Tujuan mulai pemanasan

Tujuan mulai pemanasan sebelum berolahraga itu, apa sih? Berolahraga merupakan salah satu cara hidup sehat agar tidak mudah sakit dan dapat meningkatkan imun tubuh. Namun ada risiko cedera yang mengancam. Sebaiknya, Sobat Catatan Yustrini jangan sepelekan aktivitas kecil ini, sebelum berolahraga agar tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. 

Selain terhindar risiko cedera, ternyata ada manfaat lain dari kegiatan pemanasan lho! Apa saja? Yuk, simak terus tulisan berikut! 

Tujuan Utama Pemanasan Sebelum Berolahraga 

Pemanasan sering dilewatkan oleh sebagian orang karena dianggap kurang penting dan membuang-buang waktu, padahal jika kita mengetahui apa saja manfaat di balik pemanasan maka tubuh akan terhindar dari risiko cedera otot hingga kram otot. 

Tujuan utama dari pemanasan ada 2 yaitu mencegah cedera dan meningkatkan kinerja otot tubuh. Namun ternyata manfaatnya tak hanya itu saja lho! 

Manfaat Pemanasan Sebelum Melakukan Kegiatan Olahraga 

Pemanasan sebelum olahraga

1. Mencegah Cedera Otot 

Meskipun sudah sering berolahraga, para atlet pasti selalu melakukan pemanasan dahulu sebelum berlatih maupun bertanding. Tujuannya agar otot tidak kaget saat melakukan gerakan-gerakan ekstrem atau ketika melakukan aktivitas olahraga yang berat. 

Oleh karena itu, kita yang bukan atlet pun sebaiknya melakukan pemanasan ringan sebelum berolahraga. Bayangkan aja, ketika otot kita masih dalam kondisi rileks, kemudian diajak untuk melakukan aktivitas lebih berat maka akan kaget. Hal ini bisa meningkatkan risiko cedera pada otot, kram bahkan robek jadi meningkat.

Yang dimaksud otot robek adalah cedera otot yang cukup serius dan membutuhkan waktu pemulihan yang cukup lama. 

2. Memperlancar Peredaran Darah 

Gerakan ringan dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah menjadi lancar. Sehingga semua nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dapat terserap dengan baik. Nutrisi yang terserap ini dapat mencegah rasa nyeri saat olahraga dan membuat proses pemulihan menjadi lebih cepat. 

Waktu peredaran darah lancar, suplai oksigen ke seluruh tubuh pun baik, sehingga performa dalam berolahraga menjadi lebih maksimal. 

3. Mengurangi Stress dan Menstabilkan Detak Jantung 

Tak hanya bermanfaat untuk fisik saja, pemanasan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental. Aliran darah dan oksigen yang lancar dapat memberikan efek relaksasi pada pikiran sehingga lebih nyaman dan tidak stress ketika berolahraga. 

Detak jantung juga lebih stabil, karena sudah melakukan pemanasan yang cukup. Kestabilan detak jantung akan meningkatkan performa dalam berolahraga. 

4. Membuat Otot Lebih Lentur 

Dengan melakukan pemanasan, maka nutrisi dan oksigen menjadi lancar, ketegangan otot berkurang dan membuat otot menjadi lebih lentur. Risiko cederaa otot menjadi makin kecil, sehingga bisa mendapat manfaat berolahraga lebih maksimal. 

5. Dapat Memperbaiki Postur Tubuh 

Tujuan mulai pemanasan sebelum berolahraga dapat mencegah terjadinya ketidakseimbangan otot. Hal ini bisa memperbaiki postur tubuh jadi lebih baik. Dan jika dilakukan secara rutin, maka hasilnya akan terlihat. 

6. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi 

Tak hanya mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh, manfaat pemanasan bisa membuat aliran darah dan oksigen ke otak jadi lancar. Kita pun jadi lebih fokus dan meningkatkan kewaspadaan terutama saat melakukan aktivitas olahraga yang membutuhkan ketrampilan gerak, seperti bulutangkis atau sepakbola.  

7. Tidak Mudah Lelah 

Berolahraga tanpa pemanasan, akan membuat performa tubuh jadi menurun dan mudah lelah. Sebaliknya, pemanasan akan membuat otot jadi teraliri darah dan oksigen dengan baik sehingga tidak mudah lelah. Karena aktivitas olahraga merupakan aktvitas yang menguras energi, makin lama berolahraga maka makin banyak energi yang dibakar. 

8. Mengurangi Asam Laktat 

Saat berolahraga asam laktat yang ada di tubuh meningkat dan menumpuk dalam darah dan otot. Penumpukan ini bisa membuat nyeri otot dan membuat tubuh merasa tidak nyaman. Pemanasan dan pendinginan yang dilakukan sebelum dan sesudah berolahraga akan mengurangi asam laktat ini. 

9. Meningkatkan Kualitas Tidur 

Pemanasan saat sebelum olahraga dapat meningkatkan kualitas tidur jadi lebih baik. Olahraga membuat badan lebih segar. Peregangan otot yang dilakukan membuat olahraga jadi maksimal dan terhindar dari rasa tidak nyaman sehabis berolahraga. 

10. Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi 

Bagian tubuh yang rentan cedera adalah sendi. Pemanasan akan membuat sendi-sendi jadi terlumasi dengan baik, sehingga menjadi lebih lentur dan lebih licin. 

Meregangkan tubuh juga membuat tulang-tulang lebih sehat. Dengan peregangan, cedera serius pada punggung bisa dicegah


Nah, itu tadi manfaat dan tujuan mulai pemanasan sebelum berolahraga. Selain pemanasan, jangan lupa untuk selalu melakukan pendinginan setelah berolahraga, ya! 

Semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih :)) 





3 Komentar

  1. Saya dan teman kantor setiap minggunya main bulu tangkis sebelum masa pandemi. Saking bersemangatnya dan rebutan lapangan jadi banyak yang gak pemanasan, ngambil tempat duluan hahaha

    BalasHapus
  2. Aku pernah nekad ga pemanasan, trus lgs nyebut berenang. Akibatnya, kaki kram pas di air. untuuuung aja ada temenku yg lgs narik aku ke pinggir.

    Trus kena marah pelatih deh :D. Sejak itu kapok ga pemanasan . Wajiib sih memang sblm olahraga

    BalasHapus
  3. memang penting kadang banyak diabaikan, sekarang aku melakukan karena setelah berumur sering banget kram

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.