singkatan dalam bahasa inggris

Hai, tentu Sobat Catatan Yustrini sudah tahu tentang singkatan, ya? Betul, baik dalam bahasa Indonesia atau Inggris, kita sudah terbiasa menemukan kalimat yang disingkat dengan satu atau beberapa huruf saja. Jadi pengertian sederhananya adalah singkatan merupakan sebuah atau sekumpulan huruf sebagai bentuk pendek dari kata atau kalimat yang panjang. 

Selanjutnya kita akan mempelajari singkatan-singkatan yang ada dalam bahasa Inggris. Apa sajakah itu?

Daftar Singkatan dalam Bahasa Inggris

Khusus dalam bahasa Inggris, kita akan menemukan singkatan hampir di setiap disiplin ilmu dan bidang kehidupan. Mulai dari singkatan yang paling umum digunakan pada nama atau gelar, contohnya Mr. untuk kata Mister. Ada juga singkatan yang kurang umum digunakan, seperti Pres. untuk versi pendek dari Presiden, yang merupakan singkatan dari kata itu sendiri, yaitu abbr. (abbreviation).  

Mari kita perhatikan daftar singkatan bahasa Inggris yang umum digunakan berikut. Singkatan-singkatan tersebut biasa ditemui di semua bidang kehidupan mulai dari kedokteran, militer dan geografi hingga dalam bidang memasak dan membuat kue. Ini dia contoh singkatan yang umum dipakai dalam bahasa Inggris:

Singkatan yang digunakan sehari-hari: 

- appt. -appointment

- apt.  -apartment 

- A.S.A.P - as soon as possible 

- dept. -department

- D.I.Y -Do it yourself

- est. -established

- min. - minute of minimum

- Mr. - mister

- Mrs. - Mistress (pronounced Missus)

- no - nomber

- tel -telephone

- vs. -versus

Singkatan di bidang masak: 

Dalam dunia memasak, singkatan yang biasanya dipakai untuk ukuran atau takaran bahan saat membuat masakan atau kue. Misalnya:

- tsp or t adalah singkatan dari teaspoons (dalam bahasa Indonesia: sdt/ sendok teh)

- tbs, 2bsp or T adalah singkatan dari tablespoon/tablespoons (bahasa Indonesia; sdm/sendok makan)

- c untuk cup/cups (cangkir)

- lb untuk pound/pounds (pon)

- qt untuk quart (liter)

Peta Lokasi  

Bila kita ingin mencari sebuah lokasi di dalam peta, kita juga perlu mengetahui singkatan berikut dalam bahasa Inggris agar tidak kebingungan:

- Ave. - Avenue

- Blvd. -Boulevard

- Cyn.-Canyon

- Dr. -Drive

- Ln. -Lane

- Rd. -Road

-St. -Street 

Nah, bagaimana? Semoga daftar singkatan di atas bisa membantumu mengetahui singkatan dalam bahasa Inggris, bukan? Dengan terus berlatih dan terus mencari, nantinya kita akan sedikit demi sedikit bisa menambah pustaka daftar singkatan dalam bahasa Inggris. Singkatan tadi  memang tidak hanya dipakai untuk komunikasi tertulis ya Sobat Catatan Yustrini. Tetapi sering pula diucapkan saat berkomunikasi secara lisan, yuk terus bersemangat lagi dan cermat untuk menemukannya! 



2 Komentar

  1. ETA juga kadang digunakan, estimated time arrived

    BalasHapus
  2. Yg suka bingung itu ngebedain Lane, street, sama road mbak

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.