Cara membuka bisnis di luar negeri

Banyaknya jenis bisnis yang muncul, mungkin membuat kamu tertarik untuk mengembangkan bisnis di luar negeri. Namun, sebelum itu kamu harus tahu dulu cara membuka bisnis di luar negeri agar bisnis yang kamu jalankan sukses. 

Serba-serbi Bisnis Orang Indonesia di Luar Negeri

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk membuka bisnis di luar negeri. Termasuk mengurus beberapa dokumen penting agar bisnis bisa berkembang dengan baik.

Namun, untuk masalah keuangan bisnis bisa kamu percayakan kepada Spenmo Indonesia. Segala kemudahan dalam bertransaksi dan mengelola keuangan tersedia di sini.

Tidak sedikit orang Indonesia yang membuka bisnis di luar negeri. Banyak faktor yang mendorong mereka memutuskan untuk bisa mengadu peruntungan di luar negeri. 

Meskipun banyak dari mereka yang sukses, namun tidak sedikit pula yang kembali pulang dengan tangan hampa.

Beberapa dari orang Indonesia yang berhasil membuka bisnis di luar negeri biasanya memiliki usaha yang menonjolkan keunikan dan ciri khas yang susah di temukan di negara tersebut, seperti bisnis kuliner khas Indonesia, bahan-bahan alam hingga kerajinan khas Indonesia

Cara Membuka Bisnis di Luar Negeri

Usaha di luar negeri

Bagi kamu yang sudah bertekad mencoba peruntungan bisnis di luar negeri, cobalah menerapkan cara-cara berikut.

1. Melakukan perencanaan yang matang

Dalam bisnis, tidak bisa hanya bermodalkan tekad dan keinginan yang kuat saja, apalagi jika bisnis yang ingin kamu lakukan akan bertempat di luar negeri. 

Banyak hal yang harus kamu persiapkan. Cara pertama membuka bisnis di luar negeri adalah dengan melakukan perencanaan yang matang.

Banyak pebisnis yang gagal dalam bisnis karena kurangnya perencanaan. Perencanaan bisnis ini mencakup banyak komponen seperti bagaimana kamu akan merealisasikan ide bisnis, memastikan regulasi bisnis terpenuhi, persiapan produk yang matang, hingga pembentukan tim bisnis yang solid.

2. Mencari tahu potensi pasar di luar negeri

Cara membuka bisnis berikutnya adalah dengan mencari potensi pasar di luar negeri. Kamu tidak bisa menyamakan pasar Indonesia dengan luar negeri. Banyak faktor yang mempengaruhi seperti budaya, kondisi negara, tingkat ekonomi hingga trend seperti apa yang sedang berkembang di sana.

Walaupun kamu memiliki bisnis yang sudah sukses di Indonesia, namun tidak serta merta produk bisnis kamu akan langsung bisa diterima di pasar luar negeri. 

Jadi, kamu harus melakukan berbagai riset dulu mengenai potensi pasar di negara yang kamu tuju.

3. Perhitungkan kemungkinan keuntungan dan kerugian

Cara berikut ini memang membutuhkan ketelitian. Ini berlaku bagi semua jenis bisnis yang akan kamu jalankan. 

Cobalah melakukan perhitungan untuk segala kemungkinan bisnis seperti keuntungan hingga kerugian.

Membuka bisnis di negara yang sangat berbeda dengan tempat kamu dibesarkan tentulah merupakan tantangan tersendiri. 

Ketika membuka bisnis di Indonesia, kamu sudah sangat paham bagaimana pasar Indonesia dan bagaimana kemungkinan laba yang bisa kamu dapatkan.

Namun,  ketika membuka bisnis di luar negeri mungkin keuntungannya bisa di atas ekspektasi kamu, tetapi kemungkinan kerugian yang dialami juga bisa di luar bayangan kamu. 

Untuk menghindari kerugian, analisa memang sangat diperlukan. Coba lakukan analisa untung dan rugi berdasarkan kondisi pasar negara tersebut.

4. Carilah partner untuk bekerjasama di luar negeri

Mencari partner bisnis di luar negeri juga bisa menjadi cara yang ampuh untuk membantu kamu membuka bisnis di sana. Sangat disarankan kamu memiliki rekan yang berkewarganegaraan sana untuk menjadi mitra yang solid dalam berbisnis.

Hal ini diperlukan mengingat mereka pasti jauh lebih memahami mengenai kondisi masyarakat dan pasar di sana. Selain itu, mereka juga mempunyai legalitas dan bisa membantu mengurus persyaratan hukum bisnis kamu di sana.

5. Cari tahu regulasi hukum di luar negeri

Dalam segala hal, peraturan hukum setiap negara berbeda-beda termasuk peraturan dalam berbisnis. 

Peraturan yang berlaku di Indonesia akan berbeda dengan peraturan di Eropa. Jika kamu ingin rencana bisnis di luar negeri kamu lancar, cari tahu dan pelajari regulasi hukum di negara yang kamu tuju.

Apa yang diperbolehkan dan apa yang menjadi larangan pada suatu negara haruslah menjadi perhatian kamu. 

Setiap tindakan akan mendatangkan konsekuensi nantinya. Kamu bisa membaca undang-undang negara tersebut atau bisa meminta ahli untuk menjelaskannya kepada kamu.

6. Pahami karakter dan budaya masyarakat setempat

Pepatah di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung sangat cocok untuk kamu yang akan membuka bisnis di luar negeri. Sudah sepatutnya kamu memahami karakter dan budaya yang berlaku di sana.

Dengan memahami karakter masyarakat setempat, kamu bisa tahu bagaimana strategi yang tepat untuk memasarkan produk agar mendapatkan keuntungan maksimal. 

Selain itu, jika kamu berniat untuk tinggal di sana, hal ini bisa membuat kamu menjadi lebih cepat beradaptasi.

7. Persiapkan mental dan fisik

Cara membuka bisnis di luar negeri selanjutnya adalah mempersiapkan fisik dan mental kamu. Membuka bisnis di luar negeri dan di dalam negeri akan sangat berbeda.

Segala macam bentuk perbedaan antara Indonesia dengan negara yang kamu tuju, membuat kamu harus bisa beradaptasi secara mental dan fisik. 

Jika tempat yang kamu tuju adalah negeri empat musim, maka fisik kamu harus siap menerima segala perubahan.

Selain iklim dan budaya, kondisi bisnis di sana akan sangat berbeda, di mana tipe pasar luar negeri sangat mementingkan kualitas dan kesempurnaan. 

Kamu harus bisa menyediakan produk yang benar-benar bisa memenuhi ekspektasi mereka agar bisa diterima.

8. Persiapkan pengelolaan keuangan di luar negeri

Last but not least, mengelola keuangan bisnis yang kamu jalankan di luar negeri juga sama pentingnya dengan persiapan lainnya. Caranya, buatlah tim yang bisa mengelola keuangan bisnis kamu dengan baik.

Jika bisnis luar negeri kamu masih terkoneksi dengan Indonesia, di mana untuk segala macam pembayaran nantinya akan berkoordinasi dari dalam dan luar negeri, maka kamu bisa menggunakan aplikasi untuk transfer uang seperti Spenmo sebagai solusi keuangan bisnis kamu.

Cara menggunakan aplikasi untuk transfer uang ini sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengunggah invoice jika akan membayarkan tagihan. Untuk nilai mata uang yang berbeda, kamu bisa menggunakan kalkulator nilai tukar mata uang asing yang juga tersedia di dashboard aplikasi.

Demikianlah pembahasan mengenai cara-cara yang harus kamu lakukan untuk membuka bisnis di luar negeri. Semoga pembahasan cara membuka bisnis di luar negeri tersebut benar-benar bisa bermanfaat buat kamu!



0 Komentar