Jumat, 06 September 2019

Jualan Online di Blibli.com? Siap-siap Hadapi Banjir Pesanan Harbolnas!

Image Canva edit by Yustrini

Makin hari hidup kita makin dipermudah, mau usaha nggak usah bingung cari modal banyak atau cari tempat. Karena cukup punya akses internet jualan pun bisa dilakukan dari rumah. 

Asal punya kemauan yang kuat untuk belajar, apa saja bisa dikerjakan saat ini. Nggak lagi gaptek atau kudet semua bisa dipelajari termasuk berjualan online di Blibli.com. 

Tahukah teman, nggak terasa kita sudah memasuki bulan-bulan terakhir di tahun 2019. Itu artinya kita harus bersiap-siap menghadapi momen untuk mendulang rupiah lebih banyak karena akan ada Harbolnas.

Apa itu Harbolnas?

Harbolnas merupakan kependekan dari Hari Belanja Online Nasional, sebuah kegiatan tahunan yang diselenggarakan bersama oleh berbagai toko online di Indonesia. Harbolnas biasanya jatuh pada tanggal 12.12 namun ada juga yang mengadakan di tanggal 11.11. Di hari itu ratusan toko online akan mengadakan promo besar-besaran yang digencarkan oleh para pelaku e-commerce termasuk Blibli.com. Harbolnas sudah diadakan 6 kali sejak tahun 2012 silam dan kini akan memasuki tahun yang ke-7. 

Kegiatan ini juga didukung dari pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logistik hingga media. Dapat dipastikan bahwa akan banyak sekali pelanggan toko online yang akan memanfaatkan momen tersebut untuk berburu barang idaman. Wah, siap-siap aja nih buat para Blibli Seller menghadapi lonjakan pesanan.

Nah, biar nggak ketinggalan kesempatan dan merugi pas Harbolnas, rekan Blibli Seller kiranya perlu mempersiapkan diri dari sekarang, apa saja yang dibutuhkan termasuk tenaga dan perlengkapan menghadapi lonjakan pesanan. 

Apa saja sih yang perlu disiapkan oleh para Blibli Seller menghadapi Harbolnas nanti?

1. Ikuti Training Online dan Offline 

Kumpulkan informasi tentang promo apa yang akan diadakan oleh Blibli.com dengan mengikuti training online tentang persiapan Harbolnas pada tanggal 13 dan 27 September 2019. Catat juga jadwal pelatihan Blibli Seller yang lain agar kemampuan berjualan dan meningkatkan usaha semakin lancar. Gabung dan ikuti update dari Instagram Komunitas Blibli Seller biar ilmu jualan online kamu makin melejit.

Instagram Komunitas Blibli Seller

2. Pelajari Fitur Penjualan

Pelajari sistem penjualan yang baik termasuk penggunaan fitur-fitur dalam aplikasi penjualan Blibli.com.

3. Perlengkapan Teknologi 

Siapkan perlengkapan teknologi dan internet agar bisa melayani pelanggan dengan tepat dan efisien. Jangan sampai gigit jari gara-gara mesin printer macet, internet lelet atau low bat, bisa-bisa pembeli kabur karena slow respon. Sayang, kan?

4. Label Nama dan Alamat

Siapkan juga label nama dan alamat dengan format yang rapi. Biar pas hari H tinggal masukin aja data sesuai informasi yang kita dapat. Buat agar mudah digunting dan tempel.

5. Pengemasan

Persiapkan perlengkapan packing seperti gunting, selotip, kotak pembungkus dan peralatan yang dibutuhkan untuk mengirim barang.

6. Perhatikan Kualitas Barang 

Cek kualitas barang dan jumlah stok barang yang dijual. Pastikan barang yang tersedia itu berkualitas baik agar pembeli puas dan kembali lagi ke toko kita.

7. Tampilan Barang 

Percantik toko kita dengan foto yang berkualitas dan deskripsi barang yang jelas agar pembeli merasa yakin dengan barang yang akan dibelinya.

8. Update Harga Barang

Update selalu harga di toko kita dan siapkan promo spesial agar menarik pembeli.

9. Siapkan Tim Sukses

Siapkan tim pelayanan yang tepat jika perlu tambah karyawan agar semua pesanan dapat diselesaikan dengan lancar.

Nah, jika teman-teman ada saran yang lain boleh juga menambahkan tips persiapan untuk menerima banjir orderan pas Harbolnas nanti. Semangat terus jualan online di Blibli.com ya Blibli Seller!

Mengapa Berjualan di Blibli.com?

Kalau menurut saya jualan online di Blibli.com itu menguntungkan karena alasan di bawah ini:

SS Blib.li/merchantcorner

1. Tersedia Banyak Pilihan Kategori

Banyak sekali piihan kategori barang yang bisa dijual di Blibli.com, jika diteliti maka ada 16 jenis kategori. Dimulai dari Galeri Indonesia, Blibli Mart, Handphone & Tablet, Olahraga & Aktivitas Luar Ruang, Komputer & Laptop.

Ada juga Mainan & Video Games, Peralatan elektronik, Fashion Pria, Home & Living, Fashion Wanita, Ibu & Anak, Tiket & Voucher, Kesehatan & Kecantikan, Otomotif dan tak ketinggalan ada kategori Tour & Travel.

Tidak usah ragu untuk mulai jualan online di Blibli.com, apalagi sudah mendekati Harbolnas pasti akan sangat menguntungkan jika dimulai sekarang.  

2. Gratis Photo Produk

Foto merupakan unsur penting dalam menarik pembeli agar mau membeli produk di toko kita, apalagi saat Harbolnas nanti. Para Blibli Seller harus berlomba-lomba menarik pengunjung. Oleh karena itu, foto yang dipajang tentu harus terlihat profesional, menarik dan terkesan tidak asal-asalan. Sayangnya untuk membuat foto tentu dibutuhkan kepandaian dalam memakai kamera. Jika menggunakan jasa fotografer tentu akan mahal. Tetapi Blibli Seller usah takut karena setiap penjual di Blibli.com dapat menikmati fasilitas foto produk secara gratis. Wah, baik banget kan Blibli.com ini?

3. Kemudahan Proses Pengiriman

Bersama Blibli.com tidak usah khawatir tentang proses pengiriman karena Blibli.com memiliki kerjasama dengan lebih dari 30 logistik yang akan mempermudah proses pengiriman ke seluruh Indonesia. Jadi tinggal pilih saja mana yang cocok dan pas untuk mengantarkan barang ke pelanggan. 

4. Asuransi Pengiriman Produk

Mengirim barang dan sampai ke pelanggan adalah salah satu hal yang tidak bisa disepelekan. Karena risiko barang rusak, cacat di perjalanan juga sangat besar. Bisa-bisa kita kehilangan barang, uang tidak diterima dan pelanggan kabur, rugi berlipat-lipat deh! Untuk itu, Blibli menjamin keamanan produk yang dikirim para seller dengan jaminan asuransi. Sehingga Blibli Seller tidak perlu menanggung risiko pengiriman dan tetap merasa aman dalam berjualan.


5. Kemasan gratis

Untuk meminimalisir risiko barang rusak diperjalanan, maka Blibli.com memberikan box kemasan dalam berbagai ukuran yang disediakan gratis. Sehingga Blibli Seller tidak perlu repot memikirkan mendesain kemasan, tinggal pilih ukuran sesuai dengan kebutuhan.

6. Gratis Biaya Kirim

Salah satu pertimbangan dalam berjualan online adalah masalah ongkir. Pembeli dan penjual sama-sama berhitung jika sudah menyangkut ongkir. Menariknya di Blibi.com ini memberikan fasilitas gratis biaya pengiriman hingga ke seluruh Indonesia untuk setiap produk reguler. Asyik, kan? 

7. Layanan Merchant Care

Blibli.com juga menyediakan fasilitas layanan Blibli Seller. Layanan ini tersedia setiap hari mulai pukul delapan pagi hingga sepuluh malam, bisa melalui surel dan telepon. Sehingga jika ada kesulitan penjualan, call-center ini siap membantu.  

8. Terdepan dalam Inovasi In Store 

Blibli.com menyediakan fasilitas khusus berupa panel biru berlayar sentuh agar pembeli dapat bertransaksi online ketika sedang berbelanja offline. Melalui layanan ini, penjual dapat menjual barang secara online melalui Blibli tetapi barang bisa dipilih langsung oleh pembeli. Makin mudah kan mewujudkan jualan untung ga tanggung-tanggung bersama Blibli.com?


Instagram Komunitas Blibli Seller 
Artikel ini diikutsertakan dalam Blibli Seller Blog Competition Tema Bulan September: Bersiap Hadapi Lonjakan Pesanan Di Harbolnas Blibli.com.



6 komentar:

  1. Wah,download deh,belum pernah tengok2 aplikasi ini nih kak.makasih ya infonya.

    BalasHapus
  2. Jadi makin mateng pengen jualan online๐ŸŒน๐Ÿคง๐Ÿคง

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo semangat, semoga sukses jualan onlinenya ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

      Hapus
  3. Gak punya online shop wkwkwkwk, bisanya cuma belanja, gak bisa dagang. Sama ngeblog deh, hehehe...

    Perlu perencanaan yang matang yah, biar penjual siap lahir bathin dengan segala risiko yang timbul dari jualan olshop.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalo Mas Hendra ini dah masternya ngeblog nih!

      Iya, perlu perencanaan matang kayak ngeblog juga. He, he...

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.