Tips memilih hosting


Halo Sobat Catatan Yustrini, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan yang sehat dan bahagia, ya. Sesuai judul, di postinganku kali ini aku mau membahas soal hosting.

Namun sebelum memulai, aku mau curhat sedikit nih! Ceritanya sih, aku pengen bikin blog baru biar ada semangat baru juga buat menulis.  Di samping itu, aku juga mau belajar mendalami platform blog lain dengan menyewa hosting. 

Jujur, aku pengen bisa mendalami WordPress karena ada banyak fitur yang sangat menarik di dalamnya. Dan tampilan websitenya bisa terlihat semakin profesional. 

Sayangnya, aku masih sangat buta dengan cara menggunakan platform blog selain Blogger. Alhasil, blog itu menjadi tidak terurus dan saat harus memperpanjang sewa hosting, aku pun mundur dengan teratur. 

Nah, belajar dari kesalahanku tersebut, sebaiknya sebagai pemula, kita cari hosting murah yang pas sesuai kebutuhan. 

Kenalan Dulu dengan Domain dan Hosting 

Oke, pertama kita harus mengerti dulu soal perbedaan domain dan hosting. Jujur, sebagai blogger pemula, kedua istilah ini cukup bikin aku bingung. Tetapi buat kamu yang sudah sering ngeblog atau memiliki website lama pasti sudah tidak asing lagi dong, dengan istilah domain dan hosting. Ya, keduanya memang nggak bisa dipisahkan. Ibarat rumah dan halamannya, mereka udah menjadi satu paket. 

Sederhananya, domain itu adalah alamat website. Di mana jika kita mengetik misalnya, www.catatanyustrini.com maka kita akan mengarah ke blog Catatan Yustrini

Sedangkan hosting adalah tempat di mana alamat website dan segala isinya berada. Tanpa hosting, mustahil sebuah alamat website dapat ditampilkan. 

Bagi pengguna blogspot, tetaplah menggunakan hosting yang menumpang pada pemiliknya, yaitu Google secara gratis. Sementara pada platform blog yang lain, misalnya WordPress, bisa menyewa hosting di salah satu penyedia layanan hosting. Dan tentu saja pemilik website harus membayar sekian rupiah untuk membeli layanan tersebut. 

Saat ini ada banyak sekali provider yang menawarkan paket hosting murah. Namun ada banyak faktor yang perlu diperhatikan sebelum memilih hosting, biar nggak nyesel kemudian. 

Faktor-faktor yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Hosting 

Hosting untuk pemula


Performa hosting yang menyimpan data website kita harus sangat baik dalam menampilkan gambar, video atau animasi. Jika tidak, website kita bisa loadingnya lama atau parahnya tidak bisa diakses oleh pengunjung. Selain itu penting untuk memperhatikan keamanan yang ditawarkan oleh provider, supaya data yang ada jangan sampai hilang atau jatuh ke tangan penjahat online. 

Oleh karena itu, penting bagi kita yang mau membeli hosting untuk memperhatikan beberapa hal. Bukan cuma harga murah, tapi hosting yang dipilih juga harus berkualitas. Dan aku sudah ngumpulin beberapa info gimana cara cari hosting murah dan berkualitas dalam rangkuman berikut ini! 

Cara Memilih Hosting Murah Bagi Pemula 

1. Kenali Tujuan dan Kebutuhan Website Kita

Pertama, kita tentukan dahulu apa tujuan kita membuat website. Hanya untuk blog pribadi kah atau bisnis online kah? Meski baru memulai ngeblog, menentukan tujuan akan membuat kita lebih semangat. 

Berapa kira-kira pengunjung yang bakal datang setiap hari? Website kamu mau banyak nampilin video streaming atau dominan dengan tulisan? 

Hal ini berkaitan dengan berapa kapasitas penyimpanan dan jenis hosting yang kita pilih. Apakah cukup dengan shared hosting atau butuh VPS hosting

Jangan sampai hosting yang kita pilih itu bermasalah karena tidak mampu menampung banyaknya pengunjung. Bahkan jadi tidak bisa diakses, kalo sudah begini bisnis kita bisa rugi dong! 

2. Perhatikan Fitur Layanan yang Ditawarkan

Yang perlu diperhatikan dalam memilih hosting kedua adalah fitur layanan yang diberikan. Selain kapasitas RAM, hosting yang dipilih baiknya memiliki sistem keamanan seperti adanya anti-malware, anti-spam. Pastikan juga hosting itu memberikan jaminan uptime 99%, sehingga website bisa diakses kapan saja selama 24 jam non-stop. 

Perhatikan juga server penyedia hosting. Apakah hanya ada di Indonesia, atau juga di luar negeri? Untuk menjangkau pelanggan di Indonesia, baiknya kita memilih hosting dengan server di Indonesia. 

3. Pilih Hosting dengan Keamanan Backup Data 

Hosting ini berisi data-data penting, jadi pastikan kita benar-benar memilih penyedia hosting terpercaya. Yaitu yang dapat melindungi keamanan data kita dari ancaman kehilangan data atau kerusakan data. Sebaiknya pilih hosting yang menyediakan fitur backup data setiap hari. 

4. Cek Ulasan Pengguna 

Seperti membeli barang secara online, membeli hosting juga sama. Pastikan kita membaca secara seksama ulasan yang diberikan oleh pengguna hosting. Berapa tingkat kepuasan mereka dalam menggunakan layanan hosting. Fitur unggulan apa yang disukai. Bila perlu bertanyalah kepada teman-teman yang kita kenal yang sudah menggunakan hosting lebih dulu. Biasanya mereka akan memberikan ulasan jujur dan membagi pengalaman pada kita. 

5. Pilih Hosting dengan Tim Support Terbaik

Tak kalah penting kita harus bisa memilih penyedia hosting yang memberikan layanan baik bagi para penggunanya. Jadi jika suatu waktu terjadi masalah pada website kita, ada tim yang siap membantu untuk mengatasinya. 

Bila perlu tanyakan juga apakah bisa membantu selama 24 jam setiap hari? Dan apakah bisa menuntaskan permasalahan atau kendala yang biasanya dialami oleh para blogger pemula. 

6. Sesuaikan dengan Dana yang Ada

Nah, siapa nih yang setuju dengan poin ini? Betul. Bagaimanapun membeli hosting harus disesuaikan dengan dana yang kamu punya. Jangan sampai mengeluarkan isi dompet banyak tetapi jadi tekor karena semua butuh proses termasuk ngeblog. Apalagi jika baru belajar. 

Lebih baik membeli paket hosting murah dengan kapasitas RAM yang kecil, lalu jika website sudah berkembang bisa ditambah dengan yang lebih besar. 

7. Pilih Pembayaran Bulanan


Kita tak perlu membayar hosting dalam waktu yang panjang. Agar terasa lebih ringan, sebaiknya pilih 1 bulan, 2 bulan atau 3 bulanan. Barulah setelah dirasa lancar ngeblog kita bisa sewa langsung 6 bulan atau satu tahun. 

8. Pilih Provider Hosting yang Sudah Terpercaya 

Sebaiknya pilih penyedia hosting yang sudah lama dipercaya oleh banyak pelanggan seperti DomaiNesia. Bukan cuma murah, layanan hosting DomaiNesia juga dilengkapi dengan fitur WordPress Accelerator, Page Speed dan Redis sehingga website sangat cepat jika diakses pengunjung. 

Ada juga garansi 99,9% uptime sehingga website bisa diakses terus kapan saja, di samping itu ada pilihan 5 lokasi server yang tersebar di beberapa negara. Dilindungi dengan anti virus dan anti spam menjaga website dari serangan hacker atau penjahat online. DomaiNesia pun menyediakan tim support yang aktif 7x24 jam non-stop yang selalu sedia melayani keluhan pengguna. 

Nah, semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat bagi kamu yang sedang mencari hosting untuk memulai website pertamamu. 


0 Komentar