Masalah itu hanya sementara

Halo, halo...

Setuju nggak kalo masalah itu hanya untuk sementara bukan selamanya? 

Kalo dulu pas masih remaja, aku sempat berpikir kalo kenapa begitu banyak masalah dalam keluargaku? Konflik yang terus-terusan ada dan sepertinya nggak ada habisnya. 

Satu masalah selesai, ada lagi, ada lagi... sampai lelah dan bertanya dalam hati, kapankah hidup bahagia dan dengan tenang dalam artian keluarga yang harmonis? 

Masalah Itu Nggak Selamanya Ada 

Makin dewasa, aku makin mengerti jika masalah itu takkan bertahan selamanya, asalkan tetap melangkah dan semangat untuk menyelesaikannya. 

Misal, kalo kita berasal dari keluarga yang miskin, asalkan mau bekerja, belajar dan mau bertumbuh pasti akan keluar dari kemiskinan. 

Jangan pernah minder dan fokus dengan masalah. Tapi fokuslah untuk masa depan. Stop buang-buang waktu hanya untuk meratapi nasib. 

Setiap Kita Pasti Akan Melalui Proses

Kadang jalan lurus dan rata bikin kita jadi terlalu nyaman, enak dan kurang sensasinya. Ibarat nonton drama tapi nggak pake konflik, itu nggak seru, makin dimunculin masalah makin menarik, iya kan? 

Setiap orang bakal diproses dan caranya beda-beda. Mungkin lewat masalah keuangan, konflik keluarga, kerjaan dll. 

Nggak bisa milih tapi yang membedakan adalah hasil akhirnya. Ada yang menyerah, tetap berjuang atau cuma ngikutin arus. 

Ada yang latar belakang cuma sekolah SMP tapi bisa sukses juga. Namun ada yang sarjana bahkan sampai kuliah berkali-kali tapi nggak jadi apa-apa. Malah stress karena nggak punya penghasilan, karena pilih-pilih kerjaan dan pasang harga tinggi buat tenaganya. 

Terus Melangkah Berjuang Meraih Impian

Belajar sekali gagal? Mari bangkit dan belajar lagi! Dihina dan dipandang sebelah mata? Nggak masalah! 

Buktikan bahwa kamu bisa dan berikan bukti nyata kepada mereka bahwa kamu bisa berhasil. 

Banyak belajar sama orang-orang sukses, kelilingi diri sendiri dengan orang yang membangun dan punya energi positif. 

Kalo terpaksa masuk dalam lingkungan yang kurang positif hawanya, sebisa mungkin punya koneksi atau teman-teman yang baik. Karena pergaulan yang buruk akan merusak kebiasaan yang baik. Dan terang nggak akan pernah bisa bersatu dengan gelap. 

Seperti saat ini ketika pandemi justru ada kesempatan untuk belajar online, usaha baru dan banyak ikutan webinar yang bermanfaat untuk nambah ketrampilan. 

Jangan terpuruk dan mengeluh saat ada masalah tapi berjuang untuk mengalahkan setiap masalah yang menghadang. Berdoa dan berusaha. Tetap berharap pada Tuhan. Dan pada akhirnya pengharapan tidak pernah mengecewakan. 


1 Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.