Bangga pakai produk lokal


Hai Sobat Catatan Yustrini, di era digital seperti sekarang banyak sekali produk dari luar negeri yang masuk ke Indonesia. Kita dengan mudah bisa membeli produk impor melalui e-commerse. 

Padahal jika kita membeli produk lokal, dampaknya akan besar bagi iklim perekonomian negara kita yang saat ini sedang tidak baik-baik saja. Di artikel ini aku akan memberikan sederet alasan mengapa kita harus bangga memakai produk lokal atau produk dalam negeri. 

Pengertian Produk Lokal

Produk lokal merupakan barang atau kerajinan yang dihasilkan oleh masyarakat sekitar tempat tinggal. Bisa juga diartikan semua barang yang dibuat dan dihasilkan di dalam negeri, baik oleh perorangan, perusahaan kecil maupun besar. 

Produk lokal juga bisa berarti produk asli Indonesia atau produk yang menggunakan bahan yang berasal dari Indonesia. 

Mengapa Kita Harus Cintai dan Memakai Produk Lokal Asli Indonesia? 

1. Membantu Ekonomi Lokal

Dengan membeli dan memakai produk lokal, kita bisa membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat lokal. Adanya industri lokal membuka banyak peluang lapangan pekerjaan sehingga daya beli masyarakat ikut naik. 

Daya beli masyarakat naik, roda ekonomi pun dapat terus berputar dan membuat perekonomian bangsa makin kuat.

2. UMKM semakin Berkembang

Memakai produk lokal asli Indonesia dapat memberikan semangat kepada pengusaha UMKM untuk makin berkembang dan terus melakukan inovasi. Kita pun secara tidak langsung bisa ikut mempromosikan produk lokal ke tingkat internasional dengan memakai produk-produk dalam negeri.

3. Menjaga Lingkungan Hijau

Memilih menggunakan produk lokal dibanding dengan produk impor juga menjadi bentuk usaha penyelamatan bumi dari global warming. Pasalnya, produk impor pasti melalui proses yang panjang untuk mencapai konsumen. Mulai dari pembuatan, pengemasan, dan pengangkutan dengan kapal, pesawat atau truk yang menghasilkan gas karbon dioksida.

Produk lokal pun sama, tetapi akan jauh lebih rendah dalam menghasilkan gas karbon dioksida karena jaraknya lebih dekat.

4. Sebagai Bentuk Cinta Tanah Air

Membeli dan menggunakan produk atau jasa lokal juga merupakan bentuk apresiasi kita pada Indonesia. Siapa lagi yang akan mencintai negeri kita selain rakyatnya? 

Indonesia merupakan bangsa dengan keanekaragaman budaya. Kaya tradisi dan kesenian tradisional. Bahkan batik yang menjadi ciri khas Indonesia pun di tiap daerah memiliki corak yang berbeda, menandakan bahwa bangsa Indonesia juga sangat kreatif. 

5. Mengurangi Ketergantungan Kita Pada Produk Luar Negeri

Gerakan boikot pada produk yang pro-Israel belakangan ini membuat kita tersadar, bahwa ada begitu banyak produk luar negeri yang dipakai oleh masyarakat Indonesia. 

Bahkan untuk kebutuhan sehari-hari seperti air minum, kecap, sampo, makanan cepat saji, dl adalah produk dari luar. 

Yuk, Mulai Pakai Produk Lokal Indonesia Mulai Hari Ini! 

Produk lokal


Sebenarnya ada banyak brand lokal Indonesia yang sudah mendunia. Beberapa diantaranya sering dikira produk dari luar, sebut saja HokBen, Silverqueen, Terry Palmer, Polygon, Eiger, J.Co, Krisbow, Paseo, dll. 

Nah, nggak nyangka kan kalo semua itu ternyata merk asli Indonesia? 

Jadi mulai sekarang yuk, cermati mana saja produk lokal asli Indonesia dan beli hanya produk hasil karya bangsa Indonesia untuk memperkuat ekonomi negara kita. 

Untuk media online lokal kita bisa kunjungi Beranda.co.id, situs berita online yang menyajikan banyak informasi mengenai dunia bisnis dan wirausaha bagi kaum muda Indonesia. 

Kita juga bisa menggali berita terkini dan analisis tentang perkembangan ekonomi nasional dan internasional, investasi, industri, teknologi, dan pasar keuangan. Ada juga tips, informasi gaya hidup sehat, olahraga, dan hiburan. 




0 Komentar