Lasik mata

Hai Sobat Catatan Yustrini, mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting dan patut dijaga kesehatannya. Namun, seiring dengan pertambahan usia dan aktivitas membaca yang kurang baik, kita bisa mengalami masalah kesehatan mata. 

Berkat kemajuan teknologi, kini sudah ada metode LASIK Mata yang dapat membantu masalah kesehatan mata. Lalu, apa itu LASIK Mata, manfaat dan biayanya? 

Pengertian LASIK Mata

LASIK adalah singkatan dari Laser Assisted in Situ Keratomileusis. Merupakan tindakan operasi dengan menggunakan laser untuk memperbaiki masalah kesehatan mata seperti rabun jauh, rabun dekat dan silinder. 

LASIK Mata menggunakan teknologi laser untuk mengubah bentuk kornea. Operasi ini membantu kita untuk lepas dari ketergantungan pemakaian kacamata dan lensa kontak. 

Banyak orang memilih LASIK karena operasi ini terbilang aman dan nyaman, proses penyembuhannya juga relatif cepat dan hasil yang maksimal. 

Manfaat dan Kelebihan Operasi LASIK Mata

Setelah mengetahui apa itu LASIK Mata, mari kita membahas kelebihan serta manfaatnya. Perlu diketahui bahwa setiap tindakan operasi pasti ada kelebihan dan risikonya. Apa saja? 


Biaya lasik mata


Berikut manfaat dan kelebihan operasi LASIK: 

1. Penglihatan jadi Lebih Baik

Operasi LASIK memiliki manfaat utama untuk memperbaiki penglihatan jadi lebih jelas dan tajam. LASIK bisa mengatasi permasalahan mata seperti rabun jauh, rabun dekat, silinder. Bahkan dapat mengatasi kerusakan mata pada retina, katarak, dan kanker. 

2. Minim Rasa Sakit 

Karena tidak menggunakan pisau, operasi ini minim rasa sakit dan tidak perlu perban. Jadi jauh lebih aman dan nyaman untuk melakukan operasi LASIK. Obat anestesi diberikan dalam bentuk tetes mata, jadi pasien merasa lebih santai. Pemulihan juga dirasa lebih cepat. 

3. Peningkatan Rasa Percaya Diri dan Kualitas Hidup

Beberapa orang mengaku, memakai kacamata atau lensa kontak sangat merepotkan terutama ketika melakukan aktivitas di luar ruangan. 

Hidup tanpa kacamata, akan meningkatkan rasa percaya diri dan juga kualitas hidup. Karena bebas dari rasa pegal dan pusing saat memakai kacamata. 

Selain meningkatkan rasa percaya diri, tidak menggunakan kacamata juga dapat membuka peluang kerja lebih besar. Karena ada beberapa tempat yang memberikan persyaratan untuk tidak boleh memakai kacamata. 

4. Investasi Jangka Panjang

Biaya lasik mata tergolong mahal, mulai dari 10 hingga 20 juta rupiah per mata. Namun hal ini merupakan investasi jangka panjang yang dapat menghemat pengeluaran. Dibanding dengan biaya memakai kacamata, perawatan lensa kontak dan konsultasi dokter mata. 

Risiko LASIK Mata 

Meski terbilang sebagai operasi mata yang aman, LASIK Mata juga bisa meningkatkan risiko komplikasi atau efek samping. 

Mata kering, silau, penglihatan kabur, infeksi mata, komplikasi lapisan flap kornea, adalah risiko yang bisa timbul dari operasi LASIK Mata. Namun jangan cemas, tidak semua orang akan mengalaminya. Kalaupun terjadi, beberapa efek samping tersebut akan menghilang dalam hitungan hari. 

Untuk meminimalisir risiko, ada baiknya jika kita berhati-hati memilih dokter spesialis mata. Tentu kita harus memilih dokter mata yang sudah berpengalaman dan menggunakan teknologi canggih. 

Kesimpulan: 

Operasi LASIK Mata merupakan prosedur medis yang dapat memperbaiki gangguan penglihatan. Memiliki banyak kelebihan, seperti minim rasa sakit, pemilihan yang cepat dan hasil yang permanen. 

Namun seperti operasi pada umumnya, LASIK juga memiliki risiko walau belum tentu terjadi pada setiap orang. Oleh karena itu, perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya dari dokter mata sebelum melakukan LASIK Mata. Tanyakan peluang keberhasilan dan biaya sebelum menjalani prosedur LASIK Mata. 


0 Komentar