Langkah kecil untuk hari bumi

Selain peringatan hari Kartini, bulan April juga ada hari Bumi yang jatuh di tanggal 22. Hari Bumi diperingati untuk meningkatkan kesadaran dan mengadvokasi seputar masalah kerusakan lingkungan yang mengancam planet kita. 

Kita tidak mau kan mewariskan kerusakan bumi yang kian parah ke anak cucu kita? Oleh sebab itu, yuk lakukan perubahan dimulai dari langkah kecil untuk melindungi bumi dari kerusakan alam. 

5 Fakta tentang Hari Bumi

1. Hari Bumi dicanangkan pertama kalinya oleh Senator Gaylord Nelson, seorang pengajar di bidang disiplin ilmu lingkungan hidup

2. Hari Bumi dipicu oleh peristiwa tumpahnya minyak dalam jumlah besar di Santa Barbara, California yang mengundang keprihatinan para aktivis lingkungan

3. Baru di tahun 1990, kampanye soal kepedulian lingkungan menyebar secara internasional. Ada sekitar 200 juta di 141 negara berpartisipasi dalam melindungi lingkungan.

4. Ada lagu untuk Hari Bumi, salah satunya berjudul Earth Anthem yang ditulis tahun 2013 oleh penyair India, Abhay Kumar. Lagu itu sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa.

5. Hari Bumi telah memberikan inspirasi kepada jutaan orang di dunia untuk peduli lingkungan. Misalnya 100.000 orang di Cina pergi ke kantor dengan sepeda dan 28 juta pohon di tanam di Afganistan pada hari Bumi. 

Langkah Kecil yang Mulai Dilakukan untuk Hari Bumi 

1. Hemat Listrik

Mematikan lampu saat meninggalkan ruangan, tidak membiarkan charger tertancap terus. 

2. Bawa Botol Minum 

Membawa botol minum yang bisa dipakai ulang. Selain ramah lingkungan, hemat juga karena tak perlu membeli minuman saat bepergian.

3. Hemat Bahan Bakar 

Jalan kaki atau naik sepeda jika berbelanja ke pasar atau ke manapun jika jaraknya cukup dekat. 

4. Membawa kantong belanja sendiri

Bisa menghemat uang juga karena jumlah swalayan memberlakukan kantong kresek berbayar. 

5. Hemat Air

Menampung air hujan untuk menyiram tanaman dan membersihkan teras/halaman rumah. 

6. Penghijauan

Menanam pohon di halaman rumah.

7. Memilah sampah organik dan anorganik.

8. Mengurangi Sampah Makanan

Tidak belanja makanan berlebihan, memasak secukupnya, dan selalu habiskan makanan untuk menghindari adanya sampah makanan.

9. Mengurangi Potensi Sampah Plastik

Membawa tempat sendiri jika membeli makanan di warung.

10. Kurangi Pembelanjaan Barang

Mengurangi belanja fashion dan memakai baju yang sudah ada, bisa menjadi salah satu contoh. Menahan diri untuk tidak membeli ponsel baru jika ponsel yang ada masih bagus dan masih bisa untuk digunakan. 

Nah, itulah beberapa langkah kecil yang aku lakukan untuk mencintai Bumi. Mungkin daftarnya akan bertambah panjang seiring dengan waktu. Semoga langkah kecil ini bisa mencegah kerusakan bumi yang makin parah. 



0 Komentar