Liburan di hotel

Haiii, Sobat Catatan Yustrini bentar lagi kita sudah mau memasuki tahun yang baru nih! Tapi pandemi masih belum terlihat pergi menjauh, malahan beberapa daerah mengalami kenaikan jumlah pasien Covid-19. Pemerintah pun membatalkan rencana libur panjang di akhir tahun 2020 ini. Sedih ya.

Aku juga terpaksa membatalkan rencana berlibur ke luar kota bersama suami. Tetapi sebagai ganti, kami mau berlibur di hotel alias staycation aja, yeay! 

Staycation ini istilah untuk kita jalan-jalan tapi tetap berada di satu tempat aja dan nggak jauh-jauh. Biasanya masih dalam satu kota dengan tenpat tinggal kita. 

Mungkin sebagian dari kalian bertanya-tanya, amankah liburan di hotel saat pandemi berlangsung? Menurutku berada di hotel masih terbilang relatif lebih aman, daripada pergi ke tempat wisata yang ramai sehingga kita kesulitan untuk jaga jarak. 

Lalu bagaimana sih, agar kita tetap aman selama berlibur di hotel? Apa aja yang perlu diwaspadai dan bagaimana agar nggak bosan selama ada di hotel? Yuk, baca terus artikel ini sampai tuntas! 

Berlibur di Hotel Bisa Mengusir Kebosanan di Rumah Saja

Di musim virus seperti ini, mau tak mau kita harus mengurangi aktivitas di luar rumah dan juga interaksi sosial secara langsung. Hampir semua kegiatan dialihkan secara online, bahkan Natal kali ini dirayakan secara virtual. 

Ditambah dengan tidak adanya libur Natal dan tahun baru seperti semula, bikin agenda liburan jadi gagal total. Namun jangan khawatir, biar begitu kita masih punya cara untuk menghilangkan rasa bosan di rumah aja dengan staycation di hotel. 

Buat aku pribadi, menginap di hotel sudah seperti liburan lho! Meski hanya sehari semalam efek refreshing sudah bisa kita rasakan. Selain itu tinggal di hotel juga bisa menghemat banyak biaya. 

Kita bisa menikmati ruangan kamar yang nyaman, berjalan-jalan dan berfoto di bangunan hotel yang instagramable. Namun menginap di hotel dapat meningkatkan risiko penularan Covid-19. Lalu apa yang sebaiknya kita lakukan?

Berlibur di hotel selama pandemi

Tips Menginap di Hotel Agar Tetap Aman Selama Pandemi 

Risiko selalu ada, tetapi kita bisa meminimalisir dengan mematuhi aturan-aturan yang dianjurkan oleh pemerintah. Sebelumnya kita juga bisa memahami tips traveling di masa pandemi agar tetap aman. Dan berikut aku berikan tips menginap di hotel agar tetap aman selama pandemi masih berlangsung. 

1. Ikuti Protokol Kesehatan 

Di manapun kita berada sebaiknya selalu menerapkan protokol kesehatan termasuk di hotel.

Pakailah masker dan rajin mencuci tangan. Patuhi aturan bersin dengan menutup hidung dengan tissue atau tangan dan segera cuci tangan. 

Wajib menjaga jarak dengan petugas hotel dan tamu yang lain. Karena kita tidak tahu siapa yang membawa virus dan di mana droplet menempel. 

2. Cari Hotel yang Menerapkan Protokol Kesehatan dengan Ketat 

Aku percaya jika kebanyakan hotel pasti sudah menerapkan protokol kesehatan. Tak ada salahnya jika kita memastikan lagi apakah hotel tersebut benar-benar menerapkannya secara ketat. 

Pilihlah hotel yang memberlakukan setiap tamu harus memakai masker selama di luar kamar, membekali karyawan dengan pengetahuan tentang pencegahan penularan Covid-19, secara rutin membersihkan kamar hotel dan membatasi waktu penggunaan fasilitas umum seperti restoran, lounge atau tempat fitness. 

Kita wajib mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan di hotel tersebut agar semua tamu yang datang tetap merasa aman dan nyaman. 

3. Pesan Kamar Hotel Secara Online 

Agar tidak menyita waktu dan berputar keliling kota mencari kamar hotel yang diinginkan. Sebaiknya kita memesan kamar hotel lewat aplikasi. 

Di samping menjaga interaksi dengan orang lain secara langsung, kita juga bisa memilih tipe kamar yang seperti apa tanpa harus terlalu banyak survey satu per satu. 

Ulasan tentang hotel juga bisa didapatkan secara lengkap di aplikasi misal tentang fasilitas, harga dan kepuasan tamu yang pernah menginap di sana. 

Jangan lupa juga membayar secara online juga menggunakan fasilitas mobile banking atau uang elektronik lainnya. Untuk menghindari kontak fisik dengan petugas hotel.

4. Siapkan Aktivitas Sebelum Staycation di Hotel

Persiapkan secara matang agar staycation di hotel bisa berjalan dengan lancar. Kurangi aktivitas di fasilitas umum seperti kolam renang yang dipakai oleh banyak tamu. Alangkah baiknya jika kita menghabiskan waktu di kamar. Gunakan juga fasilitas wifi gratis dan berendam di bath tub juga cukup mengasyikkan. 

Pertimbangkan juga untuk tidak berlama-lama jika sedang makan di restoran hotel. Kurangi menyentuh benda-benda yang kemungkinan disentuh oleh banyak orang, seperti pintu, pegangan tangga atau tombol lift. 

5. Bawa Hand Sanitizer Sendiri

Jangan lupa untuk selalu membawa handsanitizer gunanya untuk menjaga kebersihan tangan setelah menggunakan fasilitas umum seperti lift atau sehabis memegang gagang pintu. 

6. Tetap Berada di Kamar

Sebisa mungkin kita menghindari berada di tengah-tengah orang banyak, seperti di lobi, ruang makan atau ballroom yang sedang digunakan untuk acara reuni/pernikahan. Bila harus ada di sana, usahakan tidak berlama-lama dan selalu memakai masker. 

Di beberapa hotel ada yang menyediakan kirim antar makanan ke kamar, kita bisa menggunakan fasilitas ini. Jadi tidak perlu keluar kamar untuk mencari makanan. 

Nah, bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk berlibur di hotel? Hitung-hitung piknik tipis-tipis untuk mengusir kejenuhan selama di rumah saja. Selamat berlibur! 


Sumber gambar: pixabay.com


12 Comments

  1. Saat pandemik seperti ini memang, keluar rumah menjadi momok yang ngeri ya. Tapi stay di rumah aja juga jenuh kalau tidak ada pekerjaan. Staycation bisa jadi salah satu short escape bareng keluarga ya walaupun blm bisa berlibur. Terimakasih atas tipsnya, tips ini sangat cocok sekali kalo lagi staycation, ditmabah kalo penginapanya fancy pasti walaupun hanya di hotel tetap terasa menyenangkan ya.

    ReplyDelete
  2. Kalau menurut saya semakin ketat protokol kesehatan di suatu hotel, hampir dipastikan rating bintangnya semakin tinggi. Misal hotel bintang 4 dan 5 protokol kesehatannya akan lebih ketat dari hotel bintang 2 dan 3. Untuk amannya saat menginap di hotel tidak usah ke gym, sauna atau kolam renang

    ReplyDelete
  3. Setuju nih sama tipsnya. Dengan demikian, tetap dapat refreshing-nya ya, ketimbang di rumah terus.

    ReplyDelete
  4. Memilih staycation saat pandemi sekarang susah2 gampang ya, karena gak semua menerapkan protokol kesehatan dengan baik, ada juga hotel yg masih 'nakal' dan ada juga hotel yg dijadikan sbg tempat rawat inap pasien covid, pengen banget pas malam tahun baru nanti nginep di hotel juga pesennya via traveloka aja biar dapat diskon

    ReplyDelete
  5. lihat tulisan mba Yus soal hotel jadi pengen staycation, udah lama banget ga nginap di hotel gini, duh kangen banget sama jalan-jalan. semoga semuanya kembali membaik ya mba, semuanya aman lagi biar bisa bebas jalan-jalan. jujur kalau masih dengan protokol seperti ini jadinya was was kalau saya, merasa ga nyaman dan aman

    ReplyDelete
  6. Ini bisa jadi peluang bisnis sebenernya, hotel yang memperhatikan protokol kesehatan, mungkin juga ditambah featurenya dengan olahraga dan lain lain yang tetap aman dijalankan selama pandemi

    ReplyDelete
  7. Iya mbak, liburan bisa jadi alternatif buat ngusir rasa bosan saat terus berada di rumah saja.

    Benar mbak liburan ke hotel tetap aman selama kita tetap menerapkan protokol kesehatan.

    ReplyDelete
  8. Nah ini sering sy pertanyakan juga ttg keamanan staycation. Di sisi lain ada banyak orang pulang dari luarkota/luar negeri misalnya, diminta karantina di hotel juga. Trus klo kolam renang aman gak sih? Kan berenang gak mungkin jg pake masker

    ReplyDelete
  9. Alternatif banget nih kala penat dan bosan melanda. Pengen banget staycation tapi lagi nyari hotel yang tingkat pelaksanaan prosedur kesehatannya tinggi. Jadi merasa aman gitu. Kalau perlu nyari penginapan yang bentuk semacam rumah atau tidak banyak menyediakan kamar, dan banyak menyediakan view alam bebas. Biar udaranya segar sekalian ya. Lagi maju mundur mau staycation ke luar kota nih. Hehe.

    ReplyDelete
  10. Ah iya, sejak pandemi aku ga pernah staycation mbak utk jaga kondisi. Dengan review ini bisa jadi kebuka juga, boleh nginep hotel asal ttp jaga protokol kesehatan ya. Thank ya sharingnya

    ReplyDelete
  11. Aku di awal pandemi bener bener takut buat staycation di hotel kawatir nanti terkena penyakit tapi sekarang liat hotel udah terapin protokol kesehatan jadi tenang makasih tipsnya kak

    ReplyDelete
  12. Setuju mbaaa... Buatku staycation jg masih LBH aman drpd wisata ke tempat rame. Aku sendiri saat ini sdg di luar kota, tapi kami sengaja memilih hotel yg bener2 komplit fasilitasnya. Dan menjaga protocol kesehatan bener2.

    Aku jg sengaja cari hotel yg punya banyak aktifitas utk anak, biar mereka ga bosan di hotel trus2an. Kebetulan salah satu hotel yg aku inapin skr, Hyatt Jogja, punya banyak kegiatan buat anak, jd anakku rutin ikutan, seperti ksh makan kira2, kasih makan ikan, kucing, dan ada banyak kegiatan lain, yg pastinya ga rame2. Jd aku juga ngerasa aman.

    Liburan gini aja udh seneng banget. Kalopun mau kluar, ttp aku LBH cari wisata yg sepi. Begitu tau rame, aku lgs batalin kesana.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.