis. Ya udah, kami hanya pasrah menghabiskan waktu di rumah nonton film mandarin 😄.

Revisi Cuti Bersama Oleh Pemerintah 

Dari tahun 2020, hari raya dan cuti bersama sudah disiapkan oleh pemerintah. Jumlahnya nggak sebanyak tahun lalu juga, mengingat kasus covid-19 selalu meningkat setiap ada hari libur panjang. 

Dari total 7 hari cuti bersama dipangkas menjadi 2 hari. Hal ini ditetapkan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia no. 281 tahun 2021. 

Tentunya keputusan ini ditetapkan untuk kebaikan kita semua agar pandemi tidak berlangsung berkepanjangan. Nah, mau tahu tanggal berapa saja yang batal dijadikan cuti bersama dan masih adakah hari libur tahun ini? 

Daftar Cuti Bersama & Hari Libur Nasional 2021

Jujur, hari libur merupakan sesuatu yang aku tunggu karena suami bisa seharian di rumah. Dan baru bisa pergi piknik kalo libur panjang. Meski di tengah pandemi kita bisa berpergian dengan menerapkan tips traveling di masa pandemi seperti yang sudah pernah kutulis di blog ini.

Cuti Bersama yang Dipangkas: 

Hari cuti bersama yang dipangkas tahun 2021 yaitu cuti bersama memperingati hari raya Isra Mikraj Nabi Muhammad, tanggal 12 Maret kemarin.

Sementara tanggal 17, 18, dan 19 Mei yang rencananya akan menjadi hari cuti bersama hari raya Idul Fitri 1442 H, juga dibatalkan. Terakhir adalah tanggal 27 Desember yang rencananya menjadi hari cuti bersama Natal 2021. 

Daftar Hari Libur Nasional 2021

Namun, teman-teman tak perlu khawatir, masih ada rangkaian hari libur nasional di tahun 2021. Berikut daftar hari libur nasional yang ditetapkan oleh pemerintah, dikutip dari SKB Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021: 

- Jumat, 1 Januari : Tahun Baru 2021 Masehi 
- Jumat, 12 Februari : Tahun Baru Imlek 
- Kamis, 11 Maret : Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW
- Minggu, 14 Maret : Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1943
- Jumat, 2 April 2021: Wafat Isa Almasih
- Sabtu, 1 Mei : Hari Buruh Internasional
- Kamis, 13 Mei: Kenaikan Isa Almasih 
- Kamis-Jumat, 13-14 Mei : Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah
- Rabu, 26 Mei: Hari Raya Waisak 2565
- Selasa, 1 Juni: Hari Lahir Pancasila
- Selasa, 20 Juli: Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah
- Selasa, 10 Agustus: Tahun Baru Islam 1443 Hijriah
- Selasa, 17 Agustus: Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 
- Selasa, 19 Oktober: Maulid Nabi Muhammad SAW
- Sabtu, 25 Desember: Hari Raya Natal 

Daftar Cuti Bersama 2021 

Dengan revisi pemerintah tersebut, tersisa dua hari yang masih dapat kita nikmati untuk berlibur yaitu, di tanggal 12 Mei cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan tanggal 24 Desember sebagai cuti bersama Natal 2021. 

Cara Memanfaatkan Hari Libur Bersama Keluarga Ala Catatan Yustrini

manfaatkan cuti bersama 2021

Siapa sih yang nggak suka menikmati hari libur? Semua tentu suka dong apalagi kalo bisa menghabiskan waktu bersama orang terkasih. Biar bisa memaksimalkan waktu liburan yang cuma sebentar, ada baiknya kita membuat rencana jauh-jauh hari kegiatan apa yang bakal dilakukan. 

Kalo aku biasanya akan membuat perencanaan dengan pasangan beberapa hari sebelumnya, mau ngapain aja di hari H. Mau pergi ke mana saja? Perlengkapan apa yang akan dibawa? Pesan tiket jika menggunakan kereta api. 

Namun tidak lupa juga membuat rencana cadangan seandainya tidak jadi liburan karena waktu yang terbatas. Paling sederhana sih, menyiapkan daftar film yang pengen ditonton seharian. Nah, kalo ide lainnya adalah seperti berikut ini: 

Masak Bareng Keluarga

Memasak menu baru bersama pasangan atau keluarga yang lain bisa jadi ide bagus menghabiskan waktu di hari libur. Kalo liburnya pas hari raya, pastikan sudah lebih dulu melakukan rangkaian ibadah terlebih dulu. Baru deh, kumpul bareng dan makan bersama.

Makan di Restoran 

Mengisi waktu libur dengan makan siang atau makan malam di restoran juga oke nih! Kan, bosan makan masakan sendiri, sekali-kali boleh makan di tempat makan favoritmu.

Berlibur di Hotel 

Bila memungkinkan, staycation di hotel juga bisa menjadi pilihan tepat saat jenuh di rumah aja! Menikmati fasilitas dalam hotel selama seharian bisa membuat pikiran jadi lebih rileks dan bersemangat.

Nah, kalo kamu ada ide apa untuk mengisi hari libur? Tetap semangat dalam melakukan 3 M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Semoga artikel tentang cuti bersama ini bermanfaat ya Sobat!

Terima kasih! 


8 Komentar

  1. Ada saja sebenarnya cara untuki menikmati hari libuar kalau kita mau fleksibel ya, Mbak Yus. Pemangkasan hari cuti bersama bukanlah halangan untuk menikmati liburan :)

    BalasHapus
  2. Wah...pilihan rekomendasi liburan singkat bersama keluarga nih. Hafus siapkan plan A Plan B mulai sekarang nih.

    Bakal bingungbkalauntidak punya rencana. Bisa-bisa ujung-ujungnya stay at home. Semoga ada perubahan lagi untuk penambahan waktu cuti bersama

    BalasHapus
  3. Asyik ya kalau liburan, tapi liburan kepanjangan juga bikin bete, bingung mau ke mana, terutama dana juga harus ada karena liburan biasanya maunya ini itu, hehe. Kalau saya libur tak libur sama saja sih, soalnya IRT di rumah saja. Bedanya kalau suami libur jadi ada teman buat ke pasar belanja hehe, kalau libur lebih dari 3 hari kami biasanya keluar kota atau pergi travelling. Udah gitu aja ...

    BalasHapus
  4. Hahaha sy mah gak punya plan A plan B. Mau ada cuti or nggak, tetep di rumah aja 😁. Btw ide bagus tuh cara manfaatkan liburan dgn masak bareng 👍

    BalasHapus
  5. Wah beneran gak ada cuti bersama lebaran tahun ini ya, kayaknya harus cancel pulang kampungnya nih, mungkin lebih baik begini ya mba karena pandemi belum usai sampai saat ini

    BalasHapus
  6. Makasih lho kak sharingnya. Liburan tahun ini mungkin bakal masak-masak nih. Selain lebih hemat, membangun kedekatan keluarga juga. Cuti bersama yang dipangkas saya sih setuju, karena saya masih mahasiswa kak, tidak begitu terpengaruh hehehe...

    BalasHapus
  7. Ealah... gegara corona nggak udah2 iki. Jadi dipangkas2 teroooss. Pie toh.

    BalasHapus
  8. wah mana tahun ini saya mulai kerja lagi dan sedih aja ya kalau cuti 2021 banyak yang dipangkas, tapi memang kondisinya juga seperti sekarang, jadi kayaknya memang harus nentuin plan B nya betul kata Mba Ii niy

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.