Kpop drama
Kpopway.com

Masih ingatkah kamu dengan drama Korea Full House yang pernah tayang sekitar tahun 2006 silam? Cukup lama juga ya?!

Melalui film drama ini, aku mulai kenal dengan bintang cantik Korea, Song Hye Kyo yang sampai sekarang nggak keliatan tambah tua. Segitu aja kali umurnya, wkwkw.

Berperan sebagai gadis muda yang hidup seorang diri, Han Ji-Eun (Song Hye Kyo) berprofesi sebagai penulis novel. Ia Han Ji-eun tinggal di sebuah rumah yang megah peninggalan orang tuanya yang sudah tiada.

Awal cerita dikisahkan Lee Young Jae (Rain), seorang artis yang sedang naik daun di Korea. Sementara Han Ji-Eun adalah seorang penulis muda yang mencoba menyelesaikan novelnya. Ji-Eun memilik dua sahabat Dong Wook dan Hee Jin sejak masih kecil.

Suatu hari kedua sahabat ini memberikan tiket pesawat dan hadiah liburan ke Shanghai untuk Ji-Eun. Di pesawat, tanpa sengaja Han Ji-Eun dan Yong Jae duduk bersebelahan. Kekocakan demi kekocakan terjadi sampai akhirnya Ji-eun muntah di lengan Young Jae.

Perkenalan Ji-eun dengan Min Yuk terjadi di lobi hotel. Ji Eun mulai curiga dengan kedua sahabatnya. Mau tidak mau ia harus pinjam uang kepada Yong Jae untuk kembali ke Korea.

Sampai di Korea, alangkah terkejutnya Ji-eun yang mengetahui bahwa rumahnya sudah dijual bersama isinya, tabungan di bank pun ludes ditambah ada tagihan kartu kredit dengan atas namanya. Wah, Ji Eun kesal sekali dengan kedua sahabatnya itu yang sudah menipunya habis-habisan.

Dalam keadaan tidak punya uang dan kehilangan rumah, Ji Eun pun terpaksa menikah kontrak dengan aktor yang baru dikenalnya. Selama 6 bulan menikah kontrak, ternyata benih-benih cinta mulai tumbuh di antara mereka.

Motivasi Menulis yang Bisa Ditiru dari Han Ji Eun


Film ini memiliki 16 episode saja, biarpun ceritanya sederhana namun ada motivasi tentang menulis yang bisa diambil dari karakter Han Ji Eun. Nah, apa saja?

1. Bangkit

Secara finansial Han Ji Eun diceritakan miskin mendadak sampai tidak punya apa-apa lagi. Namun ia berani mau bekerja di rumahnya sendiri sebagai pembantu dan berusaha menawarkan karyanya ke beberapa produser film.
Meski karyanya dibilang jelek, ia tidak putus asa untuk membuat cerita lagi.

2. Percaya diri

Sebagai penulis kadang tidak percaya diri ketika karyanya dibaca. Tidak dengan Han Ji Eun. Ia dengan percaya diri mengumumkan bahwa ia menulis novelnya, meski dibilang alur ceritanya masih berantakan dan buruk sekali oleh direktur atasan Yong Jae.

3. Berani ambil resiko

Beberapa kali Ji Eun menyerahkan naskahnya pada Min Hyuk, tapi ditolak. Malah ditawari untuk menulis skenario, Ji Eun dengan semangat menerimanya. Meski prosesnya tidak berjalan mulus, langsung bisa menulis cerita yang menarik.

4. Mau menempa diri

Hidup bersama Yong Jae, bukanlah perkara mudah. Ji Eun tiap hari disuruh bersih-bersih, memasak dan dipanggil 'burung', 'ayam' bahkan 'mangkok basi', belum lagi kalo diusir. Duh, tabah sekali hati Ji Eun ini.

5. Memotivasi diri

Kata yang sering diucapkan oleh Ji Eun adalah 'figthing' ketika ingin menyemangati dirinya dan Yong Jae. Ia bahkan tidak gentar ketika berhadapan dengan keluarga besar dari Yong Jae.

6. Pantang menyerah

Tulisan pertama ditolak, kedua ditolak bahkan berkali-kali ditolak namun Ji Eun tetap kukuh ingin mewujudkan cita-citanya jadi penulis. Ia rela tak harus jadi novelis tak apa, jadi penulis ide cerita oke, disuruh nulis skenario juga mau.

7. Bekerja keras

Han Ji Eun benar-benar bekerja serius ketika menulis. Pagi-pagi ia sudah bangun menyiapkan sarapan, bersih-bersih, ke kantor Mun Hyuk untuk setor tulisan. Belum lagi kalo dihalangi oleh Yong Jae yang ingin Ji Eun di rumah saja, ha, ha. Apa kabar dengan saya yang bentar-bentar mengeluh nggak punya ide dan malas nulis ini?

Di akhir cerita Han Ji Eun berhasil menjadi penulis yang karyanya difilmkan. Bukan hanya itu saja, ia dapat bonus bisa mendapatkan rumah, cinta bahkan bisa menyelamatkan karir Yong Jae yang sudah di depan tanduk.


Karakter dalam film Full House:


1. Han Ji Eun(Song Hye Kyo)


Han Ji Eun
Ig @fullhouse_famouse

Seorang gadis yang tinggal sendiri di sebuah rumah pinggir pantai. Kedua orang tuanya sudah meninggal karena kecelakaan saat ia masih SD. Tumbuh bersama dengan dua sahabatnya Hee Jin dan Dong Wook sampai SMA. Tak disangka ia ditipu oleh keduanya sehingga menjadikan ia harus kawin kontrak dengan aktor terkenal Yong Jae.

Hari demi hari harus dilewati bersama Yong Jae. Kesibukan sebagai pembantu di rumahnya sendiri pun ia jalani. Kawin kontraknya dengan Yong Jae membawanya mau nggak mau harus dekat juga dengan keluarga besarnya Yong Jae.

2. Lee Yong Jae(Rain)


Rain
Pinterest

Aktor yang sedang naik daun di Korea, tampan dan digandrungi wanita. Punya sahabat sejak kecil Hae Won dan Min Hyuk. Diam-diam ia menyukai Hae Won tapi tidak berani mengungkapkannya. Malahan ia menikahi Ji Eun yang baru dikenalnya.

Sikap Yong Jae ini kekanakan banget, makanya si Hae Won nggak suka ya. Ji Eun juga pertamanya ogah nikah sama dia, kalo nggak karena kehilangan rumahnya.

Terlihat mapan, kaya dan aktor terkenal siapa sangka hubungannya dengan ayahnya menjadi sangat dingin. Ia keluar dari rumah demi menghindari konflik dengan ayahnya.

3. Kang Hae Won(Han Eun Jung)



Hae Wom
Kumparan

Hae Won adalah seorang desainer terkenal dan sukses membuka butik. Ia bekerja sama dengan Yong Jae. Diam-diam ia suka dengan Min Hyuk sejak mereka masih kecil. Sayangnya, Min Hyuk cuma menganggapnya sebagai adik.

Perhatian Min Hyuk kepadanya ternyata cuma sebatas kakak adik. Huft, php nih si Min Hyuk. Hae Won sampai jatuh sakit ketika ditolak cintanya. Sadar dulu Yong Jae pernah suka sama dirinya, lalu ia balik mengejar perhatiannya Yong Jae. Padahal Yong Jae sudah mulai jatuh cinta sama Ji Eun. Tambah sakit hati nih si Hae Won.

4. Yoo Min Hyuk( Kim Sung Soo)


Yoo Min Hyuk
Ig Fullhouse.luV

Min Hyuk adalah seorang pengusaha sukses. Ia juga bergerak di bidang entertainment. Sahabat baiknya Yong Jae dan Hae Won. Tampan, sukses dan kaya membuatnya dikagumi oleh para wanita. Namun ia tukang PHP, terbukti ada wanita yang sampai jatuh sakit gara-gara penolakannya.

Sangat perhatian kepada Ji Eun dan menjadi teman curhatnya ketika ada masalah dengan Yong Jae. Bahkan sempat jatuh hati kepada Ji Eun sampai mengancam Yong Jae akan merebutnya, jika kembali menyia-nyiakan Ji Eun.

Kalo aku sih, lebih suka karakternya Min Hyuk yang dewasa dan selalu perhatian pada Ji Eun. Wajahnya juga lebih ganteng kan? Ha, ha...

5. Yang Hee Jin( Lee Young Eun)

Hee Jin
IG @Fullhouse-famouse
Hee Jin adalah sahabat Ji Eun sejak kecil. Ia cukup ceroboh tapi sangat setia sama suaminya, Dong Wook. Kebiasaannya yang ceplas-ceplos membuat Min Hyuk jadi tahu soal masa kecil Ji Eun dan adanya perjanjian kontrak antara Ji Eun dan Yong Jae.

6. Shin Dong Wook(Kang Do Han)


IG @Fullhouse_famouse
Kekasih Hee Jin ini sebenarnya baik, tetapi karena ceroboh ia malah kehilangan pekerjaan dan mempunyai banyak hutang. Bersama Hee Jin, ia menjerumuskan Ji Eun ke sebuah masalah besar.

Kelakuan mereka berdua dalam film ini bikin gemesss deh! Udah mencuri rumah Ji Eun, ngacak-acak makanan di kulkas, bahkan memasuki rumah tanpa ijin. Herannya, Ji Eun masih berbesar hati memberikan pekerjaan buat Dong Wook. Mereka berdua juga yang bikin semua orang tahu adanya kawin kontrak antara Ji Eun dan Yong Jae. Bikin huuuufttt kan?!!

7. Neneknya Yong Jae (Kim Ji-Young)


Nenek
Ig @fullhouse_famouse

Awalnya, nenek terkesan galak dan kurang suka dengan Ji Eun. Ia bahkan suka memarahi dan menyuruh-nyuruh Ji Eun. Bahkan suka memanggil Ji Eun, Si Beruang gara-gara Ji Eun pernah menyanyikan lagu Si Beruang di depan keluarga besar Yong Jae.

Menyalakan Kembali Semangat Menulis Lewat Film Full House
Kumparan.com
Ha, ha, nggak kebayang gimana malunya Yong Jae waktu itu. Meski begitu, nenek Yong Jae suka sekali mengundang Ji Eun untuk datang ke rumahnya. Kejadian memalukan pun pernah dialami nenek ketika mau mengajari Ji Eun memasak. Nenek memberikan intruksi sambil mencontek resep masakan yang disembunyikan secara diam-diam. Bahkan sok mengajari cara memotong sayuran padahal nenek sendiri tidak bisa memasak. Bisa ditebak, rasa masakan mereka pun tidak enak.

Lucunya lagi, sewaktu Han Ji Eun menemukan resep yang disembunyikan nenek waktu beres-beres dapur, nenek pura-pura sakit, ha, ha...

8. Mr. Lee/Ayahnya Yong Jae (Jang Yong)

Ayah Yong Jae
Ig @fullhouse_famouse

Ayah Yong Jae adalah seorang dokter, ia  terkesan kurang akur dengan Yong Jae, tapi ia sayang kepada Ji Eun dan dianggap anaknya sendiri. Mereka juga akrab dengan Ji Eun karena sama-sama suka bermain kartu.

9. Mrs. Kim,/Ibunya Yong Jae (Eun-sook Sunwo)

Mrs. Kim
IG @fullhouse_famouse

Ibunya Yong Jae adalah wanita yang sangat anggun. Sayang dengan Ji Eun, pintar memasak dan suka nitip membawakan makanan untuk Yong Jae ketika Ji Eun main ke rumah.

10. Direktur Dae-pyo (Im Ye Jin)


Ibu direktur
intandiaries.blogspot.com

Ibu direktur ini beberapa kali dibuat pusing oleh ulah Yong Jae. Namun tak hilang akal, ia membuat trik agar Yong Jae dan Ji Eun terlihat mesra, salah satunya dengan meminta Ji Eun membuatkan makan siang untuk seluruh kru pemotretan.

Full house lucu
Intandiaries.blogspot.com

Jadilah adegan suap-suapan yang lucu antara Ji Eun dan Yong Jae. Ha, ha, ha...

Menonton film drama Korea memang menyenangkan ya. Apalagi jika di dalam filmnya terkandung pesan yang mendalam. Nah, apakah teman-teman sudah pernah nonton Full House ini? Yuk, ceritakan dikolom komentar kesanmu tentang film ini!




17 Komentar

  1. Aku udah nonton drama Korea Full House ini, Mbak. Kalau sekarang ini lagi suka nonton drama Korea The World of The Married dan When The Weather is Fine.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedang tayang ya sekarang? Aku mau nonton kok, terlalu dramatis gitu nggak suka. lebih yang ringan-ringan aja :)

      Hapus
  2. Film drakor kesukaan nih kebetulan si ceweknya itu penulis

    BalasHapus
  3. Ah iya..Kusuka juga dg film ini. Apalagi happy end kannya..jadi semangat nontonnya..haha ..

    BalasHapus
  4. yaa ampun aku suka banget sama drama Full House ini. Karena bagus, lucu , dan sangat berkesan banget. Jadi kangen mau nonton ini lagi deh :)

    BalasHapus
  5. Lengkap penjelasan karakter, jalan cerita, sampai pesan moralnya. Film Korea saya taunya film Train to Busan dan film The Flu hehe..

    BalasHapus
  6. TAhun kemarin saya nonton ini kembali dan sukses mencriakan hari. Tertawaaa.... terus.
    FILm zaman dahulu beda dengan zaman sekarang, dan saya termasuk yang masih belum move on ke film Korea yang sekarang.

    BalasHapus
  7. Drakor yang udah 3x aku tonton ulang. Lucu sih. Beberapa kali juga pernah nonton drakor yang berkenaan dengan menulis, buku, atau penerbitan. Secara alami, selalu kecantol sama drakor yang bersinggungan dg hal ini. Rasanya selalu banyak hikmah dan motivasi yg bisa diambil.

    BalasHapus
  8. ya ampun seru banget kayanya nonton ini lagiii, hihihi udah lama banget nggak nonton drakor satu ini, jadi pengen nonton lagi deh hehehhe

    BalasHapus
  9. Wah dari reviewnya sepertinya filmnya penuh dengan motivasi ya. Jadi kalau lagi tidak bersemangat nonton film ini maka semangatnya akan bangkit kembali. Oya ternyata film Korea tidak hanya romantis saja ya, tetapi ada juga yang sangat memotivasi, contohnya seperti film ini.. ..

    BalasHapus
  10. Wah, ini drakor paling heits pada jamannya. Masih asik ditonton sampai kini.

    BalasHapus
  11. Ya ampuunn... aku masih inget aku nonton film walau udah agak kadaluwarsa. Gara-garanya teman kantor laki-lakiku suka nonton drakor ini makanya aku ikut suka nonton juga. hehehe

    BalasHapus
  12. Aku belum nonton filmnya aduh jadi nyesel kok ceritanya seru banget ya paling suka yang ceritanya ada romance nya gitu aku kak

    BalasHapus
  13. aku suka banget sama lagu-lagunya film ini sampai sekarang pun masih suka aku putar, kayaknya beberapa hari lalu full dengerin lagu ini nemenin kerja di rumah, to be honest malah filmnya sama sekali aku ga pernah tonton full hanya sedikit-sedikit dan minggu lalu aku tonton episode terakhirnya nomor 16 ini, eh ditegor sama pasangan dan ga boleh nontonin drakor, khawatir aku ga tidur-tidur kayak kebanyakan teman2 aku maniak film korea bisa ga tidur ampe pagi ehhehe

    BalasHapus
  14. Ya ampiun Mba Yustrini, Full House ini legend bangeett, saya nontonnya tahun 2007 dulu, awal saya menyukai drakor ya kisah si Han Ji Eun dan Yong Jae ini. Keren Mbak

    BalasHapus
  15. Betul banget Kakk dari drakor Full House aku belajar bahwa menjadi seorang penulis harus punya mental bajaa gak ada yang sim salabim everything need a process

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.