Penghasilan tambahan

Alasan mengapa wanita harus tetap produktif? 

Setelah menikah, seorang wanita bukan berarti kehilangan jati dirinya. Memang tugas istri dan menjadi ibu rumah tangga itu sering diremehkan. Padahal sebenarnya peran wanita dalam keluarga setelah menikah jadi sangat banyak.

Di rumah saja, bukan berarti seorang istri hanya mengerjakan kerjaan rumah dan menanti diberi uang gaji dari suami. Tidak! Kebanyakan ibu rumah tangga justru berpenghasilan tanpa harus meninggalkan sang buah hati.

Tentu asyik kan, tetap menjaga anak sambil terus berpenghasilan. Selain itu, bisa punya uang sendiri untuk membeli skincare tanpa mengurangi jatah belanja bulanan. Nilai plus-nya, bisa nambah tabungan.

Dan hal ini turun-temurun di dalam keluargaku. Di mana mama dan kakak perempuanku tetap produktif meski berprofesi menjadi ibu rumah tangga. Bahkan menjadi tulang punggung keluarga saat papa meninggal.

Seiring perkembangan teknologi, makin bertambah juga cara-cara bagaimana para ibu rumah tangga bisa tetap berpenghasilan. Ada banyak sekali cara menambah penghasilan dan bisa terus eksis berkarya.

Baca Juga: 7 Aplikasi Pengusir Kebosanan Sekaligus Menghasilkan 

Eksis Berkarya Meski Sudah Menikah 

Jadi alasan kenapa wanita harus tetap berpenghasilan walau sudah menikah, karena suatu waktu jika sang kepala keluarga tiba-tiba kehilangan pekerjaan, maka tetap ada pemasukan.

Yang kedua karena wanita perlu mengasah ketrampilan dan menggali bakat dalam bekerja. Wanita pun butuh pengakuan dan tidak mau dipandang sebelah mata oleh keluarga dari pihak pria.

Ada lho, wanita yang menikah dianggap cuma mau numpang hidup ke keluarga pria. Duh, jangan sampai dianggap begitu ya.

Ketiga, manusia butuh bekerja. Bukan melulu soal uang tapi karena Tuhan menciptakan manusia sedari semula adalah untuk mengelola bumi.

Salut juga jika melihat di pasar masih banyak nenek-nenek rajin berjualan. Meski anak-anaknya sudah dewasa dan mapan, tak membuat mereka berhenti untuk bekerja. Katanya jika tidak bekerja, badan sakit semua.

Mama saya juga demikian, walau sudah berumur 65 tahun tetap semangat membuka usaha makanan di rumah. Harusnya saya yang masih muda nggak boleh kalah semangat dengan mereka ya!

Ada juga lho Kompasianer atau blogger yang tetap menulis walau usianya sudah lanjut. Memang berkarya nggak mengenal batas usia.

15 Cara Menambah Penghasilan bagi Ibu Rumah Tangga dari Rumah 

Berikut ini adalah cara bagaimana menambah pemasukan untuk keluarga meski dilakukan dari rumah.

1. Membuka warung sembako 

Siapa yang tidak butuh sembako? Jika letak rumah cukup strategis bisa memulai buka warung kebutuhan sembako kecil-kecilan depan rumah.

Jangan berkecil hati jika rumah kurang strategis, karena banyak kok yang membuka warung di dalam gang sempit tapi tetap laris.

2. Agen Pulsa, Paket Data dan Tagihan

Jualan pulsa dan paket data juga cukup menguntungkan lho! Agar pembeli selalu datang kembali, ada baiknya menghapalkan promo paket data murah dari tiap provider. Karena kan pastinya konsumen juga butuh informasi yang tepat untuk kebutuhan datanya.

3. Usaha MLM 

MLM jika digeluti secara serius cukup menguntungkan. Meski agak menyita waktu untuk presentasi dan melakukan pertemuan tapi usaha MLM membuat skill berjualan makin terasah lho!

Beberapa tahun mengikuti MLM, saya jadi berani berbicara banyak dengan orang yang baru saya kenal.

4. Menerima Pesanan Kue Tart 

Cukup ahli membuat kue dan menghiasnya? Kenapa tidak menjadikan sebagai salah satu sumber pemasukan?

Baca Juga: Birthday Cake 6 Jam

5. Membuka Warung Makan

Sama seperti membuat kue, keahlian memasak dibutuhkan dalam pekerjaan ini. Buat yang pintar memasak, bisa banget membuka usaha warung di depan. Manfaatkan space kosong di depan atau samping rumah.

Buat seperti cafe juga jika memungkinkan, siapa tahu bisa menjadi besar kan?

Baca Juga: Kerennya Jadi Seorang Entrepreneur

6. Quiz Hunter dan Giveaway Hunter

Banyak sekali kuis dan giveaway yang bertebaran di media sosial. Kenapa tidak memanfaatkan akun medsos untuk mengikuti kuis?

Saya sendiri pernah memenangkan voucher pulsa, buku, kaos, flashdisk, uang elektronik, voucher menginap, sepatu dan voucher belanja dari giveaway.

7. Buzzer dan Influencer

Punya pengikut yang banyak di akun media sosial? Manfaatkan untuk mendaftar berbagai campaign di platform influencer seperti Revu, Partipost, Hiip, Tellscore, dll.

8. Program Afiliasi 

Mengikuti program afiliasi juga cukup menguntungkan. Cukup sebar kode referal atau pasang banner afiliasi di blog kamu bisa mendapat komisi penjualan. Jika ada transaksi yang terjadi di sebuah program afiliasi yang diikuti.

9. Peresensi Buku

Hobi baca buku dan suka berburu buku baru? Tulis dan kirimkan ke media cetak online maupun offline yang menerima resensi buku.

Cara mendapatkan alamat email cukup mudah, tinggal ketikkan kata kunci 'alamat email media yang menerima resensi buku'. Pasti keluar daftarnya.

Selain mendapat imbalan berupa uang tunai, kita bisa mendapat kiriman buku-buku terbaru dari para penerbit.

10. Penulis Cerpen atau Novelis

Menulis cerpen atau novel juga bisa dilakukan di rumah oleh ibu rumah tangga di sela-sela pekerjaan rumah.

Sama seperti resensi mengirimkan karya cerpen ke media atau novel ke penerbit bisa mendatangkan uang yang cukup lumayan.

Kuncinya tulis, kirim, lupakan. Begitu seterusnya.

11. Content Writer

Punya kemampuan menulis artikel dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing, bisa banget nih jadi content writer.

12. Blogger

Memiliki blog bisa banget mendatangkan penghasilan. Tulis artikel dan rajin update blog menjadi kunci agar blog bisa dilirik oleh brand untuk mengikuti campaign. Selain itu pendapatan dari iklan juga bisa mendatangkan sumber pendapatan pasif.

13. Pengisi Survey Online 

Ada banyak aplikasi survey yang tersedia di play store seperti Opinion World, SurveyOn, Nusaresearch, Toluna dll. Cari saja survey yang sesuai dengan profil dan yang mendapat ulasan positif terbanyak dari penggunanya.

Perlu diketahui bahwa mengisi survey butuh waktu dan kesabaran dalam mengumpulkan poin. Tapi usaha selalu sebanding dengan hasil kan?

14. Belanja Online Lewat ShopBack

Suka belanja online? Jangan lupa lewat ShopBack agar lebih hemat karena aplikasi ini menberikan cashback di tiap pembelanjaan online kita.

Perhatikan promo menarik yang ditawarkan dan tabung cashbacknya hingga bisa ditarik ke rekening atau pulsa. Asyik, kan?

15. Jualan Tanaman Hias

Suka berkebun? Bisa jadi sumber penghasilan juga lho! Mama saya suka menanam bunga, suatu hari ada yang melihatnya dan tertarik membelinya. Wah, jadi rejeki yang tidak disangka ya? 

Kalau serius ditekuni menanam tanaman hias atau bunga bisa menghasilkan uang tambahan juga. Istilahnya dari hobi bisa menghasilkan. 

Nah, itu tadi cara-cara menambah penghasilan bagi ibu rumah tangga dari rumah. Mungkin teman-teman punya cara-cara lain, boleh banget lho kalau dibagikan di kolom komentar. 

Semoga info tadi bermanfaat ya dan terima kasih sudah berkunjung 😇

6 Comments

  1. banyak sebetulnya ya semua tregantung kitanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kalo jeli dan mau melihat peluang ada banyak di sekitar kita.

      Delete
  2. Yang masih muda kayak aku juga nggak mau ketinggalan buat nambah pundi pundi tabungan, beberapa kegiatan diatas ada yang sudah dilakoni

    ReplyDelete
  3. Setuju mba, perempuan harus tetep produktif biarpun cuma di rumah. Bakal banyak ide yg bisa dikerjakan meski awalnya dari hobi.

    ReplyDelete
  4. Kayaknya buka warung sembako itu menarik juga ya, mama saya pernah buka warung sembako waktu kami kecil, lalu nggak lama kemudian tutup, habis dihutangin tetangga hahaha.

    Yang paling memungkinka buat saya jadi blogger :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.