Aplikasi belajar

Siapa sih yang nggak sedih kalo pandemi seperti ini terus berlanjut? Nggak terasa sudah setahun lebih anak-anak belajar daring atau PJJ di rumah. Tingginya kasus penularan COVID-19 saat ini memaksa pemerintah Indonesia kembali menerapkan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).


Mau tidak mau rencana Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang rencananya akan dimulai pada ajaran baru nanti ditunda. Artinya keluhan panjang para orang tua berlanjut hingga tahun ajaran berikutnya. 


Syukurlah sekarang ada aplikasi belajar online terbaik, Ruangguru yang membantu meringankan beban orang tua dalam pendidikan putra-putrinya. Seperti apa menariknya aplikasi ini? Yuk, simak ulasanku! 


Ruangguru, Solusi bagi Para Orang Tua Saat Anak PJJ 

Ruangbelajar

Aku sendiri kerap mendengar ada banyak orang tua yang mengeluh ketika anaknya harus belajar online di rumah. Mulai dari bertambahnya kesibukan orang tua hingga biaya kuota yang dikeluarkan. 


"Mendingan jadi tukang antar-jemput sih daripada harus ikut ngerjain tugas dan jadi guru dadakan," keluh salah seorang teman. 

"Hampir tiap hari aku sama anakku ribut terus gara-gara ngerjain tugas dari guru," ini keluhan temanku yang lain. 


Bisa dibayangkan, jika selama ini kesibukan ibu rumah tangga hanya sebatas membangunkan anak, siapin sarapan lalu mengantar anak ke sekolah kini tugasnya jadi bertambah lagi, yaitu ikut ngerjain PR. Belum lagi ketidakpahaman anak dalam menyerap pelajaran. Dan minimnya pengetahuan orang tua memaksa anak mencari jawaban di internet lalu akhirnya hanya copy paste. 


Masalah bakal bertambah, saat mempunyai anak-anak dengan tingkat pendidikan yang berbeda. Misal, si kakak SMA sedangkan si adik masih SD. Pelajarannya pasti jadi jauh berbeda. 


Menghadirkan guru les sebagai pendamping belajar ke rumah di masa sekarang juga bukan pilihan yang tepat. Karena bisa menimbulkan resiko kesehatan. Tapi pendidikan sangatlah penting agar anak nantinya memperoleh masa depan yang lebih cemerlang. 


Rupanya Ruangguru sudah mengetahui berbagai persoalan yang dihadapi oleh orangtua dan anak selama PJJ berlangsung. Tak hanya menghadirkan materi pembelajaran. Aplikasi belajar online yang telah berdiri sejak tahun 2014, juga menghadirkan fitur-fitur keren yang membuat anak betah belajar. 


Pastinya aplikasi belajar bentukan Adamas Belva Syah Devara dan Muhammad Imam Usman ini, akan memberikan video pembelajaran yang interaktif dan atraktif. Jadi anak nggak akan bosan lagi. 


Ruangbelajar by Ruangguru

Aplikasi belajar online

Di era digital seperti saat ini, kemajuan teknologi berjalan begitu pesat. Salah satu langkah agar anak tidak ketinggalan pelajaran adalah dengan mengikuti les atau pelajaran tambahan di luar sekolah. 


Rasanya sudah sejak dulu, les memang jadi bikin anak berprestasi lebih unggul. Namun kadang anak jadi bosan karena kurang cocok dengan sistem pembelajarannya. Hal ini bisa menyebabkan motivasi anak dalam belajar menjadi berkurang. 


Di aplikasi Ruangguru, ada fitur yang bernama Ruangbelajar. Fitur ini merupakan terobosan dalam bidang pendidikan dan perkembangan teknologi belajar. 


Dilengkapi dengan fitur-fitur menarik, seperti Ruangguru PET, Ruangguru Adventure, Jadwal Belajar, Asah Otak, Animasi Dafa & Lulu, serta fitur baru yang akan rilis di bulan Juli, sehingga murid jadi merasa tertarik dan gembira saat belajar. 


Fitur-fitur Ruangbelajar yang Baru Dirilis Juli 2021

Menghadapi tahun ajaran baru, Ruangbelajar menghadirkan fitur terbaru di bulan Juli. Adapun fitur-fitur tersebut adalah: 

Layanan belajar online terbaik

Adapto 

Fitur ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan kecepatan belajar mereka sendiri dan memastikan mereka mampu memahami materi sebelum lanjut ke bagian berikutnya. 

Kedua, siswa dapat didorong untuk belajar lebih banyak dalam satu sesi dengan pengalaman belajar yang lancar, berkelanjutan dan imersif.

Dengan mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video membuat pelajaran jauh lebih interaktif dengan mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya. Sehingga siswa dapat memilih sendiri materi belajarnya. 


Rencana Belajar/Playlist Belajar 

Fitur ini mempermudah siswa untuk melanjutkan video/materi pembelajaran tanpa harus mengulangi dari awal. 

Tujuannya agar siswa menjadi lebih disiplin untuk meneruskan konten apa yang akan mereka pelajari tiap minggunya. Memberi rencana belajar pada para penggunanya sesuai timeline dan kebutuhan di sekolah. Juga memberi cara yang lebih mudah untuk menyimpan misi belajar yang harus diselesaikan. 


Subtitle Video 

Dengan menonton video yang disertai transkrip membuat siswa lebih mudah memahami materi tanpa melewatkan poin penting. 


Fitur Pencarian 

Ruangbelajar dilengkapi dengan fitur pencarian sehingga siswa dapat menemukan materi belajar lebih cepat. 


Pet Mission 

Tak cuma belajar, siswa juga diberikan misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jadi sambil belajar mereka juga diajak bermain game online sehingga lebih semangat belajar. 


Tes Minat Bakat 

Tes minat merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC. Tujuan tes ini untuk membantu memilih tujuan karier, mengukur kemampuan deduktif, aritmatika, spasial, induktif dan reasoning. 


Dengan tes minat dan bakat ini, siswa jadi lebih mudah memilih jurusan sesuai dengan minat yang didukung oleh bakat yang dimiliki. 


Kelebihan Menggunakan Ruangbelajar by Ruangguru

- Materi pembelajaran terlengkap, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK.

- Tersedia puluhan ribu video animasi dan latihan soal yang membuat anak-anak jadi semangat belajar.

- Harga Ruangbelajar yang sangat terjangkau dan lebih murah dibanding dengan aplikasi belajar online serupa.

- Bisa diakses secara offline. Kita bisa mengunduh video atau materi pembelajaran lalu bisa dibuka kembali saat offline. Tentunya hal ini akan sangat menghemat data dan membantu siswa untuk terus belajar saat tidak ada sinyal sekalipun.

- Orang tua jadi terbantu karena anaknya bisa belajar secara mandiri tetapi tetap bisa dalam pengawasan/bimbingan orang tua.

Belajar online termurah

- Video animasi Dafa Lulu cukup menarik bagi siswa SD dan sangat membantu dalam memacu semangat belajar online. 


Testimoni Kepuasan Ruangguru Cukup Tinggi

Ruangbelajar by Ruangguru terbukti membantu siswa-siswi untuk memahami materi pembelajaran. Sehingga prestasinya di sekolah pun ikut naik.

Hubungan orang tua dan anak juga menjadi lebih harmonis, berkat keberadaan Ruangbelajar by Ruangguru terutama di masa PJJ ini. Ada banyak testimoni kepuasan siswa/i yang belajar lewat aplikasi belajar online terbaik di Indonesia ini. 92% pengguna langsung naik nilainya setelah 3 bulan berlangganan, 96% menilai ruangbelajar lebih menarik dibanding pengajaran di sekolah. 98% pengguna menilai ruangbelajar sangat membantu pemahaman konsep dan persiapan ujian. 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang aplikasi ini, kepoin aja Instagram Ruangguru atau download saja di Apple Store atau Google Play Store.


Sumber: 

- ruangguru.com 

- IG Ruangguru 




29 Komentar

  1. ternyata ruang guru memang bisa menjembati anak belajar pjj , beda dg guru yang gak bisa inovasi

    BalasHapus
  2. bener bener jadi solusi buat orang tua yang anaknya susah banget mau belajar, kayak adik aku mbak

    BalasHapus
  3. Ruang guru ideal banget jadi pendamping anak belajar online saat ini, fitur2nya lengkap dan bisa diakses secara offline lagi :)

    BalasHapus
  4. Bener banget mbak, repot juga soalnya kalo disuruh inget" pelajaran masa sekolah dulu kaan. Apalagi selalu ada pembaruan materi setiap mata pelajaran. Solusi jitu memang pake ruang guru hehehe

    BalasHapus
  5. Keluhan saat PJJ bisa terbantu dengan ruang belajar ala ruangguru ya mbak, karena bisa terpantau juga progress belajarnya

    BalasHapus
  6. Meski cuma belajar dari rumah aja, tapi prestasi tetap harus dijaga ya Mba. Jangan sampai anak-anak malah malas belajar. Maka dari itu, peran orang tua juga sangat penting. Selain itu juga perlu dukungan platform belajar online, misalnya kayak platform Ruangbelajar dari Ruangguru ini. Wah banyak sekali kelebihannya ya Mba. Jadi dibikin penasaran sama Ruangbelajar deh...

    BalasHapus
  7. RUang guru beneran solusi banget sih untuk pembelajaran daring. Pekerjaan orang tua sebagai pendamping dirumah jauh lebih ringan kalau sudah begini

    BalasHapus
  8. Ah iya, salah satu hambatan saat PJJ adalah anak kadang kurang bisa memahami materi pelajaran
    Solusinya bisa dengan ikut bimbel di Ruangbelajar by Ruangguru ini

    BalasHapus
  9. Masa pandemi memang tidak terelakkan dan membuat harus belajar jarak jauh atau dairng ya, Mbak. Otomatis orang tua juga sekarang harus menjadi guru atau mendampingi anak belajar. Bersyukur sekarang banyak aplikasi belajar online yang tidak hanya membantu belajar anak-anak, juga membantu orang tua dalam membimbing anak belajar.

    BalasHapus
  10. Ruangbelajar ini solusi banget ya buat belajar di masa pandemi. Fitur2nya keren

    BalasHapus
  11. Ruangbelajar dari RuangGuru ini bisa menjadi solusi untuk belajar selama masa pandemi, ya. Apalagi materinya disajikan dalam bentuk menarik seperti video.

    BalasHapus
  12. memang aplikasi belajar seperti ruangguru ini sangat membantu anak dan orangtua saat PJJ gini yaa mba. anak bisa belajar, plus ditemenin ortu yang mungkin juga lagi kerja :D

    BalasHapus
  13. PJJ ngga ngebosenin kalau belajar sama ruang guru. Aku jg udah pernah nyoba lhoo

    BalasHapus
  14. Dengan memberikan failitas tambahan lewat Ruangguru anak dan orangtua jadi terbantu ya di dalam hal pelajaran. Tapi orangtua juga harus tetap ikut mengawasi & memantau materi supaya gak ketinggalan

    BalasHapus
  15. Anakku juga udah coba ini aplikasi Ruangbelajar by Ruangguru. Dan dia happy dong, minta ikutan lagi dan lagi. Trus tergoda diskon nya yang menarik banget hoho

    BalasHapus
  16. Ruang belajar by Ruangguru ini beneran membantu para emak yang punya anak belajar daring. Karena materi yang tersedia dari SD hingga tingkat SMA/K.

    Terus ada tes minat bakat. Wah, menarik banget nih, bisa untuk mengetahui gimana next nya anak minat di bidang apa.

    BalasHapus
  17. Solusi pembelajaran online ini sangat mempermudah buat pelajar yang sekarang lagi PJJ. Banyak hal yang bisa dipelajari dengan mudah secara online. Belum lagi fleksibilitas dalam waktu belajar.

    BalasHapus
  18. Baca artikel ini kok aku jadi terbayang bayang Iqbal hehe. Ruang guru emang wort it banget untuk jadi media belajar anak-anak sekolah d i tengah pandemi begini.

    BalasHapus
  19. Allhamdulilah ya Mba Yus, gebrakan dari Mas Deva ini sangat membantu dan mencerdaskan anak bangsa

    BalasHapus
  20. Anakku pernah juga nih pake RuangGuru waktu sekolah sebelum pandemi. Skg dia sdh mahasiswa baru. Memang sangat membantu anak belajar

    BalasHapus
  21. Kenapa ruangguru gak ada pas jaman aku sekolah dulu siih
    Kan enak aku belajarnya

    Mungkin karena mas Belva dan Kan Iman masih kuliah kali ya 😂

    BalasHapus
  22. Cakep ya fitur ruangbelajar makin memacu anak2 belajar apalagi ditemani pet imut , bisa belajar sesuai dengan karakter belajar pake adapto

    BalasHapus
  23. Suka banget emang sama aplikasi belajar satu ini karena materinya dilengkapi dengan animasi dengan penjelasan yang menarik. Jadi anak nggak gampang bosan dan bisa diakses dimana saja.

    BalasHapus
  24. Hahaha, sepupuku yang udah pada jadi orangtua juga bingung nih bantu anaknya belajar mulu selama pandemi. Dan kayaknya ruangguru bisa jadi solusi terbaik buat mereka, nggak stres karena emang kualitas pengajarnya oke banget

    BalasHapus
  25. Sebagai peserta belajar di ruang belajar ruangguru sejauh ini kami semua puas dengan segala fitur-fiturnya
    Semua sangat bemanfaat dalam mendukung pembelajaran jarak jauh yang sedang kita jalani saat ini

    BalasHapus
  26. Senangnya jika Ruangbelajar dr ruangguru ini bisa bantu siswa memahami pelajaran sekolah ya, apalagi masa pjj gini. Sekaligus jadi bisa bantu anak memahami soal lewat video-video yg interaktif

    BalasHapus
  27. Fitur-fitur terbaru ruangbelajar dari ruangguru pasti bisa buat anak jadi betah belajar nih karena gak membosankan malah jadi seru berasa main game dan bertualang ya dengan Adapto dan Pet Mission itu :)

    BalasHapus
  28. Aku baru tahu kalau di ruang guru ada tes minat bakatnya juga. Aku kira hanya materi2 pembelajaran aja. Ini jadi poin plus sih. Kita sebagai orang tua jadi bisa tahu secara langsung gimana minat dan bakatnya anak2.

    BalasHapus
  29. Keren ya inovasi RuangGuru
    dengan hadirnya RuangBelajar juga sangat membantu orangtua dan siswa
    ada tes minat dan bakatnya juga

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.