Global halal hub adalah

Hai, Sobat Catatan Yustrini apa kabar? Semoga selalu dalam kesehatan yang optimal dan bahagia selalu! Di artikel kali ini saya akan membahas mengenai mimpi Indonesia menjadi Global Halal Hub. 

Hmm, apakah ada yang sudah tahu mengenai Global Halal Hub ini? 

Apa Itu Global Halal Hub? 

Global halal hub adalah jaringan kerjasama kegiatan untuk memproduksi produk halal, seperti makanan, minuman, fashion, kosmetik dan barang lainnya yang memenuhi standart halal dalam agama Islam. Kerjasama ini juga meliputi sertifikasi halal, konsultasi, manajemen dan informasi juga pemasaran produk-produk halal secara mendunia. 

Ya, beberapa waktu lalu tepatnya di 27 Januari 2022, Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin mencanangkan Ekosistem Global Halal Hub sebagai Gerakan Nasional Sinergitas Menuju Indonesia Pusat Produsen Produk Halal Dunia 2024. Bertempat di Great Western Resort, Tangerang, Banten. 

Tentunya ini jadi angin segar bagi pelaku bisnis produk halal, dan Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) untuk membawa produk mereka ke pasar global. Dengan begitu roda perekonomian di Indonesia terus berputar setelah sempat dilanda krisis waktu pandemi kemarin. 

Aku percaya inilah waktunya Indonesia untuk bangkit bersinar dan dikenal produknya di masyarakat internasional. 

Peluang Besar Indonesia Menjadi Global Halal Hub 2024 

Kita sama-sama tahu bahwa Indonesia adalah negara dengan jumlah populasi umat muslim terbanyak di dunia yaitu sekitar 231 juta jiwa. Dengan jumlah penduduk muslim sebanyak itu, tentu Indonesia memiliki peluang untuk menjadi pasar produk halal yang sangat besar. 

Mengutip data dari Kementerian Perindustrian, belanja umat muslim Indonesia diperkirakan akan naik sekitar 14,96 persen atau sebesar USD281,6 miliar pada tahun 2025. Indonesia merupakan konsumen pasar halal terbesar di dunia yaitu mencapai 11,34 persen dari seluruh pengeluaran belanja halal di dunia. 

Indonesia berada di posisi keempat sebagai negara dengan ekonomi syari'ah terbesar di dunia menurut Global Islamic Ekonomi Indicator 2022. 

Diharapkan dengan adanya halal hub, produk-produk halal Indonesia mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan bersaing dengan produk halal dari negara lain di kancah internasional. 

Manfaat Global Halal Hub 

Fungsi global halal hub
KOMPAS/RADITYA HELABUM


Sampai kini Indonesia terus berupaya untuk mencapai Global Halal Hub agar perekonomian masyarakat dapat makin meningkat dengan memenuhi permintaan produk dan jasa di tingkat internasional. 

Adapun manfaat yang dapat dirasakan para pelaku usaha dan masyarakat Indonesia pada umumnya dengan adanya Global Halal Hub adalah:

1. Mempermudah para konsumen dalam mencari produk halal yang sesuai dengan agama Islam, serta memberikan rasa aman dan nyaman saat membeli produk.

2. Memberikan kepastian kehalalan dengan menyediakan informasi yang jelas dan menaruh kepercayaan pada konsumen mengenai kehalalan pada suatu produk.

3. Membantu pengusaha dalam mendapatkan sertifikasi halal dan membantu mereka memenuhi standar kehalalan serta meningkatkan daya saing di pasar global.

4. Mendukung pertumbuhan perekonomian dan menciptakan peluang bisnis baru serta pertumbuhan bisnis halal. 

5. Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi produk halal dan memperhatikan konsumen yang peduli dengan aspek keagamaan dalam gaya hidup mereka.

6. Mendorong keterbukaan antara produsen dan konsumen juga membangun kepercayaan di antara keduanya akan kehalalan suatu produk dan jasa. 

Intinya Halal Hub ini berperan menjadi penghubung antara produsen, distributor dan konsumen dalam ekosistem produk halal. 

Potensi Pertumbuhan Industri Halal di Masa Depan 


Menurut data dari Pew Research Center's Forum on Religion and Public Life, populasi penduduk muslim di dunia diperkirakan akan terus bertumbuh hingga 2,2 milyar atau sekitar 26,5% dari total penduduk dunia di tahun 2030.

Meningkatnya jumlah populasi penduduk muslim di dunia tentu beriringan dengan makin bertumbuhnya kesadaran akan pemakaian produk halal. Bukan hanya produk namun juga jasa keuangan, pariwisata halal pun kini makin dibutuhkan. 

Dikutip dari laman Logistiknews, Airlangga Hartanto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan melalui keterangan persnya, bahwa berdasar data tersebut harusnya Indonesia tidak hanya menjadi konsumen, tetapi juga bisa menjadi pusat produksi produk halal dunia. 

Indonesia dengan populasi penduduk yang besar serta mayoritas penduduknya memeluk agama Islam, sangat berpotensi untuk menjadi pusat produsen produk halal. 

Bahkan dalam The Global Islamic Economy Indicator 2022, Indonesia menempati posisi keempat setelah Malaysia, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Faktor-faktor yang Mendukung Indonesia Menjadi Global Halal Hub

1. Negara dengan Penduduk Muslim Terbesar


Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Memiliki keberagaman etnis, budaya, dan agama mayoritas Islam, membuat Indonesia menjadi pasar yang potensial bagi industri produk halal. 

2. Dukungan Pemerintah


Saat ini pemerintah terus mengupayakan agar Indonesia bertumbuh menjadi Global Halal Hub dengan mengeluarkan kebijakan-kebijakan.

Tiga komponen utama kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk mendukung industri halal mencakup, peningkatan kualitas UMKM dengan pembiayaan keuangan syariah. Membentuk Nasional Halal Fund untuk mendukung industri halal dan produk syariah. Membangun kawasan-kawasan khusus yang dibangun untuk memfasilitasi investasi dan industri-industri yang berbasis halal. 

Sekarang sudah ada tiga Kawasan Industri Halal yaitu, di Jawa Timur, Banten, dan Kepulauan Riau. 

3. Sertifikasi Halal


Sudah banyak produk di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi halal. Pemerintah sudah membentuk Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) yang melayani registrasi da layanan sertifikasi produk halal. Berkat adanya sertifikasi halal, pemasaran produk jadi lebih mudah. 

4. Kemitraan Strategis


Indonesia telah membuka kerjasama strategis dengan negara-negara yang juga mempunyai minat sama dalam produk halal, dan membuka ekspor produk halal Indonesia menuju ke pasar internasional. 

5. Peningkatan Kesadaran Global 


Kesadaran masyarakat muslim akan kebutuhan produk halal yang makin meningkat, membuat Indonesia berpotensi menjadi pilihan utama bagi konsumen global yang mencari produk halal. 


Untuk menjadi Global Halal Hub, dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak, inovasi produk dan pengembangan teknologi agar dapat diterima di masyarakat internasional.


1 Komentar

  1. Merasa aman dan nyaman ketika kita mengetahui sebuah produk yang kita gunakan halal. Dan semoga semua produk dan jasa di Indonesia bisa menjadi percontohan untuk semua negara melalui Global Halal Hub.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.