Internet stabil


Halo Sobat Catatan Yustrini, semoga tetap dalam keadaan sehat selalu ya! Meski pandemi Covid-19 masih ada sampai tahun 2022 ini, kita harus tetap semangat dan berdoa agar ke depan ada perubahan positif dalam segala bidang. Amin. 

Sebagai ibu rumah tangga aku ikut deg-degan mendengar sekarang banyak perusahaan yang mengurangi karyawannya. Takut juga sih, jika suamiku ikut terkena dampaknya, mengingat ekonomi global belum stabil akibat pandemi.

Tetap Berkarya di Tengah Masa Pandemi 

IndiHome


Di balik kesulitan pasti ada jalan keluarnya. Selalu ada pelangi sehabis hujan. Itulah yang saat ini menjadi prinsip hidupku di tengah pandemi. Tuhan selalu bekerja memelihara makhluk ciptaan-Nya sampai hari ini dan tak pernah membiarkan umat-Nya kelaparan. 

Kulihat karya Tuhan luar biasa saat mendengar cerita dari teman karibku, Bunga. Tahun lalu ia kembali ke kota asalnya, bersama dua anak balita dan suaminya yang kehilangan pekerjaan akibat tempat kerjanya gulung tikar. Bersyukur temanku itu memiliki keterampilan dalam memasak. Tak butuh waktu lama, ia membuka usaha warung makan di depan rumahnya. 

Namun kisah sukses tak langsung menghampiri. Cerita sukses pengusaha warung makan yang kerap kita dengar tak semudah kedengarannya. Bunga mulai mencoba memanfaatkan media sosial miliknya. Ia mempromosikan dagangannya dan perlahan warung makannya mulai laris. 

Seperti Bunga, aku juga memanfaatkan media sosial pribadi untuk berkarya, membuat konten, ikut challenge, dan menyalurkan hobi menulis. Awalnya cuma iseng, tapi siapa sangka ternyata di masa pandemi justru hal ini bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. 

Didukung dengan internet stabil dari IndiHome aku berkarya lewat media sosial pribadi. Beberapa kali aku diminta review produk atau mengikuti sebuah program sosialisasi melalui media sosial. 

Aku sungguh bersyukur hidup di masa sekarang, di mana saat pandemi melanda orang-orang tetap bisa melakukan aktivitas di rumah. Dengan dukungan jaringan internet yang tersebar di mana-mana hingga ke pelosok negeri. Aku percaya internet menyatukan Indonesia dan memajukan daerah tertinggal.

Coba bayangkan jika kita hidup pada tahun 2000-an dan dilanda pandemi. Ekonomi pasti bisa lumpuh total. Berkat adanya internet, meski diberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang membuat kita harus mengurangi mobilitas di luar rumah, kita tetap bisa terhubung dengan teman-teman dari seluruh wilayah nusantara. Satu lagi bukti internet menyatukan Indonesia. 

Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Internet

Namun hidup di era digital seperti saat ini, internet ibarat dua sisi mata uang. Ada sisi positif dan sisi negatif. Di satu sisi sangatlah bermanfaat tetapi di sisi yang lain bisa menimbulkan masalah. 

Apa benar internet justru kadang menjadi bumerang bagi penggunanya? Ini dampak positif dan negatif internet berdasarkan yang aku alami. 

Manfaat Positif

Manfaat internet

1. Sebagai sumber informasi 


Buatku internet sangatlah bermanfaat terutama saat mengandung anak pertama di tengah pandemi. Berkat internet aku bisa menggali semua informasi tentang kesehatan ibu hamil, informasi klinik dan dokter kandungan, apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan, dan informasi persiapan persalinan. 

Tak hanya saat hamil, aku juga menggali informasi untuk bahan tulisan di blog. 

2. Mendapatkan penghasilan


Internet membuka peluang bagi siapa saja yang terlibat di dalamnya untuk mendapatkan penghasilan. Adanya internet, membuat kita bisa membuka toko tanpa harus memiliki kios atau tempat yang strategis. 

Banyak sekali jenis-jenis profesi yang dilahirkan di masa sekarang karena internet, misalnya Youtuber, influencer, buzzer, blogger, selebgram, penjawab survey, asisten virtual, fotografer online, penulis, dll. 


3. Sebagai sarana komunikasi


Komunikasi melalui media sosial, aplikasi chatting online, hingga video call mudah sekali dilakukan sekarang. Jarak tidak menjadi masalah lagi. Segala kegiatan yang sifatnya tatap muka bisa dilakukan secara online, ibadah, arisan, belajar online, bekerja dll. 

Aku juga terbantu sekali saat harus isoman di rumah selama 14 hari. Dukungan semangat dari keluarga besar, teman dan saudara berdatangan secara virtual. Kebayang nggak sih kalo belum ada internet? 

Internet juga memberikanku kesempatan memiliki jaringan pertemanan dengan para blogger yang tinggal di berbagai daerah. Bahkan dalam beberapa event kami bisa berkumpul dan berkomunikasi secara virtual. 

4. Memudahkan transaksi keuangan 


Pembayaran non-tunai sekarang lazim dilakukan. Mengurangi interaksi tanpa membayar dengan uang tunai sangat membantu kita. Tak perlu mengantongi uang banyak-banyak, cukup bawa ponsel pintar saja. Dan bayar secara virtual. 

Internet juga membuat pembelian online bisa dilakukan dengan lancar. Transaksi bisnis lebih aman karena meminimalisir resiko menerima uang palsu yang masih sering beredar. 

5. Sebagai hiburan 


Dengan internet hadirkan hiburan di rumah secara mudah dan lebih murah ketimbang pergi ke bioskop, mall atau tempat-tempat hiburan lainnya. Hilangkan rasa bosan ketika berada di rumah terutama buat bumil dan busui yang harus mengurangi aktivitas bepergian saat musim virus begini.

Mau nonton film, mendengarkan musik, bermain game online, atau kegiatan hiburan lain bisa dilakukan asal ada internet stabil. 


Dampak negatif

Internet menyatukan Indonesia

1. Berita hoaks dan ujaran kebencian banyak tersebar


Internet memang menyimpan banyak informasi, namun hati-hati karena ada banyak hoaks atau berita bohong di dalamnya. Satu berita hoaks yang mengandung ujaran kebencian bisa dipakai untuk menghasut masyarakat.

Seharusnya internet menyatukan Indonesia dan bukan memecah belah persatuan bangsa. Oleh karena itu, penting sekali untuk menyaring segala informasi yang kita terima dan jangan mudah menyebarkan berita yang belum jelas kebenarannya. 

2. Kurang bergerak


Mendapat penghasilan dari internet itu mengasyikkan. Tetapi membuat kita jadi jarang keluar rumah, bahkan mengurangi komunikasi dengan tetangga. 

Menatap layar perangkat digital juga jadi lama membuat kita kurang bergerak. 

3. Menjauhkan yang dekat


Menghabiskan waktu untuk mencari penghasilan lewat internet bisa menjauhkan kita dari orang-orang yang ada di sekitar kita. Tak heran jika ada orang berkumpul tapi tidak ada perbincangan melainkan sibuk dengan ponselnya masing-masing. 

4. Penipuan 


Tidak jarang aku menerima keluhan dari teman yang katanya terkena penipuan saat bertransaksi secara online. Deskripsi produk bisa jauh berbeda dengan apa yang diterima. 

5. Merusak kesehatan mental


Hati-hati dalam berteman melalui media sosial, karena ada banyak kepalsuan di dalamnya. 

Aku sendiri sekarang lebih memilih mengurangi berkomentar baik untuk status akun pribadi maupun di akun orang lain. Hal ini untuk menghindari timbulnya masalah kesalahpahaman dengan orang lain. Juga menjaga kesehatan mental sendiri. Karena pengalamanku pernah dicaci-maki seseorang yang nggak dikenal. Entah dia punya masalah apa sampai mengetik seperti itu. 

Sebenarnya ada banyak sekali masalah yang timbul dari internet lainnya yang belum disebut. Barangkali jika ada yang masih ditambahkan ada pornografi, kejahatan pencurian akun, penistaan agama, pelecehan, dll. 

Jadi apakah internet banyak manfaat atau masalah? 

Hanya masing-masing individu yang bisa menjawabnya. Yang jelas buatku internet begitu bermanfaat sebagai sarana edukasi untuk menambah pengetahuan. 

Beruntung Indonesia memiliki produk layanan digital IndiHome yang terus berkontribusi dan terus berinovasi dalam teknologi digital.



81 Komentar

  1. Alhamdulillah bener sekali ya internet banyak sisi positif bagi saya juga mak, selama pandemi banyak hal positif yg dipetik termasuk jualan online juga laris, bisa bepergian sering tanpa harus cuti krn masih online.

    BalasHapus
  2. Baru terpikir setelah membaca tulisan ini, betapa beruntungnya kita bisa mengakses internet secara massive di masa pandemi. Saya pun belajar menulis secara online pada tahun 2020, saat pandemi mulai muncul.

    BalasHapus
  3. Saya juga pakai provider indihome di rumah. Alhamdulillah ya masa pandemi menolong bgt internet stabilnya. Utk anak PJJ maupun orang tua yg WFH

    BalasHapus
  4. Pengaruh internet bagi anak milenial dimasa seperti ini memang sangat membantu apalagi kemudahan kemudahan yang sangat membantu dalam pekerjaan. Thanks ya kak sudah berbagi informasi

    BalasHapus
  5. Kalau dicari negatifnya internetnya ini banyak juga ya, tapi saya percaya internet tetap memberikan dampak positif jika kita memanfaatkannya dengan baik dan bijaksana

    BalasHapus
  6. Masa pandemi begini, internet yang stabil adalah kunci beraktivitas. Apalagi yang kerjaannya dari rumah. Dapur kudu tetap ngebul nih.

    BalasHapus
  7. Duh, bagian yang menambah pundi2 rupiah itu bikin ngiler. Sebab, saya sudah 1 tahun lebih nulis di blog belum pernah dapat job. Ajarin dong, ananda Yustrini, cara mendapat peluang. Daripada nulis2 tak berujung bepangkal. He he ....

    BalasHapus
  8. Duh...bete banget yah, dicaci maki ama orang tak dikenal. Aku ya gitu juga, jarang komen di grup atau medsos kalau engga kenal. Internet tapi membantu banget sih buat kerjaan jadi lancar.

    BalasHapus
  9. Setuju kak, kudu bijak dalam pakai media digital, jangan sampai kita di terumus dan merugikan, ambil sisi positif dan buang sisi negatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan internet kita bisa komunikasi dan silaturahmi juga dengan sanak saudara yang jauh, apalagi momen hari raja bisa tele ramai ramai

      Hapus
  10. Penggunaan internet itu bagaikan dua mata pisau ya, Mbak. Jika digunakan dengan baik tentu akan banyak manfaat sedangkan kalau tidak bijak menggunakannya bisa merugikan.
    Selama ini saya malah bersyukur dengan adanya internet, bisa nambah penghasilan dari rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget dengan mba nurul kalau kita bijak menggunakan bisa menghasilkan cuan kalau tdk bisa adanya pusing kali yaa karena banyak fleksing yg lg hits.

      Hapus
  11. Saya juga banyak dibantu internet kak 😍

    BalasHapus
  12. Kalau aku pribadi sih internet memberikan banyak manfaat bagi kami. Soalnya saya dan suami kerja sama-sama membutuhkan jaringan internet, begitu juga untuk aktivitas kami lainnya. Karena itu kami memakai jaringan dari IndiHome untuk mendapatkan internet stabil

    BalasHapus
  13. Pandemi ini bisa tetep produktif karena adanya internet. Maka memang sepantasnya gunakan internet untuk kebajikan bukan sebaliknya ya

    BalasHapus
  14. Zaman sekarang memang seertinya sulit untuk gak memanfaatkan internet. Kecuali tinggalnya di daerah yang sulit dijangkau yaa..
    Dengan besarnya manfaat, semoga beriringan dengan kebijaksanaan saat menggunakannya.

    BalasHapus
  15. Saya juga termasuk bersyukur karena memiliki pekerjaan sebagai blogger yang tentunya menggunakan internet. Bisa medapatkan teman dan pekerjaan menulis juga karena adanya internet.

    BalasHapus
  16. Kalau ky freelancer emang penting banget ya apalagi platformnya yang butuh internet cepat.

    BalasHapus
  17. Internet ini bikin Bapak saya jadi belajar banyak hal vis YouTube, Mbak. Masakan baru, panganan baru. Selain bisa nonton wayang atau musik kegemarannya

    BalasHapus
  18. Nggak kebayang sih aku kak kalau hidup tanpa internet. Secara dari jaman sekolah menengah udah main game online, sekarang pun kerjanya nulis online hahaha

    BalasHapus
  19. zaman sekarang nggak hidup kalau nggak ada internet. karena dengan internet kita bisa melakukan banyak hal, dari yang produktif sampai mudharat.

    BalasHapus
  20. ya mba seperti 2 sisi mata uang, ada manfaat buat mereka yg bisa mengambil manfaatnya. ada keburukannya juga buat yg gak bisa mengatur waktu atau niatnya

    BalasHapus
  21. Aku tanpa internet kayak ambulance tanpa uwi2 🤣 nggak bisa pisah. Cuma memang tetap harus bijak tadi ya mbak, karena informasi mudah banget diakses

    BalasHapus
  22. Bener bangett, kalau internet ngga stabil ini ngefek juga ke perekonomian yaa. itulah kenapaa gerak negara maju lebih cepeeett

    BalasHapus
  23. Aku nggak bisa bayangin gimana ceritanya kalau internetku nggak stabil. Soalnya semua pekerjaanku butuh internet.

    BalasHapus
  24. setuju nih, emang internet stabil mendukun banget buat kerjaan dan karya makin lancar hehehe

    BalasHapus
  25. internet banyak banget manfaatnya, apalagi sejak jadi ibu milih jadi freelancer, dan semuanya butuh internet

    BalasHapus
  26. So far kalau buatku masih banyak dampak positifnya sih. Yang terpenting kuncinya ada di pengguna, apakah bisa memilah-milih berita, menyaring mana yang baik dan nggak baik didengar, juga harus pintar memanage waktu biar nggak kebablasan scrolling2nya :)

    BalasHapus
  27. Internet bernilai positif ketika kita memang menggunakannya tepat sasaran. Kayak menulis di blog tentunya butuh banget internet belum lagi kalau nyambi dengan wfh yang harus zoom dari pagi sampai sore tentunya iNternet adalah hal yang sangat penting. Gak ada internet bisa mati gaya. hehehehe

    BalasHapus
  28. Internet akan sangat berguna dan bermanfaat jika digunakan dengan tepat. Layaknya pisau... akan berguna jika difungsikan sesuai dengan fungsinya. Tapi akan membahayakan jika tidak sesuai fungsi

    BalasHapus
  29. Tentu internet sangat membantu sekali.
    Bisa melihat dunia secara dekat, dengan informasi-informasi yang nggak mungkin kita dapatkan kalau bukan melalui dari internet.

    BalasHapus
  30. Saat pandemi memang lah internet stabil ini paling penting. Karena semua kerjaan, anak belajar harus pakai internet ini :)

    BalasHapus
  31. Penting banget ini internet stabil. Biar kerja lancar ga tiba2 macet di jalan

    BalasHapus
  32. Sebenarnya internet banyak manfaat positifnya kalau digunakan dengan benar. Saya bisa ketemu banyak orang dan semangat ngeblog berkat sosmed dan internet. Tapi selalu ada ya orang yang menggunakannya untuk hal negatif.

    BalasHapus
  33. Setuju, internet stabil emang sangat dibutuhkan apalagi di era pandemi yang banyak menggunakan hubungan jarak jauh

    BalasHapus
  34. Dengan internet, dunia jadi berada dalam genggaman. Mau apa saja tinggal klik, klik. Oleh karena itu, jaringan yang lelet bisa menghambat kegiatan kita. Beruntungnya sudah menemukan internet yang stabil yang bisa membuat tetap berkarya selama pandemi ini.

    BalasHapus
  35. Benar kak, bersyukur kita di era sekarang internet memudahkan urusan pekerjaan dan belajar meski masih di tengah pandemi.

    BalasHapus
  36. Beruntung sekarang semua dipermudah dengan hadirnya internet ya. Kerjaan online juga makin banyak pilihan dan mau daftar daftar rekening misalnya, juga bisa online.
    Asalkan bisa menggunakan internet dengan tepat

    BalasHapus
  37. Ada plus dan minus ya, untuk yang dewasa mungkin bisa menggunakan internet lebih bijak, yang harus dipantau itu anak-anak yang sudah menggunakan internet. Serem lihat mereka yg kadang lupa batas berekspresi dan berbagi informasi

    BalasHapus
  38. menurut saya ada manfaat dan ada juga keburukannya. manfaatnya banyak seperti yg mba sebutkan di atas. Bagi saya bisa lebih cari informasi, cari hiburan, penghasilan, dll. Tp kalo berlebihan sangat tidak baik juga. yg terasa di rumah, anak2 jd matanya sakit karna terlalu lama online saat PJJ

    BalasHapus
  39. Saat pandemi gini pastinya banyak banget aktifitas yang masih bisa dilakukan di rumah ya selama memang ada koneksi internet yg lancar utk menghasilkan karya yang juga bisa hasilkan cuan.

    BalasHapus
  40. Setuju banget Mbak. Memang internet ibarat pisau bermata dua, ada sisi positif dan ada juga sisi negatifnya. Semua bergantung pada individu penggunanya, ya.

    BalasHapus
  41. Aku setuju kalau internet menyatukan Indonesia, apalagi pandemi gini. Buat kami yang berkomunitas dengan rekan antar kota, pulau, jadi membantu banget. Emang ada kelebihan dan kelemahannya, tapi kalau lihat perannya, jelas kita membutuhkan banget untuk aktivitas tanpa batas.

    BalasHapus
  42. Kalau aku pribadi merasakan internet itu lebih banyak manfaatnya mbak. Apalagi jika internet stabil. Soalnya saya dan suami kerja sama-sama butuh internet. Selain itu, melakukan banyak aktivitas lain juga butuh internet

    BalasHapus
  43. Segala sesuatu, kalau dimanfaatkan dengan bijak, maka akan membantu kita. Termasuk ahdirnya internet ini ya, Mbak. Saya sendiri sangat terbantu. Apalagi saya penulis freelance yang memang lebih banyak bekerja di rumah. berbagai hal juga bisa terbantu. Misalnya jualan online.

    BalasHapus
  44. Jujur, aku adalah orang yang merasakan dampak positif internet. Dan internet ini ngaruh banget loh ke pekerjaan. Kalau internet loading lama, pekerjaan amburadul.

    BalasHapus
  45. bersyukur banget sih, meski pandemi gak bisa kemana-mana tapi ada internet yang selalu stabil hihi.. jadi tetap bisa 'kemana-mana' pakai internet ya

    BalasHapus
  46. Bener bangett, kalau internet suka ngadat aku juga males banget nerusin kerjaan. jadi nunggu internet stabil yang cepet gitu, pekerjaan jadi ga terhambat ya kak

    BalasHapus
  47. Di antara banyaknya sisi negatif internet, selalu ada sisi positif yang bisa dirasakan sebagai pengguna internet aktif, terlebih di masa pandemi.
    Semuanya kudu seimbang dan seiring sejalan agar hasilnya maksimal. Mencari "pola" masing-masing pengguna internet ini menarik.

    BalasHapus
  48. bener banget, saat pandemi dan WFH begini, internet adalah senjata utama. Tapi ya gitu harus stabil seperti Indihome.

    BalasHapus
  49. Iya sih emang. Keberadaan internet banyak dampak positif bagi kita. Tapi ya ada juga dampak negatifnya. Bikin kurang bergerak, bener banget tuh.... Ya gimana kita aja deh memanfaatkan internetnya.

    BalasHapus
  50. Aku yang kerja dari rumah can relate banget. Nggak kebayang kalau pas kerja terus internetnya down. Wah pasti harus kerja dua kali.

    BalasHapus
  51. Gak kebayang jika selama pandemi ini belum ada internet. Seluruh sektor kehidupan bisa lumpuh, bahkan mungkin kondisi negara terncam, Bersyukur internet sudah sangat masif saat musibah covid datang. Namun harus diakui penggunaannya harus cermat karena efek negatif juga mengincar pengguna internet.

    BalasHapus
  52. mengganggu kesehatan mental itu bener banget mba, jadi suka social comparison dengan orang lain. Alhasil jadi insecure dehh

    BalasHapus
  53. Penting banget deh inet stabil ini. Kalau ngadat bikin rezeki juga macet.

    BalasHapus
  54. Intinya, kalau gak pandai atur waktu pasti bakalan malas ergerak dan gak baik untuk kesehatan mata ya kak. Ya meski banyak juga sih manfaat internet apalagi dimasa pandemi gini

    BalasHapus
  55. Internet memang memiliki dua sisi, tp jika kita bijak menggunakan nya maka akan memberikan dampak positif

    BalasHapus
  56. Yup, setuju banget! Hidup di zaman digital saat ini harus bijak menggunakan internet. Jangan sampai fomo juga, penting banget harus bisa manajemen diri.

    BalasHapus
  57. kehadiran internet sangat membantu saya. Apalagi saya sebagai penulis freelance yang memang lebih banyak bekerja di rumah. Segala sesuatu ada manfaat baiknya dan bisa jadi peluang untuk berbuat tak baik. Tapi bila kita bijak memanfaatkan internet, maka akan memberi kebaikan bagi kita dan orang lain.

    BalasHapus
  58. Sekarang internet sudah sebuah kebutuhan wajib ya. Apalagi semenjak pandemi, banyak kebiasaan baru yg dilakukan secara online. Internet stabil hidup jauh dari emosi serta banyak hal2 positif seperti di atas yg didapatkan.

    BalasHapus
  59. Memang sih dampak internet ternyata masih banyak hoax juga, dan penipuan juga kerap dilaporkan. Tapi yah kita sendiri yang harus jeli dengan screening informasi. cari tahu dulu agar tak tertipu.

    BalasHapus
  60. Duh, memang di media sosial itu, gampang banget bertemu dengan orang-orang bermasalah yang nggak ada angin nggak ada hujan suka mencaci-maki sembarangan. Mungkin karena rasanya lebih aman ya bertindak begitu. Lewat tulisan dan orangnya pun nggak dikenal.

    Memang perkembangan media komunikasi saat ini bukan cuma punya sisi positif kayak bisa jadi ladang penghasilan baru, tapi juga ada sisi negatifnya sih ya Kak.

    BalasHapus
  61. Alhamdulillah saya pun menjadi salah satu yang sangat terbantu dengan adanya internet ini. Saya yang lain kehilangan pekerjaan, saya malah lumayan mendapatkan job. Internet semoga semakin membawa berkah dan kebaikan

    BalasHapus
  62. Sebagai pekerja online ketersediaan internet yang stabil itu diperlukan banget, ya, Mbak. Pekerjaan jadi lebih lancar dan cepat kalau internet lancar

    BalasHapus
  63. Positif atau negatif internet memang tergantung masing-masing orang dalam memanfaatkan kemajuan teknologi ya. Di tangan yang tepat, internet mnj senjata untuk terus berkarya dan mengubah nasib

    BalasHapus
  64. Jaman sekarang internet adalah kebutuhan primer, kalau gak ada internet jadi susah berkomunikasi dengan orang lain

    BalasHapus
  65. Era digital ini segala pekerjaan sih serba udah online ya. Pengennya memang pakai internet yang stabil agar makin lancar urusan pekerjaannya.

    BalasHapus
  66. Salah satu kunci untuk tetep produktif adalah internet yang stabil. Pekerjaan jadi mantap dan bisa menyelesaikan banyak hal dengan segera dan nyaman. Kudu banget sih pilih yang terbaik

    BalasHapus
  67. Aku juga berkat adanya internet stabil dari IndiHome jadi bisa berkarya dari rumah mbak. Alhamdulillah.. bisa menghasilkan cuan juga. Lumayan banget buat jajan

    BalasHapus
  68. Internet itu emang ngaruh banget ke produktivitas. Kalo internet lancar kerja jadi semangat kan..

    BalasHapus
  69. betul sih, semua kembali kepada si pengguna ya.. sama kayak pisau akanberguna untuk memootng dagiing atau sayuran atau hal lain sesuai kebutuhan,namun akan berbeda jika pisaunya di gunakan sembarangan bisa membahyakan

    BalasHapus
  70. Jadi keinget, banyak yang nyaranin pakai Indihome untuk urusan internet. Lah gimana, rumah masih pindah-pindah. Jadi nggak bisa pasang deh.

    BalasHapus
  71. kalau untuk saya Alhamdulillah internet banyak memberi manfaat, asal bisa memilah yang baik dan negatif internet terasa manfaatnya ya

    BalasHapus
  72. Kalau sehari tanpa internet buatku jadi kacau deh. Sebab sebagai blogger kan selalu membutuhkan internet kan ya? Pokok buat aktivitas kerja sih bnyk dampak positifnya.

    BalasHapus
  73. Bener bangett. Kalau Internet gangguan aslii keki banget mau nerusin juga males wkwkwk padahal pekerjaan di depan mata

    BalasHapus
  74. bener mbak dengan internet stabil kita bis melakukan apa saja dari rumah. Say juga pakai Indohome di rumah

    BalasHapus
  75. Alhamdulillah ya..
    Pandemi adanya di zaman yang sudah berkembang teknologi internet.
    Bagiku, internet ini memenuhi semua kebutuhan dan bisa menjadi salah satu cara Allah melindungi hambaNya dari mudharat bila dimanfaatkan dengan bijak.

    BalasHapus
  76. internet stabil emang bikin kewarasan jiwa juga stabil ya sekarang ini hehehe

    BalasHapus
  77. Iya, penting banget punya internet yang stabil
    Agar kita bisa fokus berkarya ya mbak

    BalasHapus
  78. Jleb sekali saat membaca bahwa internet bisa menjauhkan yang dekat. Faktanya memang begitu ya. Maka kita harus bijak menggunakan internet.

    BalasHapus
  79. Dampak positif internet so pasti banyak
    Tapi juga kita harus bisa antisipasi dampak negatifnya, ya

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.