Manfaat asuransi perjalanan


Pengertian dan Manfaat Asuransi Perjalanan. Tentunya Sobat Catatan Yustrini sudah tidak asing lagi dengan bermacam-macam asuransi seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kendaraan, atau barang berharga lainnya. Bahkan diantara kita sudah memilikinya. Tapi, akrabkah kita dengan 'travel insurance' alias asuransi perjalanan?  

Hmm, tampaknya sebagian besar dari kita masih belum tahu tentang asuransi perjalanan ini ya? Mungkin juga sering dianggap sepele, padahal keberadaan asuransi ini #JujurGunaBanget terutama bagi kamu yang sering bepergian ke luar kota atau luar negeri. 

Asuransi perjalanan 'kan sama dengan asuransi kecelakaan? 

Tadinya saya juga berpendapat yang sama, namun asuransi kecelakaan ini tidak melindungi ketika ada bagasi hilang, sakit dalam perjalanan, keterlambatan keberangkatan atau resiko lain yang mungkin terjadi di dalam perjalanan.

Lalu apa sebenarnya asuransi perjalanan dan manfaatnya?

Nah, khusus di artikel ini kita akan membahas tentang asuransi perjalanan atau Travel Insurance. 


Bepergian Lebih Nyaman dengan Asuransi Perjalanan 

Memang di masa sekarang, kita harus mengurangi kegiatan untuk bepergian dan beraktivitas di luar rumah. Namun ada masanya kita dituntut harus pergi ke luar kota, entah untuk urusan pekerjaan, bisnis, keperluan keluarga atau menempuh pendidikan. 

Sebelum melakukan perjalanan, kita pastinya ingin mempersiapkan diri sebaik mungkin. Entah itu barang bawaan, tiket pesawat/kereta api, sewa kamar, dll. Tak lupa juga selalu berdoa supaya tetap aman dan selamat sampai di tujuan tanpa halangan apa pun. 

Tetapi siapa yang tahu jika ada kejadian kurang mengenakan bisa menimpa siapa saja dalam perjalanan. Dan hal semacam ini tidak bisa kita hindari sebaik apa pun persiapan yang sudah dilakukan. Misalnya, ada penerbangan yang terlambat, reservasi kamar hotel yang bermasalah, bagasi rusak/hilang dan kemungkinan yang terburuk, kecelakaan. 

Untuk mengantisipasi kerugian atas kejadian-kejadian yang kurang menyenangkan tadi selama perjalanan, ada baiknya kita membeli asuransi perjalanan. Dengan memiliki asuransi , maka hati kita bisa lebih tenang dan nyaman selama dalam perjalanan.


Pengertian Asuransi Perjalanan 

Dikutip dari laman Wikipedia, Asuransi Perjalanan (Travel Insurance) merupakan asuransi yang ditujukan untuk menutup biaya yang timbul akibat pengobatan, pembatalan perjalanan, kehilangan bagasi, insiden dalam perjalanan dan kerugian lain yang timbul selama perjalanan, baik perjalanan di dalam negeri maupun luar negeri. 

Hindari stress akibat kerugian saat di perjalanan, karena asuransi ini tidak hanya memberi perlindungan saat terjadi kecelakaan. Tetapi meliputi kerugian pada waktu kita terpaksa menunda rencana keberangkatan. 

Pastinya nggak mau dong, kehilangan biaya untuk tiket dan hotel yang sudah dipesan gara-gara ada perubahan rencana. Misal, acara pernikahan saudara di luar kota yang mendadak ditunda akibat tingginya kasus COVID-19. 

Oleh karena itu, penting banget untuk memiliki asuransi perjalanan.

Tapi, biaya asuransi itu mahal...

Eits, aku tahu produk asuransi perjalanan yang bisa bikin kita terlindungi maksimal tapi dengan biaya yang ringan. 


Asuransi Perjalanan dari Traveloka 

Menggandeng PT Chubb General Insurance, Traveloka mempunyai fitur asuransi perjalanan yang memberikan jaminan ganti rugi. 

Cukup dengan bermodal perangkat digital yang memadai dan koneksi internet, kita bisa mendapatkan asuransi perjalanan terbaik dari Traveloka. 

Manfaat yang akan didapatkan 

1. Perlindungan Keterlambatan Penerbangan

Pembatalan atau penundaan penerbangan bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Traveloka Travel Insurance memberikan plan asuransi yang memberikan uang pertanggungan hingga Rp. 7,5 juta untuk segala gangguan yang terjadi pada perjalanan. 

2. Perlindungan Kecelakaan Diri

Mestinya kita semua tidak ingin hal ini. Kecelakaan yang terjadi saat perjalanan ditanggung hingga Rp. 15 juta. 

3. Pertanggungan Biaya Medis 

Sakit tiba-tiba dalam perjalanan? Tenang ada tanggungan biaya pengobatan hingga Rp. 500 juta. 

Harap diperhatikan ada kondisi medis yang tidak ditanggung asuransi. Terutama penyakit kronis yang sudah ada sebelumnya, misal jantung, stroke, asma, diabetes, epilepsi, radang usus buntu dan batu ginjal. 

Wabah penyakit, kehamilan, kelahiran dan penyakit kelamin juga tidak di-cover oleh asuransi perjalanan.

4. Perlindungan Bagasi Hilang atau Rusak

Bagasi rusak atau hilang bisa saja terjadi saat perjalanan menggunakan pesawat. Asuransi perjalanan memberikan perlindungan hingga Rp. 15 juta. 


Keuntungan Membeli Traveloka Travel Insurance #JujurGunaBanget

1. Proses Pendaftaran yang Cepat Tanpa Ribet

Traveloka tahu bahwa kita adalah generasi yang maunya serba cepat dan NO ribet-ribet. Cukup ikuti langkah-langkah pendaftaran yang nanti akan aku share, dan polis pun bisa kamu diterima. 


2. Jaminan Keamanan dalam Bertransaksi Online

Siapa yang masih suka ragu bertransaksi online? Tenang. Di aplikasi Traveloka, semua transaksi kita dijamin aman. 

Traveloka menerapkan metode keamanan yang berlapis. Selain notifikasi melalui SMS, dan Email, ada detail lokasi dan perangkat juga lho! 

Mau lebih aman lagi? Aktifkan saja autentikasi dua faktor dengan memasukkan kode OTP berbatas waktu. 


3. Bebas Memilih Sesuai Kebutuhan

Traveloka Travel Insurance tersedia dalam berbagai pilihan. Kita bisa memilih Asuransi Single Trip dengan pilihan perjalanan domestik/internasional dan Asuransi 1 Tahun untuk semua perjalanan baik di dalam negeri atau luar negeri. 


4. Bayar Asuransi Minimal dengan Manfaat Perlindungan yang Maksimal

Terkadang yang menjadi pertimbangan kita saat membeli asuransi adalah ada biaya lebih yang harus dikeluarkan. Ngapain sih, keluar uang lagi buat asuransi? Percuma kalo nggak terpakai kan? Buang-buang duit aja! 

Hal seperti ini biasa jadi pertimbangan kita untuk ikut asurandi. Tapi coba pikirkan kembali. Kejadian di masa depan nggak ada yang tahu, kan? 

Barangkali aja, kita harus terpaksa menunda keberangkatan yang sudah dijadwalkan. Entah karena sakit atau rencana kerja/keluarga batal mendadak. Kita bisa dipastikan akan kehilangan 100% biaya tiket dan biaya kamar hotel. 

Nah, di Traveloka kita hanya mengeluarkan biaya mulai dari Rp. 12.500 untuk tiket pesawat dan hotel. Seandainya ada pembatalan maka, kita bisa mendapat ganti rugi hingga jutaan rupiah. 


5. Jaminan Ganti Rugi untuk Semua Calon Penumpang

Di Traveloka, asuransi perjalanan tak hanya  diperuntukkan bagi calon penumpang maskapai full-service lho! Namun, berlaku juga untuk calon penumpang maskapai bertarif rendah (Low Cost Carrier). 

Tersedia dua jenis rencana perjalanan, yaitu Basic Plan untuk LCC dan Premium Plan untuk maskapai full-service. Biayanya juga sangat terjangkau, hanya Rp. 12.500 untuk LCC sekali jalan dan Rp. 22.000 untuk maskapai full-service sekali jalan. 

Untuk perjalanan pulang-pergi, tersedia juga asutransinya. Hanya syaratnya, antara waktu keberangkatan dan kepulangan tidak boleh melebihi 30 hari. Biaya asuransinya untuk LCC dan full-service, masing-masing sebesar Rp. 24.500 dan Rp. 44.000.  


6. Klaim yang Mudah

Traveloka memberikan kemudahan proses klaim asuransi bagi nasabah dengan menghadirkan fitur klaim pada aplikasi mereka. 

Kita tinggal membuka halaman "My Insurance" lalu pilih "klaim". Klik tombol "Buat Klaim Baru" di bagian bawah halaman. 

Pilih polis dan manfaat yang ingin diklaim. Isi formulir klaim lalu kirimkan permintaan klaim kita. Setelah klaim diajukan, konfirmasi nomor klaim akan dikirim dalam 1 hari kerja.

Lengkapi dokumen dan syarat klaim asuransi agar proses klaim berjalan lancar. Kita juga bisa memantau perkembangan status klaim di halaman aplikasi Traveloka.


Cara Mendaftar Asuransi Perjalanan Traveloka

Seperti yang sudah saya tulis di atas, bahwa mendaftar atau membeli asuransi perjalanan dari Traveloka itu nggak ribet. Bahkan prosesnya terbilang cepat. 

Asalkan kita sudah memiliki status WNI atau WNA dengan izin tinggal (KITAS atau KITAP) berusia 18-80 tahun, kita bisa memiliki asuransi ini. 

1. Buka aplikasi atau website Traveloka. Pilih Asuransi/Insurance. Pilih Asuransi Perjalanan/Travel Insurance. 

2. Pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kita. Jangan lupa untuk membaca manfaat, syarat dan ketentuan yang berlaku, dan cara klaim. Amati juga hal-hal yang tidak termasuk dalam perlindungan asuransi.

3. Masukkan Detail Tertanggung. Berikan tanda centang (✔) untuk menyetujui Syarat dan Ketentuan. Klik "lanjutkan". Lalu pastikan bahwa pesanan sudah sesuai. 

4. Klik "Lanjut ke Pembayaran". Lakukan pembayaran. Kita bisa melihat status pesanan pada "Lihat Progress Pembelian. 

Selain membeli asuransi perjalanan secara lamgsung kita juga bisa didapatkan ketika sedang mengisi formulir  pemesanan pada Tiket Pesawat, Hotel dan Kereta Api di aplikasi Traveloka. 

Nikmati kenyamanan bepergian bersama Traveloka Travel Insurance yang #JujurGunaBanget untuk meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi saat perjalanan. 




0 Komentar