Waspada gejala penyakit crohn

Penyakit Crohn merupakan nama dari penyakit yang menyerang usus melalui peradangan. 


Penyakit radang usus merupakan salah satu penyakit yang sulit didiagnosis sebab gejala yang muncul tiap orang umumnya berbeda-beda. Hal tersebutlah yang membuat penyakit radang usus satu ini susah dibedakan.


Hal yang menyebabkan timbulnya perbedaan gejala pada penyakit radang usus ini adalah komplikasi serta tingkat keparahannya. Penyakit radang usus juga dapat menyerang usus besar serta pada beberapa kasus dapat menjadi komplikasi dan kematian.


Maka tak heran jika ada yang menderita penyakit ini dan merasa terganggu aktivitasnya. Tetapi ada juga yang menderita penyakit serupa namun tampak ringan gejalanya.


Waspadai Gejala Penyakit Crohn 

Penyakit yang menyerang pencernaan ini memiliki beberapa gejala, diantaranya adalah:


1. Mengalami Penyakit Diare yang Parah

Gejala pertama dari penyakit ini sendiri adalah diare yang hebat dan parah, berbeda dengan diare biasa pada umumnya. Diare yang dimaksud pun bisa berlangsung berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.


Orang dengan penyakit radang usus dapat merasakan gejala kontraksi yang hebat sehingga terjadilah kram yang menyakitkan pada usus. Kram usus tersebut menyebabkan makanan yang masuk ke dalam tubuh dicerna dengan cepat hingga akhirnya keluar menjadi feses berair.


Apabila Anda memiliki gejala diare parah yang lama dengan feses berair maka kemungkinan Anda mengalami penyakit Crohn.


2. Mengeluarkan Feses yang Berdarah

Penyakit radang usus membuat makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda dicerna dengan terlalu cepat. Hal inilah yang akan menyebabkan radang usus dan dinding usus terluka.


Lama-kelamaan, luka yang diakibatkan oleh pencernaan makanan yang terlalu cepat tersebut akan lecet dan menjadi ulkus atau yang biasa dikenal dengan nama bisul. Bisul-bisul inilah yang nantinya akan terus tergesek sampai pecah dan berdarah.


Darah yang dihasilkan dari pecahnya bisul akan bercampur ke dalam tinja atau feses sehingga feses tersebut akan tampak kemerahan.


Apabila Anda mengalami tinja atau feses berdarah, maka bisa diasumsikan bahwa kondisi tersebut menandakan adanya peradangan. Peradangan yang memiliki gejala tersebut biasanya timbul di usus besar, bisa juga di area rektum, atau sisi kiri usus kecil.


3. Terasa Nyeri atau Mengalami Kram Perut Hebat

Selain diare hebat dan mengeluarkan feses berdarah, penderita penyakit radang usus pun dapat mengalami kram perut. Hal tersebut merupakan salah satu gejala yang umum terjadi pada penderita penyakit Crohn ini.


Ada yang mengalami diare hebat, tetapi ada juga yang sulit membuang hajat. Kesulitan buang air besar inilah yang nantinya bisa menimbulkan kram perut yang luar biasa, kembung, dan nyeri.


Peradangan yang terjadi pada usus kecil biasanya lebih banyak memicu terjadinya sembelit dan kram sampai kembung di bagian perut. Susah buang air besar dan kram perut ini sering kali terjadi cukup lama, baik berhari-hari sampai berminggu-minggu.


4. Mengalami Demam dan Sering Merasa Kelelahan

Demam adalah sebuah tanda dari tubuh yang memperingatkan bahwa sistem imunitas tubuh Anda tengah melawan bakteri jahat yang ikut menyerang. Demam juga bisa menandakan bahwa ada bakteri yang dapat memperparah peradangan usus yang tengah terjadi.


Oleh sebab itulah Anda akan mudah berkeringat, sehingga membuat cairan tubuh banyak berkurang kemudian mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini juga umum mengalami gejala lain seperti kelelahan, tidak bisa tidur atau anemia, dan kekurangan asupan nutrisi.


Apalagi jika demam Anda disertai dengan adanya diare, yang membuat cairan dalam tubuh berkurang semakin drastis. Sementara usus juga mengalami peradangan sehingga nutrisi tidak bisa diserap secara maksimal dan menyeluruh ke seluruh tubuh.


5. Berat Badan Turun Drastis dan Kulit Pucat

Penyakit Crohn dapat membuat berat badan turun secara cepat atau turun drastis. Mengapa begitu? Sebab diare akan mudah membuang lemak sekaligus nutrisi dari makanan.


Kulit pucat pun dan luka pada mulut pun bisa terjadi karena kekurangan nutrisi yang tidak bisa diserap dengan baik oleh tubuh.


Jangan Panik! 

Itulah beberapa gejala penyakit Crohn, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter lebih lanjut. Ingat untuk tidak panik dan mendiagnosis diri sendiri tanpa bantuan ahli.

 

 

1 Komentar

  1. Diuuh mbaa, aku baca gejalanya, jadi serem sendiri. Ngebayangin bisul di pantat atau tubuh bagian luar aja udh sakit banget, ini lagi di dinding usus :(.

    Baru tahu nama penyakitnya itu. Tapi kalo udah radang sampe diare hebat gini, udh pasti sih kalo aku ke RS aja. Diare itu kliatannya aja sepele, tapi semua penyakit yg berhubungan Ama pencernaan buatku bisa fatal kalo ga ditangani segera.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.