Manfaat permainan online


Bermain game online sangat mengasyikkan. Siapa yang setuju dengan pernyataan itu? Aku mengakui bahwa bermain game online begitu menyenangkan, bahkan sampai membuat kita lupa dengan hal-hal penting yang harus dikerjakan. 

Wah, itu sih dampak negatifnya ya! Yup, kita biasanya selalu berpikir bahwa game online adalah kegiatan yang tak berguna. Padahal jika ditelisik game online punya banyak manfaat lho! 

Yuk, simak apa saja manfaat dari bermain game online! 

5 Manfaat Bermain Game Online 

Game online bermanfaat

1. Belajar Kosakata dalam Bahasa Asing 

Manfaat bermain game online yang pertama yang jarang disadari adalah menambah kosakata dalam bahasa asing. Hal ini yang dialami oleh keponakanku. 

Karena kegemarannya bermain game online, ia bisa menguasai banyak kosakata dalam bahasa Inggris. Biasanya game online menulis petunjuk atau aturan permainan dalam bahasa Inggris. 

Mau tidak mau dia harus belajar menerjemahkannya ke dalam bahasanya sendiri. Entah dengan cara tanya sama orang tuanya atau buka kamus. Lama-lama ia pun memiliki perbendaharaan kata yang banyak dalam bahasa Inggris dan bisa menyusun kalimat dengan baik. 


2. Melatih Kecerdasan Otak 

Selain menambah kosakata baru dalam bahasa asing, bermain game ternyata dapat melatih kecerdasan otak. 

Dengan bermain game online, kita diharuskan untuk memecahkan permasalahan atau merancang strategi. Sehingga kinerja otak makin bertambah. Kita juga dipaksa untuk belajar ilmu baru dalam waktu yang singkat. 

Jika otak dilatih terus-menerus maka kecerdasan otak juga akan meningkat. 


3. Mengusir Rasa Stress

Bermain game online juga dapat menurunkan tingkat stress akibat pekerjaan sehari-hari. Suamiku selalu menyempatkan diri sepulang kerja bermain game online sebentar. 

Aku sendiri juga kerap bermain game online ketika sedang bosan dengan pekerjaan di rumah. Hasilnya pikiranku jadi lebih segar setelah memainkan game online. 

Stress berkurang juga bisa meningkatkan imun tubuh dan menjaga kesehatan mental dalam masa pandemi seperti sekarang. 


4. Meningkatkan Fokus

Bila diperhatikan setiap pemain game online pasti akan sangat fokus selagi bermain. Sedikit saja kita tidak berkonsentrasi, maka kita bisa salah strategi, diserang lawan atau ditembak mati.

Dengan demikian bermain game online membuat kita berlatih untuk lebih fokus terhadap sesuatu. Selain itu, bisa membuat kita bernostalgia ke masa kecil saat memainkan permainan yang sama. Banyak banget game online yang mengadaptasi game-game zaman dulu. 


5. Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah 

Meski terlihat mudah, diperlukan strategi atau kreativitas untuk menyelesaikan misi pada suatu level tertentu. Dan nggak semua orang bisa berhasil melewati level tertentu.

Semakin sering seseorang memainkan sebuah permainan, makin meningkat juga kemampuannya dalam menyelesaikan masalah. Hal ini bisa juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Kalo kata suami, bermain game online bikin kita seperti sedang belajar memecahkan permasalahan kehidupan. Kadang strategi yang dibuat bisa berhasil memecahkan masalah, atau malah makin menambah rumit. Kadang ada keberuntungan yang menghampiri sehingga kita bisa keluar dari permasalahan. 

Wow, ternyata cukup banyak ya manfaat yang bisa diambil dari bermain game online ini! 


Pilihan Games Online untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Asing

Belakangan aku menemukan situs menarik di mana kita dapat bermain games online sekaligus meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Situs itu adalah Solitaire. Ada banyak macam games online di sana, beberapa yang aku sudah mainkan adalah: 


1. Crossword

Game online gratis

Games online yang satu ini merupakan permainan TTS namun versi online. Kita juga bisa mencetaknya agar bisa mengerjakan TTS seperti mengisi di koran atau majalah. 

Selain bisa fokus mencari jawaban, kita juga bisa menghemat data atau merasakan sensasi mengisi TTS secara manual. 

Crossword ini bakalan mengasah pengetahuan kita sekaligus menambah kosakata dalam bahasa Inggris.

2. Wordoku

Manfaat bermain game

Terlihat dari namanya, permainan online ini mirip sudoku di mana kita harus mengisi kolom-kolom dan baris dengan huruf. 

Ada beberapa level yang tersedia, tentunya makin ke atas makin sulit. Tantangan di Wordoku ini adalah kita tidak boleh memasukan huruf yang sama dalam kolom atau baris.

Aku cukup lama menyelesaikan satu level pertama wordoku, butuh konsentrasi tinggi nih! 


3. Scramble

Scramble game

Games ini tak kalah seru. Kita berpacu dengan waktu yang terbatas untuk menyusun huruf menjadi sebuah kata dalam bahasa Inggris. Panjang kata terdiri mulai dari 3 hingga 10 huruf. 

Meski kelihatan mudah, namun diperlukan konsentrasi untuk menyusun huruf. Kita melatih kecermatan juga dalam mengeja kata, kalo salah ambil huruf maka jawaban akan dihitung salah. Kerumitan semakin terasa ketika huruf-huruf yang keluar makin banyak. Dan kita dikejar waktu yang makin menipis. 


4. Letter Logic 

Letter logic

Permainan Letter Logic ini mirip dengan TTS hanya di sini tugas kita adalah memasukkan kata atau istilah dalam bahasa Inggris ke kolom-kolom yang tersedia. Jangan sampai keliru satu huruf pun, karena bakal bikin kacau penempatan kata yang berikutnya. 


Kelebihan Solitaire sebagai Game Online: 

1. Dapat dimainkan di website baik melalui smartphone maupun laptop

2. Gratis, kita hanya perlu koneksi internet yang stabil dan perangkat yang memadai

3. Banyak variasi games yang bisa dimainkan

4. Dapat diprint atau dicetak agar lebih mudah dalam menyelesaikan soal

5. Tak perlu membuat akun jadi lebih praktis

6. Permainan selalu baru setiap harinya

7. Tersedia dalam beberapa bahasa Inggris, jadi kita bisa sekalian belajar bahasa Inggris sambil bermain


Dibalik kelebihan, aku juga menemukan kekurangan dari games online ini yaitu suara yang jadi backsound agak menyeramkan. Dan di beberapa permainan, agak sulit dimainkan dengan smartphone. Tapi dua hal ini tidak mengurangi keasyikan dalam bermain  karena ada fitur silent dan masih punya jenis permainan lain yang dapat dimainkan. 

Nah, apakah kamu tertarik bermain games online setelah mengetahui manfaat yang tersembunyi di baliknya? 




6 Komentar

  1. Ya ampun jadi inget scramble aku, mbak. Dulu belum ada scramble online. Dan bermain bersama kakak dan alm bapak jadi lebih menyenangkan.

    BalasHapus
  2. Yesss betul banget nah suamiku hobbynya game sejak kuliah dari game juga dia bisa terjun di dunia IT, kalau stress karena kerjaan pelariannya ngegame

    BalasHapus
  3. Games yang disebutkan di atas itu jenis games baru ya? Belum pernah nyoba. Solitaire yang udah pernah. Dulu sering banget main itu, dari zaman sekolah. Trus mining, dll. Solitaire itu juga menantang banget asah otaknya.

    BalasHapus
  4. Game memang ada negatifnya, tapi banyak benefitnya, makanya harus bijak dan memahami...
    Game online zaman now identik dengan smartphone, karena mobile dan praktis dibawa kemana-mana. Semoga cepetan ada apalikasinya ya biar bisa main dimana pun...

    BalasHapus
  5. Aku belajar bahasa Inggris juga karena main game hehe dulu pernah main crossword juga , jadi pingin main lagi

    BalasHapus
  6. setujuu, dengan main game berbahasa asing, otomatis aku jadi belajar kosakata baru. misalkan ada kata-kata yang nggak aku ngerti, langsung buka kamus.
    maklum sekarang jarang pake bahasa inggris, jadi vocab juga udah lupa lupa ingat gitu :D

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.