Sariawan disebabkan oleh

Sariawan disebabkan oleh banyak faktor misalnya luka karena tergigit, salah menyikat gigi atau adanya bakteri dalam mulut. Apapun penyebabnya, sariawan bikin kita jadi susah untuk makan dan agak terganggu dalam beraktivitas. 

Lalu apakah pengertian, penyebab dan bagaimana cara mengatasi sariawan itu? 

Pengertian Sariawan 

Dikutip dari laman Wikipedia, Sariawan atau Stomatitis Aftosa merupakan sebuah kelainan yang terjadi pada selaput lendir mulut berupa luka yang berbentuk bercak putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. 

Sariawan bisa menimpa siapa saja, tidak mengenal batas usia. Tetapi yang lebih sering mengalaminya adalah kaum wanita, remaja dan anak-anak. Sariawan bisa muncul di lidah, bawah lidah, gusi, langit-langit mulut dan bagian dalam pipi. 

Sariawan ada 2 jenis. Sariawan Sederhana, berukuran kecil dan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu 1-2 minggu. Yang kedua, Sariawan Kompleks, berukuran lebih besar dan cekung. Bentuknya tidak beraturan dan menimbulkan rasa lebih sakit. Biasanya butuh waktu lebih dari 2 minggu. 

Faktor Penyebab Sariawan 

penyebab sariawan

Sariawan bisa disebabkan oleh beberapa banyak faktor, seperti 

1. Kekurangan vitamin C, vitamin B12, dan zat besi

2. Makan makanan yang terlalu berminyak, asin dan pedas. Dapat juga disebabkan alergi terhadap makanan seperti kopi, telur, kacang, keju dan asam. 

3. Ada cedera karena terbentur, tergores makanan keras, menggunakan kawat gigi. Tidak sengaja tergigit atau adanya gigi yang kurang rata sehingga menimbulkan gesekan pada rongga mulut

4. Kondisi imun tubuh yang menurun 

5. Infeksi jamur, bakteri atau virus di mulut 

6. Perubahan hormon akibat kondisi tertentu, seperti kehamilan, menstruasi atau jelang menopause. Faktor stress juga dapat memicu terjadinya sariawan

7. Mengidap penyakit autoimun 

8. Efek samping dari obat-obatan tertentu seperti aspirin, obat anti-inflamasi, fenitoin, antibiotik, obat kemoterapi, imunosupresan, anti hipertensi.

9. Kebiasaan buruk merokok 

10. Adanya penyakit tertentu seperti kanker mulut, infeks virus dan bakteri. 


Cara Mengatasi Sariawan 

Memang sariawan jika dibiarkan akan sembuh sendiri, hanya butuh waktu 1 sampai 2 minggu. Namun buat kamu yang nggak betah merasakan perih di mulut akibat sariawan, bisa mencoba tips bagaimana menngatasi sariawan berikut ini:

1. Perbanyak makanan dan minuman yang mengandung banyak serat, seperti buah dan sayur. Pilihlah yang bertekstur lembut seperti jeruk, mangga atau tomat. Minum jus jambu juga akan membantu mengatasi sariawan akibat kekurangan vitamin C. 

2. Hindari makanan yang terlalu pedas, asam, asin dan panas. Perbanyak konsumsi makanan yang berkuah dan hindari makanan yang keras agar dapat mempercepat penyembuhan.

3. Memakai pasta gigi yang mengandung bahan-bahan alami, seperti daun sirih.Sebaiknya plih juga sikat gigi yang teksturnya lembut. Hati-hati saat menyikat gigi agar tidak makin memperparah luka dalam mulut.

4. Kumur menggunakan air hangat bisa membantu untuk melenturkan luka dalam rongga mulut, sehingga bisa makan dengan lebih nyaman.

5. Jagalah kebersihan gigi dan mulut senantiasa. Menjaga kebersihan mulut bisa menggunakan obat kumur yang mengandung antibakteri. 

6. Pergi ke dokter, jika sariawan tidak kunjung sembuh malah bertambah banyak. Bisa jadi hal itu menjadi tanda adanya penyakit tertentu dalam tubuh, terutama bila disertai demam tinggi. 

7. Hindari stress dengan cara perbanyak doa dan beryukur.


Makanan yang Baik untuk Mengatasi Sariawan 

Selain cara di atas, kita juga bisa mengkonsumsi makanan yang efektif untuk dijadikan obat sariawan. Dengan mengkonsumsi makanan ini, diharapkan proses penyembuhan sariawan bisa terjadi lebih cepat. 

1. Yogurt

Yogurt mengandung bakteri baik yang dapat melawan bakteri dan kuman di dalam mulut. Selain itu, yogurt dapat menyeimbangkan antara bakteri baik dan bakteri jahat di dalam mulut. 

Sebaiknya minum yogurt yang tidak mengandung pemanis, karena gula bisa menyebabkan sariawan jadi bertambah. Yogurt merupakan makanan yang baik untuk mengatasi kesulitan menelan akibat sariawan.

2. Madu 

Mengoleskan madu pada bagian yang luka di mulut adalah cara alami untuk mengatasi sariawan. Madu mengandung zat anti-inflamasi serta anti-bakteri dan mempunyai antioksidan yang tinggi. 

Madu cukup ampuh untuk mengobati jerawat, selain mengoleskannya kamu juga bisa meminum atau mencampurkan ke dalam makanan. 

3. Air Kelapa 

Obat alami selanjutnya yang kaya akan antioksidan, vitamin C, magnesium dan potasium adalah air kelapa. Kandungan air kelapa ini akan membantu dalam melawan penyakit. 

Jangan campur air kelapa dengan gula supaya nutrisinya tetap terjaga. Air kelapa ini juga akan membantumu mengatasi dehidrasi, efek samping yang biasanya muncul saat sariawan. 

Dengan cukup konsumsi cairan, maka tubuh kita akan terhindar dari dehidrasi. Dan rasa perih yang ditimbulkan karena mulut kering akan berkurang. 

4. Buah yang Kaya Vitamin C 

Jeruk, lemon, strawberry, dan jambu merupakan buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Kita bisa mengonsumsi buah dalam bentuk jus tapi batasi penggunaan gulanya ya. 

Vitamin C dikenal sebagai sumber antioksidan yang tinggi. Dan antioksidan ini yang akan membantu tubuh dalam meningkatkan sistem imun melawan penyakit, termasuk sariawan. 

Nah, itulah cara bagaimana mengatasi sariawan yang disebabkan oleh banyak faktor, semoga informasi ini dapat bermanfaat ya, Sobat Catatan Yustrini. 

Terima kasih :))


Sumber informasi: 

- https://www.alodokter.com/sariawan-di-bibir-ternyata-bisa-disebabkan-banyak-penyakit

- https://hellosehat.com/gigi-mulut/gusi-mulut/sariawan/

- https://www.halodoc.com/artikel/4-jenis-makanan-yang-efektif-untuk-obat-sariawan

- https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/7/2020/21251/8-makanan-terbaik-untuk-menghilangkan-sariawan

Sumber Gambar: 

- Canva

- Wikipedia


1 Komentar

  1. kalau udah sariawan menyiksa banget, makan terasa ngga nyaman.
    dan aku kalau sudah sariawan, bisa 2 minggu. sedihh

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.