Kamis, 07 September 2017

Cara Hidup Sehat agar Terhindar dari Berbagai Macam Penyakit.

Kata orang menjaga kesehatan itu mahal, tetapi menyembuhkan penyakit jauh lebih mahal. Nggak mau kan jika tiba-tiba ada banyak penyakit yang bersarang dalam tubuh kita? Karena itu kita harus menjaga pola makan kita dari sekarang. Salah satunya adalah dengan memakan makanan sehat dan bergizi, tidak sembarangan jajan di luar rumah. Lebih baik memasak sendiri atau memesan catering sehat yang sudah terpercaya bila kita tidak punya banyak waktu untuk memasak sendiri.

Cara Hidup Sehat agar Terhindar dari Berbagai Macam Penyakit.

1. Selalu menjaga pola makan yang seimbang.

Sumber: liquo8.com

Segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik, menurut buku bacaan yang saya baca, kesehatan manusia akan tercapai jika kebutuhan nutrisinya dapat terpenuhi. Nutrisi di sini meliputi karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral. Sangat disarankan agar kita makan berbagai macam makanan seperti buah, sayur dan protein hewani.

2. Menjaga pikiran supaya selalu berpikir positif.


Sumber: halosehat.com

Hati yang gembira adalah obat yang manjur, namun semangat yang patah keringkan tulang, demikian kata alkitab. Tetangga saya ada yang merasa ada yang tidak beres dengan jantungnya, setiap hari ia khawatir dan menyangka bahwa ia akan terkena serangan jantung. Namun hal itu tidak pernah terjadi bahkan dokter berkata bahwa jantungnya baik-baik saja dan tidak ada yang bermasalah dengan kesehatannya, tapi tetangga saya tetap saja merasa sakit. Usut punya usut nih, ternyata ia mengkhawatirkan suaminya akan menikah kembali. Nah, dari sini kita menarik kesimpulan bahwa rasa khawatir yang berlebihan akan membuat kita merasa 'sakit' padahal sebenarnya kita baik-baik saja. 
Ada juga orang yang pernah nge-kost di rumah saya yang menderita kanker namun ia selalu menjalani hidup dengan pikiran yang optimis bahwa dirinya tidak sakit. Ia pun tidak pernah mengeluhkan rasa sakit yang menggerogoti tubuhnya malah ia selalu menyemangati orang-orang di sekitarnya agar menghargai kehidupan ini. Akhir tahun lalu saya mendengar bahwa sakit kankernya telah dinyatakan bersih.

3. Menjaga kesehatan dengan selalu menjaga kebersihan.


Sumber: Dokterku.co.id

Mencuci tangan sebelum makan adalah hal yang wajib saya lakukan agar terhindar dari sakit. Saya punya pengalaman pribadi tentang kebiasaan ini, ceritanya saya malas mencuci tangan dengan sabun, padahal saya baru pulang dari berpergian. Hasilnya seminggu saya demam terkena gejala typus. Nggak lagi-lagi deh saya makan dengan tangan yang tidak dicuci dengan sabun.
Menjaga kebersihan adalah kunci utama dalam menjaga kesehatan. Sebaik apapun fisik kita, kuman akan terus masuk lewat tubuh kita, entah itu tangan, kaki maupun anggota tubuh yang lain.

4. Menjaga berat badan supaya tetap ideal.


Sumber: Smart Detox


Berat badan naik sudah jadi hal yang menakutkan buat saya, karena saya wanita. Biasanya bila sudah telanjur gemuk akan sulit sekali untuk menurunkan berat badan. Agar badan tidak gemuk saya membatasi asupan makanan yang mengandung lemak seperti daging, gorengan, kue-kue dan makanan manis. Bila berat badan sudah terlalu naik, maka saya harus memasukkan menu diet seperti jus buah atau sayur dan meminum banyak air putih.

5. Minum Vitamin dan rajin minum air putih.


Sumber: info manfaat.


Meminum suplemen yang tersedia di apotik juga dapat menunjang agar selalu memiliki stamina yang fit dan tidak mudah terserang oleh berbagai macam penyakit.

6. Rajin berolahraga.


Sumber: Hipwee.com


Selalu meluangkan waktu untuk berolahraga setidaknya 30-60 menit sehari dan minimal 3 kali seminggu. Berjalan kaki 30 menit sehari dapat mencegah terjadinya penyakit radang sendi, melawan kegemukan, menyegarkan pikiran, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, selain itu membuat aliran darah lebih lancar.

7. Tidur yang cukup.


Sumber: Klik dokter.


Menurut penelitian tidur yang cukup adalah sekitar 7 jam sehari, bila kurang dari itu maka akan menyebabkan penurunan kadar Leptin dan meningkatkan kadar Ghrelin. Leptin adalah sebuah hormon yang berasal dari sel lemak yang bersifat mengurangi nafsu makan. sedangkan Ghrelin merupakan peptida yang berasal dari lambung yang justru meningkatkan nafsu makan.

Menjaga kesehatan sebenarnya cukup mudah, cukup dengan mengkonsumsi makanan dengan nutrisi lengkap dan yang sesuai dengan kebutuhan karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda menurut usia, jenis kelamin, aktivitas sehari-hari dan berat badan. Kini tidak perlu khawatir karena ada situs www.gorrygourmet.com yang menyediakan menu untuk orang yang ingin berdiet, menaikkan masa otot dan penanganan khusus bagi penderita diabetes.    

Sumber informasi:

* klikdokter.com
*Segudang Tips Praktis Masalah-masalah Harian-Imam Wahyu Winaris.





4 komentar:

  1. ngerasain berat itu sekarang adalah tidur yang cukup hehehe.
    Kalau karbohidrat sedang dalam proses mengurangi
    .
    Salam kenal ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali, mbak. Makasih udah berkunjung :)

      Hapus
  2. Makanan yang di ada di gorrygourmet walaupun kelihanya seperti berlemak, tapi takarannya pas, jadi gak bikin gemuk bagi yang memakanya. Kangamir dot kom

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.