Penderita asam lambung tidak boleh makan ini


Halo Sobat Catatan Yustrini, semoga dalam keadaan sehat dan sukacita selalu ya! 

Individu yang mengalami gangguan asam lambung perlu menjaga menu hariannya tetap sehat. Namun, apa saja sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung?


Perlu diketahui terlebih dahulu, gangguan asam lambung adalah gangguan pencernaan yang terjadi karena asam lambung naik ke tenggorokan sehingga timbul rasa terbakar di dada. Kondisi ini pun dapat membuat penderitanya mengalami mual, batuk, hingga gejala yang lebih berat lainnya.


Untuk mengatasinya, penderita harus menjaga kesehatan, seperti dengan menghindari pantangan penderita asam lambung. Terkait hal ini, yuk waspadai sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung secara berlebihan!

Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

Sayuran dilarang untuk penderita asam lambung


Sebelum membahas daftar sayurannya, perlu dipahami bahwa penderita asam lambung tidak sepenuhnya dilarang mengonsumsi sayuran-mayur tersebut. Hanya saja, ada baiknya untuk dibatasi takarannya. Ini dia daftar sayuran yang dimaksud.

1. Bawang

Bawang, seperti bawang bombay dan bawang putih, merupakan salah satu jenis sayuran yang dilarang untuk penderita asam lambung. Hal ini dikarenakan bawang bombay memiliki kandungan fruktosa yang memicu pembentukan gas sehingga dapat bisa membuat perut kembung.

Apabila perut kembung terjadi bersamaan dengan kondisi asam lambung naik, gejala GERD mungkin akan dirasakan.

2. Kol

Kol juga sebaiknya dihindari penderita asam lambung. Pasalnya, kol mengandung gula rafinosa yang sulit dicerna tubuh sekaligus memicu produksi karbon dioksida, hidrogen, dan metana. Adapun jumlah gas yang berlebihan ini dapat memperparah gejala penyakit asam lambung.

Sebagai catatan, kembang kol juga termasuk ke dalam daftar larangan sayuran untuk asam lambung karena kandungan yang sama.

3. Brokoli

Sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung selanjutnya adalah brokoli. Sama halnya dengan kol, brokoli juga mengandung gula rafinosa yang dapat memicu perut kembung. Kalau tetap ingin mengonsumsi brokoli, penderita asam lambung sebaiknya tidak mengolahnya dengan makanan tinggi lemak.

4. Seledri

Selain itu, penderita asam lambung juga sebaiknya menghindari konsumsi seledri. Sebab, mengonsumsi sayuran ini dapat mengakibatkan tubuh menghasilkan gas dalam jumlah banyak yang memperparah gejala asam lambung, seperti rasa mual.


5. Kubis

Kubis juga merupakan salah satu sayuran yang kaya akan fruktosa, sehingga memicu lambung memproduksi lebih banyak gas. Adapun hal ini dapat memperburuk gejala asam lambung.

Tak hanya itu, kubis juga tinggi serat yang mengakibatkan sayuran ini sulit dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu, kubis menjadi salah satu sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung.

6. Cabai

Cabai juga termasuk dalam daftar sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung. Hal ini disebabkan cabai menimbulkan sensasi pedas yang dapat memperparah gejala GERD dan maag.

7. Sawi Putih

Sawi putih adalah sayuran yang sering diolah menjadi kimchi. Bagi penderita asam lambung, sawi putih merupakan salah satu pantangan karena mengandung gula rafinosa yang membuat perut kembung.

Kalau diolah menjadi kimchi, kadar pH sawi putih akan berkurang lebih rendah sampai 4,1. Oleh karenanya, sayuran ini dapat memicu berbagai gejala asam lambung parah.

Itu dia beberapa sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung secara berlebihan. Jangan lupa, kalau kondisi asam lambung kambuh dan tak kunjung membaik, penderita sebaiknya pergi ke dokter supaya mendapat penanganan yang tepat.

0 Komentar