Storytel


Sebagai pecinta buku dan memiliki hobi membaca, perpustakaan menjadi tempat yang paling menyenangkan. Setiap seminggu sekali pasti aku ke sana untuk meminjam buku. Sayangnya sejak pandemi perpustakaan tidak lagi dibuka. 


Kesukaanku membaca buku fisik jadi beralih ke buku digital. Namun membaca melalui aplikasi baca buku online di layar smartphone agak kurang nyaman karena membuat mata cepat lelah. Apalagi kalo yang dibaca novel seperti Mariposa. Beruntung aku dikenalkan oleh temanku aplikasi Storytel. 


Seperti apa aplikasi Storytel ini? Yuk, simak ulasanku berikut! 


Review Storytel, Audiobook Indonesia

Audiobook Indonesia


Storytel merupakan aplikasi yang menyediakan layanan streaming audiobook dan e-book berlangganan terbesar di dunia. Ada lebih dari 500.000 judul buku yang tersedia di sini, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. 

Pertama kali membuka Storytel, aku langsung kegirangan karena menemukan banyak judul buku-buku novel favorit seperti Negeri Lima Menara, Tenggelamnya Kapal Van der Wijck, Sang Alkemis, dan seri buku Sherlock Holmes.

Ada juga versi novel berbahasa Inggris, seperti The Hunger Games, A Man Called Ove, Fantastic Beasts, Death on The Nile, juga ada buku non-fiksi berbahasa Inggris, Sapiens. 

Aktivitas membaca memang sangat menyenangkan. Selain untuk hiburan, membaca juga bisa memperluas wawasan. Namun karena kesibukanku jadi seorang ibu, membaca buku jadi sesuatu yang sulit dilakukan. 

Namun seiring dengan waktu, tren membaca buku fisik beralih ke buku digital atau e-book. Bahkan sekarang mulai muncul tren baru dalam menikmati buku, yaitu dengan mendengar audiobook atau buku audio. Jadi kita tidak usah terpaku pada halaman buku ataupun layar smartphone. 

Cukup dengarkan saja, maka kita bisa menikmati buku sambil melakukan aktivitas lainnya. 


Fitur dalam Aplikasi Storytel

Aplikasi audiobook

Kategori dan Pencarian

Fitur kategori dan pencarian memudahkan pengguna untuk mencari judul buku yang ingin didengarkan. Secara garis besar kita akan menemukan berbagai kategori seperti buku pilihan pertama storyteller, narator pilihan, cerpen, novel fiksi, biografi, buku pengembangan diri, buku dalam pilihan bahasa Inggris atau Indonesia hingga buku yang tersedia dalam versi e-book. 

Jika ingin lebih praktis dan hemat waktu, kita tinggal buka fitur cari dan tinggal ketikan nama penulis, judul buku, narator, seri dan tag. 

Misal kita mengetik, Harry Potter audiobook di kolom pencarian langsung  muncul deh semua yang dicari. 


Rak Buku atau Menu Favorit

Ada banyak buku yang ingin dibaca? Misalnya suatu ketika menemukan novel Divortiare tapi baru baca buku lain. Tenang, kamu bisa menyimpan buku yang akan didengarkan pada fitur Rak Buku saja. Melalui fitur ini, kita tidak usah mengulang pencarian buku yang mau didengarkan. 


Bookmark dan Download Buku 

Fungsi bookmark adalah menuliskan catatan pada bagian buku, membantu kita menemukan halaman penting. 

Hemat data juga dengan mendownload buku sehingga bisa mendengar secara offline atau saat tidak ada jaringan internet stabil.


Target Cerita

Dengan aplikasi Storytel kita bisa menumbuhkan minat baca yang hampir tergerus oleh media sosial. Misal kita menginginkan bisa membaca 5 buku dalam 1 bulan, mana di fitur Target Cerita akan tercatat sudah sejauh mana progress kita sudah berjalan.


Statistik

Pada fitur Statistik, kita bisa melihat rutinitas dalam mendengar dan membaca buku. Apakah mengalami peningkatan atau penurunan dalam menikmati buku. Berapa banyak yang sudah didengar dalam hitungan hari atau bulan. 


Fitur Mempercepat dan Memperlambat Narasi

Bila pembacaan dirasa terlalu cepat atau terlalu lambat, kita bisa sesuaikan dengan senyamannya kita mendengar. Kadang mendengarkan novel dalam bahasa Inggris perlu diperlambat agar bisa mengerti dengan jelas. 


Mode Anak 

Nah, fitur yang satu ini sangat penting bagi orang tua. Pilih aktifkan Mode Anak untuk memilih buku-buku bacaan yang sesuai dengan usianya. Ada banyak novel anak, dongeng, cerita rakyat yang  menarik di sini yang bisa didengar anak mulai usia 3 tahun. 


Pengalaman Pribadi Menikmati Buku Menggunakan Storytel

Baca buku online


Begitu mendengar bahwa ada aplikasi audiobook atau buku audio hadir di Indonesia, aku langsung tertarik untuk mengunduhnya. Dan benar saja ada buku novel fiksi yang sudah lama aku ingin membacanya seperti Dunia Sophie karya Jostein Gaarder.  


Ceritanya mengenai seorang gadis remaja bernama Sophie yang penasaran dengan kedatangan surat-surat misterius di kotak surat rumahnya. Seketika pertanyaan dalam surat itu membuat Sophie mempelajari filsafat. 


Meski berkaitan dengan filsafat, namun gaya bahasa yang disampaikan cukup sederhana dan mudah dipahami. Ditambah suara narator dari artis cantik Dian Sastrowardoyo membuat audiobook novel Dunia Sophie sangat menarik didengarkan. 


Dee Lestari juga menjadi narator di buku kumpulan cerita dan prosa satu dekade, Filosofi Kopi karyanya sendiri. Aku tenggelam dalam cerpen pertama berjudul sama dengan bukunya yang dibacakan oleh Chicco Jerikho. Menikmati cerita tentang Ben seorang pecinta kopi yang telah menjelajahi dunia hanya untuk mencicipi kenikmatan kopi. Egonya terpanggil saat seseorang menantang dirinya untuk membuat kopi yang sempurna. Ia mencurahkan energi dan waktunya untuk menciptakan kenikmatan dalam secangkir kopi. Namun nyatanya ia masih tidak puas karena ada satu pria yang mengatakan bahwa masih ada racikan kopi yang lebih enak dari buatannya. 


Satu lagi, aku juga sedang mengikuti cerita tentang seorang penjaga toko buku bajakan, Sintong. Di mana ia juga seorang mahasiswa jurusan sastra yang sedang bergelut dengan berbagai persoalan hidupnya. Melalui novel Selamat Tinggal, Tere Liye menyinggung soal keresahannya tentang pembajakan buku yang sangat merugikan para penulis. 


Mendengarkan buku lewat Storytel buatku sangat mengasyikkan, karena suara para naratornya enak didengar. Tak sekedar membacakan, namun membuat tiap dialog menjadi lebih hidup. Terutama saat mendengarkan cerita remaja kocak Lupus atau romantisnya Dilan. Kita bisa membayangkan tempat, situasi dan kekonyolan yang terjadi. Bisa terpingkal-pingkal sendiri deh!


Navigasi aplikasi audiobook pertama berbahasa Indonesia sangatlah mudah. No ribet-ribet club pokoknya. Terutama buat aku yang sering kebingungan memakai aplikasi baru. Di Storytel aku langsung bisa mengexplore semua fitur-fiturnya.


Satu hal yang paling aku suka di Storytel ini adalah bisa menyimpan banyak buku best seller favorit di fitur Rak Buku. 


Untuk berlangganan biayanya cukup murah. Hanya Rp. 39.000,- per bulan sudah bisa menikmati buku berbahasa Inggris dan Indonesia. Dan menikmati ragam genre dan ratusan judul buku dari penulis-penulis terkenal. 


Keunggulan Menggunakan Storytel 

Berdasarkan pengalamanku di atas, sebagai audiobook Indonesia, Storytel memiliki banyak keunggulan, yaitu

Aplikasi audiobook

Praktis 

Lebih praktis dan hemat ruangan karena ada ribuan judul buku dengan berbagai kategori dan genre novel  dalam satu aplikasi yang bisa dibuka hanya melalui telepon genggam. Tak usah repot membawa atau menyimpan setumpuk buku-buku yang berat. 

Memiliki aplikasi Storytel bisa diibaratkan memiliki perpustakaan pribadi yang dapat dikunjungi setiap saat, dan bisa diakses di mana saja.

Mengurangi durasi menatap layar

Baca buku online melalui layar ponsel itu sangat melelahkan. Kini cukup putar dan dengarkan buku. Aku sendiri mendengarkan buku  saat akan tidur malam. Si kecil juga seperti didongengi jadi tidur lebih cepat. 


Harga Berlangganan Cukup Murah

Dengan membayar biaya berlangganan sebesar Rp. 39.000,- per bulan, kita sudah bisa mengakses ribuan judul buku berkualitas dengan beragam genre. Ada banyak novel best seller di sini, seperti Game of Thrones yang juga ada serial filmnya. Sebagai pengguna baru, kita diberikan uji coba gratis selama 7 hari yang dapat dibatalkan kapan saja tanpa tambahan biaya apapun. 

Kapan Saja dan di Mana Saja

Bisa didengarkan kapan saja dan di mana saja baik secara online maupun offline. Perjalanan di kereta atau mobil keluar kota tidak lagi membosankan. Mendengar buku favorit dibacakan sambil mencuci atau mengerjakan pekerjaan rumah lainnya sangat menyenangkan.

Narator Berkualitas

Semua buku dibacakan oleh para narator yang berkualitas. Mereka membaca dengan intonasi dan penekanan kalimat yang jelas. Ada juga aktor, aktris, penulis dan public figure yang menjadi narator.

Dillan dinarasikan oleh Sissy Presicillia, Ayat-ayat Cinta oleh Fedi Nuril, Dunia Sophie oleh Anes Wibowo dan Dian Sastrowardoyo serta ada Filosopi Kopi yang dinarasikan oleh penulisnya sendiri Dee Lestari bersama Chicco Jerikho.

Ribuan Judul Buku 

Storytel menghadirkan ribuan judul buku berkualitas dalam bentuk audiobook dan e-book. Temukan rekomendasi buku pada halaman beranda atau ketikan judul, penulis pada kolom pencarian. 

Bisa Dinikmati Secara Offline

Jika ingin mendengarkan buku tapi baru minim kuota atau ingin hemat data, kita bisa mengunduh buku terlebih dahulu. Selanjutnya tinggal mendengarkan secara offline. Jadi meski sedang berada dalam cuaca buruk dan tanpa ada internet stabil tetap bisa mendengar buku. 

Download Aplikasi Storytel 

Aplikasi storytel


Mengingat bahwa minat baca orang Indonesia rendah, hadirnya Storytel bisa jadi secercah harapan bagi penulis dan penerbit buku. Untuk masyarakat sendiri, aplikasi audiobook sangat bermanfaat untuk menambah wawasan tapi dengan cara yang lebih menyenangkan. 

Yuk, download aplikasi Storytel untuk iOS bagi pengguna iPhone dan aplikasi Storytel untuk android. Temukan pengalaman bertualang dan terjun ke dalam imajinasi tak terbatas dengan mendengarkan buku berkualitas dari para penulis ternama. 


19 Komentar

  1. Kalau baca bukunya audio book sepertinya imajinasi bisa lebih hidup ya. Bisa disambi juga pas di jalan misalnya. Jadinya produktif waktunya.

    BalasHapus
  2. Storytell samgat membantu emak-emak sibuk atau pegawai yg hobby membaca buku tapi tidak sempat karena berbagai kesibukan.
    Dengan storytell cukup
    kita mendengarkan cerita di buka sambil aktifitas yg lain.

    BalasHapus
  3. Biaya berlangganan cukup terjangkau ya mbak, apalagi utk emak-emak yang harus berhitung kebutuhan bulanan. Coba saya unduh ah aplikasi ini

    BalasHapus
  4. Wah, Dilan dinarasikan oleh Sissy Prisillia. Di filmnya aja suara Sissy enak banget terdengar pas jadi narator, apalagi di Strorytel yang full audio, pasti lebih seru.

    BalasHapus
  5. Pakai Storytel, bisa melakukan aktivitas lain juga. Misalnya pas mengantre, saya tinggal pilih saja buku favorit saya, terus pasang headset. Tidak terasa, sudah tiba giliran, Mbak hehehe.
    Pokoknya sejak ada Storytel, hidup lebih menyenangkan. Apalagi buku adalah jendela dunia.Jadi nambah pengetahuan juga.

    BalasHapus
  6. Wah, sampai Dewi Lestari jadi narator. Keren banget. Jadi penasaran.

    BalasHapus
  7. Naratornya itu keren-keren ya.
    Membawakan ceritanya jadi lebih hidup dan seru.
    Makanya jadi asik kegiatan nyimak buku dengan Storytel

    BalasHapus
  8. sepertinya enak banget memang ya pakai storytel ini, terbantu banget untuk menamatkan buku. Bahkan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

    BalasHapus
  9. Fiturnya lengkap dan mudah dioperasikan. Koleksi bukunya banyak dan sepertinya bakal nambah terus. Jadi gak ada alasan untuk gak langganan Storytel. Khususnya buat book enthusiast seperti saya.

    BalasHapus
  10. aku juga pakai storytel. alternatif banget buat yang udah susah luangin waktu buat baca buku. bisa jadi temen tidur sambil didongengin.

    BalasHapus
  11. Menarik aplikasi storytel. Buat yang malas visual, maka aplikasi audio ini menjadi solusi. Ibarat anak lebih senang mendengar dongeng daripada membaca buku

    BalasHapus

  12. Mendengarkan buku lewat Storytel buatku sangat mengasyikkan, karena suara para naratornya enak didengar.

    BalasHapus
  13. Wah Storytell membantu banget nih, secara kalo baca mata aku juga udah rada burem-burem kalo kelamaan membaca.
    Dengan storytell cukup pasang kuping saja, udah beres deh.

    BalasHapus
  14. Menarik banget aplikasi ini. Sangat cocok juga untuk tipe audio. Pas juga untik anak-anak kita yang bisa mendengarkan cerita

    BalasHapus
  15. Sangat suka sekali dengan apps yang kreatif ini. Membantu banget dalam menaikkan minat baca

    BalasHapus
  16. Aplikasi storytell ini sangat recomended biaya langganannya juga murahh. Cocok buat team mager kayak saya, tinggal pilih2 buku yg dimau, duduk manis atau tiduran atau sambil beres2 mendengarkan cerifa deh

    BalasHapus
  17. Seneng banget bila kreativitas berpadu teknologi digital dan taraaaa...
    Muncul aplikasi sarat manfaat kayak audiobook storytell.

    Menikmati buku jadi tambah menyenangkan

    BalasHapus
  18. Enak, ya, dengan Storytel ini jadi bisa baca buku sambil mengerjakan pekerjaan rumah.

    BalasHapus
  19. Aplikasi ini cocok banget untuk kita yg ga sempat baca buku nih. Ibarat mendengar dongeng udh gitu suaranya artis juga..keren

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.