Senin, 03 Juni 2019

Menyambut Lebaran 2019

Yeay! Tiba juga hari terakhir tantangan 30 Hari BPN dan saya bersyukur bisa menyelesaikan selama 30 hari update blog terus. Meski banyak rintangan karena kondisi badan malah ngedrop di hari terakhir. Ya, pas nulis post ini saya sedang terkena flu. Padahal besok adalah hari raya Idul Fitri, hu, hu, hu.


Sedih sih. Karena udah jauh-jauh mudik dari Jogja ke Purwokerto naik motor sendiri, eh, malah masuk angin. Padahal udah antisipasi minum vitamin dan madu sebelum berangkat. Mungkin cuaca juga yang sedang dingin dan bawaannya mendung terus. Gagal deh, semua rencana buat jalan-jalan dan hunting foto.

Paling banter jalan-jalannya ke mall dan alun-alun itu pun agak maksa karena badan masih lemah. Rasanya berdiri nggak kuat. Saya pun minta cepat-cepat pulang.

Lebaran bagi orang Indonesia itu identik dengan mudik, oleh-oleh, belanja baju, THR, hadiah lebaran. Maka nggak heran jika di musim mudik, perputaran uang berjalan lebih cepat dari biasanya. Toko-toko akan penuh. Orang-orang sibuk belanja kebutuhan lebaran dan siap stok makanan supaya sehabis lebaran nggak kelaparan. Karena toko-toko biasanya akan libur beberapa hari saat lebaran.

Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum Lebaran tiba?
1. Stok sayuran. Jika selama hari raya, biasanya akan dapat kiriman opor dari tetangga. Sedangkan di rumah kadang masak opor juga, soto, rendang. Belum lagi ada Nastar, Kastengel dan kue-kue. Tubuh kita kan jadi kebanyakan lemak dan kolesterol meningkat. Stok sayur harus disiapkan, karena tukang sayur juga akan libur seminggu.
2. Stok buah-buahan. Nah, selain sayur mesti stok buah-buahan juga. Biar tubuh kita tetap sehat. Dan pencernaan sehat bebas dari sembelit.
3. Vitamin dan madu. Jaga stamina selama Lebaran. Biar bisa balik ke tempat perantauan lagi dan bekerja lagi. Kumpulin duit lagu buat mudik tahun depan.
4. Cek kendaraan buat balik. Ini nggak kalah penting. Biasanya bengkel yang tetap buka selama libur lebaran tuh jarang banget dan antrinya lama. Mending cek dulu deh, sebelum arus balik biar aman dan lancar jalannya.
5. Beli oleh-oleh dan bekal makanan selama di perjalanan. Jangan lupa beli oleh-oleh untuk sanak saudara di tempat perantauan. Bekal cemilan selama di jalan biar lebih hemat. Lebaran biasanya harga makanan di jalan lebih mahal 2 kali lipat lho!
6. Berdoa supaya semua tetap aman dan lancar. Tidak ada teror selama semua umat muslim merayakan Idul Fitri.

Dan akhir kata, “Mohon Maaf Lahir & Batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi yang merayakan.” 




0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.