Resep nasi kebuli


Hai Sobat Catatan Yustrini, pasti kita sering mendengar Nasi Kebuli ya? Mungkin kita menyangka bahwa hidangan ini adalah kuliner yang berasal dari Timur Tengah atau Arab. Padahal Nasi Kebuli ini merupakan kuliner Indonesia yang populer di kalangan warga Betawi dan warga keturunan Arab di Indonesia. 

Citarasanya memang terpengaruh dari masakan Timur Tengah dengan metode memasak dan bumbu mirip  Nasi Biryani, masakan India. 

Nasi Kebuli biasa disajikan pada saat hari raya Idul Fitri, Idul Adha dan acara khusus seperti aqiqah dan khitanan. Hadir bersama acar nanas dan sambal goreng hati tentu membuat selera makan kita jadi meningkat. 

Sudah kebayang bukan lezatnya Nasi Kebuli yang dipadu dengan rempah-rempah, minyak samin, santan, kaldu kambing dan juga daging kambing? Jangan lupa juga taburi kurma dan kismis biar makin sedap. 

Kamu juga bisa lho membuat Nasi Kebuli ini, jadi lebih praktis dan tetap lezat dengan Bumbu Nasi Kebuli dari Cairo Food. 

Masak Nasi Kebuli Praktis dengan Bumbu Kebuli Cairo Food 

Ingin bikin Nasi Kebuli tapi nggak punya waktu buat meracik bumbu-bumbu rempah yang banyak? Tenang, kini ada Bumbu Kebuli Cairo Food. Masak Nasi Kebuli buat pemula pasti bisa, cukup ikuti petunjuk resep dan sediakan bumbu dari Cairo Food, dijamin enak deh! 

Oya, ada 2 versi Bumbu Nasi Kebuli, yaitu Original dan Aromatic. Yang original bisa dipakai untuk memasak nasi goreng kebuli dan juga bumbu kuah marak. Sedangkan yang aromatic ini memiliki rasa dan wangi lebih harum cocok untuk membuat Nasi Kebuli saja. 

Keunggulan dan Kelebihan Bumbu Kebuli Cairo Food 

Bumbu Nasi Kebuli Cairo Food dibuat di Indonesia dan sudah pasti halal terdaftar di LPPOM-00060135201221. Mengandung komposisi kayu manis, biji kelabat, bunga lawang, biji ketumbar, cumin, biji pala, lada hitam, cengkeh, lengkuas, jahe putih, serai, kapulaga putih, daun salam, kapulaga hijau, daun jeruk purut, beras, caraway dan kunyit kuning. 

Kelebihan produk ini adalah tanpa pengawet, tanpa MSG, tanpa pewarna, anti kempal alami, tanpa campuran buatan, vegan, tanpa garam dan tanpa gula. Dengan masa kadaluarsa 18-24 bulan tergantung penyimpanan. 

Sebaiknya sih, kalo belum habis simpan di freezer, atau letakkan di wadah yang rapat. 

Berkenalan dengan Cairo Food 

Berdiri di tahun 2013 oleh seorang ibu yang ingin mengenalkan makanan Mesir dan Arab dj Indonesia. Cairo Food perlahan mulai diwariskan ke anaknya dan bertumbuh menjadi perusahaan yang berfokus memproduksi rempah dan bumbu. Kini tak cuma memproduksi bumbu khas Arab saja, sudah ada ratusan koleksi bumbu dari mancanegara diproduksi oleh Cairo Food.

Cairo Food telah dipercaya menjadi vendor dan supplier makanan Timur Tengah, Arab, India, Turki dan Internasional. Dengan misi terus mengembangkan bumbu dari seluruh penjuru dunia dengan bahan yang sehat dan otentik, Cairo Food menyediakan berbagai macam bumbu rempah, frozen food, makanan dan minuman di hotel-hotel, catering, cafe dan usaha kuliner lainnya. 


Resep Nasi Kebuli dengan Bumbu Nasi Kebuli Cairo Food 

Bumbu kebuli Cairo Food



Buat kamu yang penasaran ingin membuat Nasi Kebuli, yuk simak resep berikut ini! 

Bahan: 

1 kg daging kambing 
1 kg beras Basmati atau beras lokal (long grain) 
5 buah tomat merah, haluskan
1 siung bawang bombai, cincang
100 ml santan kental
100 ml susu full cream cair 
1 liter air 
2 sdm minyak samin atau bisa diganti margarin
garam, gula secukupnya 
Minyak untuk menggoreng daging 
Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food 

Bumbu cemplung: 

2 batang kayu manis
6 batang cengkeh
10 biji kapulaga utuh
2 batang serai 
3 buah cabe hijau besar
5 lembar daun salam/daun kari
Bumbu cemplung ini bisa diganti dengan bumbu Baharat Karim Cairo Food. 

Pelengkap: 

Kismis ditumis sebentar
Kenari goreng
Bawang goreng
Bawang putih goreng

Cara membuat: 

1. Cuci dan rendam beras basmati sebelum dimasak selama 20 menit

2. Tumis bawang bombai hingga harum, masukkan bumbu kebuli Cairo Food. 

3. Masukkan tomat yang sudah dihaluskan dan juga bumbu cemplung. Tumis hingga air dari tomat menyusut. 

4. Masukkan daging ke dalam tumisan dan aduk hingga berubah warna

5. Masukkan air, susu dan santan, tambah gula garam sesuai selera. Masak hingga daging kambing empuk. Angkat daging dan goreng. 

6. Masak beras dengan cara dikukus selama 10 menit. Angkat dan taruh dalam wadah tertutup. Sisihkan. 

7. Panaskan kuah tadi hingga mendidih, lalu tuang ke atas beras yang sudah dikukus. Sesuaikan air untuk membuat nasi aron. 

8. Aduk rata dan tutup selama 10 menit. 

9. Kukus nasi hingga matang 

10. Setelah nasi matang, angkat dan taburi dengan kismis, kenari, bawang goreng dan bawang putih goreng. 

Bisa dibeli di mana? 

Bumbu kebuli Cairo Food memang praktis dan memudahkan kita memasak nasi kebuli yang memiliki bumbu kaya rempah. Kita pun bisa mendapatkan rasa nasi kebuli yang tak kalah dengan makan di restoran. 

Stt, ternyata untuk membeli Bumbu Nasi Kebuli Cairo Food ini sangat mudah lho! Tinggal beli di Lulu hypermart, Hero, Rita SuperMall atau beli secara online di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Sayurbox. Melalui website resmi di https://cairofood.id. Bisa juga via Whatsapp ke +6281218222610 atau di reseller lainnya. 


1 Komentar

  1. Kayanya mantap nih hasilnya. Mau cari bumbunya ah dan coba resepnya. Terima kasih sudah berbagi.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.