Jumat, 26 Juli 2019

Insto Dry Eyes, Solusi untuk Atasi Mata Kering

Insto Dry Eyes (dokumen pribadi)

"Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu," Matius 6: 22.

Pengalaman Mata Sepet, Pegel dan Perih


"Wah, luar biasa mba Yus bisa menyelesaikan 30 hari nulis blog," begitu kata teman-teman blogger yang mengetahui saya sudah menyelesaikan tantangan menulis selama 30 hari menulis blog.

"Iya, mbak. Puji Tuhan saya bisa menyelesaikannya," jawab saya sambil tersenyum senang.

Saya memang sangat bersyukur sudah menyelesaikan tantangan itu sebanyak dua kali, tapi waktu pertama kali ikut, duh, rasanya pengen nangis terus. Gimana enggak? Selain harus cari ide buat nulis tiap harinya, saya juga harus bergelut dengan masalah mata lelah, sepet, pegel dan perih. Rasanya hampir menyerah ketika sudah mulai masuk hari ke-15. Tapi saya nggak mau menyerah dan berhenti dengan apa yang sudah saya mulai.

Tekad kuat untuk menyelesaikan satu blog per hari terus ditanamkan meski mata ini rasanya sudah mulai tidak ada air matanya dan seperti berpasir. Selain itu, saya juga merasakan sakit di pelupuk mata dan sedikit pusing bila melihat layar komputer. Melihat saya seperti itu, suami menyarankan agar mengistirahatkan mata dan menetesi dengan obat tetes mata, Insto Dry Eyes. Kata suami, saya terkena gejala mata kering-SP2 alias Sepet, Pegel dan Perih. Dia juga sering mengalami kalau sedang banyak kerjaan di kantor yang mengharuskan untuk menatap layar komputer dalam waktu yang lama.

Setelah ditetesi dengan Insto Dry Eyes, mata saya terasa lebih nyaman. Tetapi karena daftar tugas ngeblog masih banyak, saya harus menyiasatinya dengan sering-sering beristirahat agar tidak terulang lagi. Dan di tantangan yang kedua menulis blog 30 hari, saya sudah terbebas dari masalah mata sepet, pegel dan perih.

Saya memang suka membaca dan menulis sejak kecil. Berlama-lama di perpustakaan sudah jadi kebiasaanku. Bisa dipastikan setelah keluar dari sana, mata saya pasti sepet, pegel dan perih. Yang sama-sama hobi membaca juga tahu hal ini, kan? He, he. Kadang pandangan saya juga buram jika beralih dari buku ke arah lain dalam jarak pandang yang jauh.

Mata sepet, pegel, perih juga kerap dirasakan ketika dalam perjalanan naik kereta api dari Jogja ke Purwokerto. Selama kurang lebih 3 jam saya harus berada dalam ruangan AC sambil melihat smartphone atau membaca. Capek dong mata saya. Tapi mau gimana lagi? Kalo dalam perjalanan sendirian seperti itu kan sangat bosan jika tidak ada aktivitas sama sekali.

Belum lagi aktivitas saya sebagai seorang blogger dan influencer yang mengharuskan saya untuk melototin layar komputer dan smartphone nyaris seharian. Mengalami mata pegel, mata sepet dan perih sering sekali saya alami. Syukurlah sekarang saya sudah selalu sedia Insto Dry Eyes yang dapat mengatasi penyakit mata kering.

Penyebab Mata Kering


Aktivitas ikut seminar seharian gini juga bikin mata kering (dokumen pribadi)

Penyakit mata kering atau yang kerap kali disebut Keratoconjunctivitis Sicca atau Sindrom Mata Kering lebih banyak dialami oleh wanita dibandingkan dengan pria. Faktor usia juga memengaruhi seseorang sering mengalami penyakit ini. Penyebabnya karena kurangnya pelumasan yang memadai dari air mata sehingga mata tidak bisa membersihkan diri jika ada kotoran atau benda asing yang masuk.

Penyebab mata kering antara lain:

1. Perubahan hormon terutama pada wanita hamil, wanita menopause dan penggunaan pil KB.
2. Proses penuaan yang menyebabkan produktivitas air mata berkurang.
3. Kondisi medis seseorang yang mengidap penyakit Diabetes, arthritis rematoid, Lupus, Scleroderma, Sindrom Sjogren, gangguan Tiroid, defisiensi vitamin A dan alergi.
4. Efek samping yang ditimbulkan dari konsumsi obat-obatan antihistamin, obat jerawat yang diminum, obat Parkinson dan obat Hipertensi.
5. Aktivitas menatap layar komputer dan gadget
6. Lingkungan yang berdebu
7. Faktor cuaca dingin dan ruangan ber-AC

3 Gejala Mata Kering:

1. Mata Sepet
2. Mata Pegel
3. Mata Perih

Cara Mengatasi Mata Kering

1. Jangan menggosok mata karena akan memperburuk kondisi mata kering
2. Sering berkedip jika sedang beraktivitas menggunakan komputer atau gadget.
3. Minum air putih dan asupan makanan mengandung lemak omega-3 yang membantu mata lebih sehat seperti Ikan Cod, Makarel dan Tuna.
4. Gunakan kacamata pelindung saat berada di lingkungan yang berdebu.
5. Jangan terlalu lama diam dalam ruangan AC.
6. Memakai obat tetes mata Insto Dry Eyes.


Si Mungil yang siap sedia di tas (dokumen pribadi)

Ukuran Insto Dry Eyes ini cukup mungil yaitu 7,5 ml sehingga bisa dibawa kemana-mana dalam tas. Harganya juga cukup murah Rp. 14.600 saja di minimarket terdekat. Jadi nggak ada alasan lagi mandeg ngeblog gara-gara mata kering, mata sepet, mata pegel, mata perih dan mata lelah. Atasi dengan Insto Dry Eyes khusus untuk mata kering.

Buka Mata, Buka Insto katakan "Bye Mata Kering!"





10 komentar:

  1. Aku juga matanya sering panas di depan laptop. Belum lagi selaku stay Jogja Wonosari naik motor, kebayang gimana rasanya ini mata. Cukup membantu

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah dapat info solusi mata kering. Aku seringnya kalau pas begadang di depan layar laptop atau di ruangan berAC suka kering matanya

    BalasHapus
  3. Kalau minggu lalu mataku meraaah tapi enggak kering enggak gatal. Itu knapa, ya?

    BalasHapus
  4. Sudah siap sedia di kotak obat setiap saat. Pilihan keluarga wes dari dulu

    BalasHapus
  5. BRB Besok beli inso ah..
    kerja di kantor harus sering natap layar laptop jadi PR banget nih urusan mata, takut mata capek dan bikin efek gak bagus.
    Makasih infonyaa mba

    BalasHapus
  6. blogwalking, vlogwalking, gak kerasaaa beberapa jam mata berkutat depan laptop, berasalah keringgg pedessss

    BalasHapus
  7. Aku juga sering ngerasa mata perih pedes gitu. Ternyata karena mata kita kering ya. Baru tahu

    BalasHapus
  8. Akhir-akhir ini aku sangat terganggu dengan keluhan SP2 khususnya pada mata kiriku. Mungkin efek dari kerja di ruangan ber AC dengan seharian menatap layar laptop. Solusinya? Sama, tetes mata.

    BalasHapus
  9. Aku kemarin juga mengalami ini, ketika mata saya paksa untuk bekerja maraton secara terus menerus. Untungnya itu sudah berlalu dan saya sudah punya senjata untuk mengatasinya. Yakni insto dry eyes ini..

    BalasHapus
  10. Aku pun begitu, Mbak. Mata rasanya lelah karena terlalu lama di depan komputer. Kalau aku biasanya makan sayur daun Kelor biar mataku nggak sakit nggak lelah. Kalau mataku kemerahan biasanya aku langsung tetesin Insto ke mataku agar mataku nggak merah lagi.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.