Sabtu, 01 Juni 2019

Jajanan Khas Lebaran

Halo, wah, gimana sudah makin dekat dengan hari raya Lebaran ya? Gimana dengan rencana kalian? Mau mudik tempat orang tua atau sudah menyiapkan rencana akan wisata ke mana aja nih?


Pasti sudah mulai sibuk dong dengan persiapan Lebaran. Saya juga sudah mudik ke Purwokerto dan bersiap ikut Lebaran juga, he, he. Meski saya sendiri non muslim, tapi kakak nomor satu merayakan Lebaran jadi saya dan anggota keluarga lain ikut merayakan. 

Sebelumnya kami sudah siap membuat kue-kue kering seperti nastar, kastengel dan semprit. Kayaknya khas banget ya, kalo Lebaran memang pasti hampir di setiap rumah, ada. Kalo nggak ada, kayak belum Lebaran. Ini dia, jajanan khas Lebaran yang wajib ada (dalam keluarga saya): 

1. Nastar

Hayo, siapa di sini tiap mau Lebaran pasti sibuk bikin Nastar atau beli kue ini? Kue kering ini diisi dengan selai nanas dan ada aroma cengkeh. Hmm, kalo nggak ada Nastar, belum terasa Lebaran ya? 

2. Biskuit kaleng

Kalo yang satu ini rasanya juga wajib tersedia di meja saat Lebaran. Biasanya sih, kalo saya dapat biskuit kalengan dari toko langganan atau dari teman dan saudara. Dan yang sering dibikin meme, adalah isinya bukan biskuit tapi rengginang atau rempeyek, hi, hi. 

3. Kastengel

Kue kering rasa keju yang gurih, hmm, pasti ada dong di meja jelang Lebaran. Walau pada hari H kadang suka ngilang, entah ke mana, he, he. Ternyata sudah habis dari kemarin.

4. Semprit

Kue kering yang satu ini, wajib ada di ruang tamu. Meski beberapa tahun kemarin pernah absen gara-gara bosen bikinnya. Wkwkwk. Tapi tahun ini dapat kiriman dari kakak nomor satu, asyik, makasih kak!

5. Kacang telor

Kacang telor wajib melengkapi suguhan pada Lebaran. Cuma tahun ini kayaknya belum ada tanda-tanda akan muncul, hi, hi. Adakah teman-teman yang mau menyumbangkan kacang telor ke rumah saya? Akan saya terima dengan senang hati, hi, hi. Nggak ding, bercanda.

6. Rempeyek kacang tanah

Siapa yang suka sama jajanan sederhana ini? Saya suka rempeyek yang jarang ada kacangnya. Rasanya lebih gurih kah? Tidak sih, hanya, saya kan musuhan sama kacang. Bikin jerawatan! Jadi lebih milih rempeyek yang jarang ada kacangnya. 

Nah, itu tadi jajanan khas Lebaran yang biasanya ada di meja. Kalo kamu apa? 


4 komentar:

  1. Kalo saya jajanan khas lebarannya rujak mbak :D

    BalasHapus
  2. Kalau saya, waktu kecil nggak pernah ketemu rempeyek itu saat lebaran, kebanyakan kadang telur, biskuit kaleng juga jarang.
    lebih sering ke kue-kue kering buatan manual bukan pabrik :)

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.