Tes minat bakat universitas123


Hai bagi kamu yang saat ini masih duduk di bangku SMA dan mau melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, pastinya harus bersiap mulai dari sekarang mencari universitas. Tetapi tentu kamu tidak mau kan menyesal di kemudian hari akibat salah pilih jurusan? Nah, ada baiknya jika kamu mencari tahu apa sih potensi, minat dan bakatmu. 

Apa itu Tes Minat dan Bakat ?

Tes minat dan bakat adalah salah satu cara untuk menentukan pilihan jurusan kuliah yang akan diambil. Kebingungan dalam memilih universitas serta jurusan mata kuliah apa yang akan diambil biasanya terjadi karena siswa tidak mengetahui potensi apa yang terdapat di dalam dirinya. Terkadang mereka justru terjebak dalam jurusan yang keliru karena pengaruh orang tua dan teman-teman. 


Bakat adalah karunia yang diberikan oleh Tuhan sedangkan minat, merupakan hal yang disukai. Namun terkadang minat dan bakat tidak sejalan. Mungkin ada minat di sebuah bidang tetapi tidak tahu apakah ada bakat juga. Dan juga sebaliknya. 


Cara yang paling tepat untuk mengetahui apa minat dan bakat seseorang adalah dengan mengikuti tes minat dan bakat. Mengetahui apa yang menjadi minat dan bakat seseorang calon mahasiswa akan mempersempit daftar pilihan universitas dan jurusan. 


Pengambilan jurusan kuliah yang tepat akan membuat seseorang lebih mantap dalam meniti karier di masa depan. Sedangkan salah ambil jurusan kuliah bisa menyebabkan penyesalan, malas mengikuti kuliah hingga terjebak dalam rutinitas pekerjaan yang tidak disukai.


Tentunya tidak mau kan membuang waktu untuk menjalani perkuliahan yang kurang diminati atau kurang ada bakat? Jadi ada baiknya bagi calon mahasiswa sebelum menentukan jurusan kuliah mengikuti tes minat dan bakat lebih dulu. 


Tes minat dan bakat jurusan kuliah sekarang bisa dilakukan secara online lho, yaitu melalui platform pendidikan Universitas123. Platform ini memiliki banyak kelebihan, antara lain informasi perkuliahan yang lengkap, konsultasi langsung dengan universitas dalam dan luar negeri serta tes kemampuan diri secara gratis. 


Berkenalan dengan Universitas123 

Universitas123 atau PT Dunia Pendidikan Indonesia adalah sebuah startup digital yang fokusnya ada di bidang pendidikan. Platform pendidikan Indonesia, Universitas123 ini menyediakan kumpulan informasi mengenai universitas dan beasiswa yang ada di dalam dan luar negeri. Cocok banget buat kalian yang baru cari informasi tentang kampus impian. 


Tak sekedar informasi tempat kuliah saja, tapi Universitas123 juga menyediakan berbagai macam fitur dan layanan. Pendaftaran kuliah (anti ribet), International Payment, Layanan Pengurusan Visa, Layanan Translate Dokumen, SIM Card International, Airport Pickup, dan berbagai tes yang bisa digunakan oleh para pelajar. Salah satu layanan tes yang tersedia adalah Tes Minat Bakat Universitas123


Tips Menentukan Pilihan Jurusan Kuliah

Memilih jurusan kuliah memang tak semudah membalikkan telapak tangan ya. Namun semua bisa dimaksimalkan dan dipersiapkan jauh-jauh hari. Inilah tips dalam menentukan jurusan kuliah agar tidak galau lagi:


1. Kenali apa yang jadi kelebihanmu 

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, iya kan? Nah, cara menentukan pilihan jurusan kuliah bisa dimulai dengan mengenali apa sih yang jadi kelebihanmu? Apakah kamu menonjol di bidang matematika atau keterampilan berbahasa asing? 


Mungkinkah akan mengambil jurusan politik jika kamu lemah di pelajaran sejarah? Apakah nantinya kamu akan menikmati proses pembelajaran kuliah di bidang tersebut? 


2. Tentukan cita-cita 

Barangkali kamu selama ini berkeinginan untuk menjadi dokter, pilot atau guru. Atau kamu memiliki keinginan untuk langsung bisa bekerja selepas lulus kuliah? Tentukan dulu kampus yang sesuai dengan cita-citamu. Jangan sampai asal masuk universitas.


Universitas juga terbagi menjadi beberapa jenis  sistem pembelajaran, yaitu universitas dengan beragam fakultas, institut yang memfokuskan pada satu jenis keilmuan, sekolah tinggi hingga politeknik, yang fokus untuk meningkatkan ketrampilan hingga menjadi pribadi yang siap bekerja. 


3. Kenali minat dan bakat yang dimiliki

Mungkin kamu berbakat dan menonjol di bidang bahasa asing, maka jurnalisme, pemasaran dan ilmu komunikasi bisa jadi pilihan yang tepat. 


Atau kamu mempunyai bakat di bidang matematika, maka teknik atau akuntansi bisa jadi jurusan perguruan tinggi yang tepat. 


Tetapi jika kalian masih bingung, ada baiknya untuk mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah di platform Universitas123.


Universitas123 dapat diakses melalui website dan aplikasi. Unduh saja aplikasinya di Google Play Store agar dapat menggunakan fitur dan layanan dengan lebih nyaman. 


0 Komentar