Kamis, 20 September 2018

Maker Fest 2018 Yogyakarta, Bentuk Apresiasi untuk Produk Kreasi Lokal Indonesia

Acara Maker Fest 2018 di Lap. Parkir Mandala Krida, Yogyakarta.

Hai, hai, hai. Gimana kabar kalian semua? Saya selalu berdoa agar kalian tetap dalam keadaan sehat selalu biar bisa mengunjungi catatan saya ini. Makasih sebelumnya buat kamu-kamu yang udah menyempatkan diri untuk membaca blog saya yang agak berantakan.

Kali ini saya mau mengulas saat saya pergi ke Maker Fest 2018 yang telah diadakan di Yogyakarta pada tanggal 15 & 16 September 2018 kemarin. Soal Maker Fest sebenarnya saya udah secara sekilas tahu lewat iklan di IG tapi nggak tertarik juga. Sampai waktu mau datang KKR di gereja yang ada di Jogja City Mall suami saya menangkap ada booth Maker Fest 2018 karena penasaran, kami langsung aja ke sana. Sama mas-mas yang nunggu malah ditawari untuk mendapatkan merchandise gratis dari Tokopedia. Wah, pucuk dicinta ulam pun tiba. Kalo untuk yang gratis, kami berdua sih cepet. Ha, ha, ha.

Foto dulu buat diupload di IG.

Ok, kami harus melakukan syaratnya lebih dulu. Simple kok, cuma foto di booth yang sudah disediakan, upload ke Instagram dengan men-tag 10 teman (agak berat sih, karena saya sungkan buat ngasih tag ke teman IG, takut mengganggu). Trus suruh daftar di web Maker Fest 2018 Yogya, lalu men-download barcode, foto cekrek, upload. Udah deh,langsung dapat merchandise. Pilihannya ada gantungan kunci, tote-bag, kaos. Kami pilih kaos aja. Lumayan kan?

Apa Itu Maker Fest 2018?

Pintu gerbang masuk ke Maker Fest 2018. Cukup tunjukkin aplikasi Tokopedia kamu di HP untuk bisa masuk.

Sebenarnya saya juga nggak begitu ngeh sama Maker Fest 2018, tetapi jika melihat acaranya itu merupakan sebuah wadah di mana para pengusaha produk lokal atau pemilik ide usaha baru bisa memperkenalkan produknya lewat kompetisi dan festival yang diadain sama sebuah perusahaan e-commerce yaitu Tokopedia. Mereka nantinya bersaing untuk memenangkan hadiah untuk tiga merk produk kreasi lokal terbaik yaitu berupa pembinaan bisnis, pendampingan pemasaran merk dan menjadi ikon kreator bisnis untuk makers di seluruh Indonesia.

Jadwal acara.
Maker Fest 2018 ini sudah diadakan di Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan akan hadir di Makasar dan yang terakhir ada di Denpasar. Akan ada 30 kreator terpilih dari setiap kota. Dan para kreator inilah yang akan berjualan dan memperkenalkan produk ke pengunjung saat Rundown MakerFest 2018 berlangsung. Di sana ada workshop, talkshow, bazaar dan musik. Kalo di Jogja udah berlangsung kemarin pas tanggal 15-16 September, di Surabaya akan berlangsung tgl 29-30 September, Makasar 13 & 14 Oktober dan Denpasar tgl 3 & 4 November. Buat kamu yang berminat mau daftar kompetisi masih di buka kesempatan untuk event di Makasar dan Denpasar. Untuk lebih jelasnya buka aja di Maker Fest 2018.

Ada point reward kalo kamu ikut workshop atau memberi rating ke booth yang bertanda "Rate Me".

Trus besoknya kami pergi ke lapangan parkir Mandala Krida untuk melihat ada apa sih di sana. Acaranya sih nggak begitu menarik buat saya. Tapi saya semangat minta scan barcode di setiap booth yang bertanda "rate me" buat ngumpulin poin yang bisa ditukar sama merchandise Maker Fest 2018. Ada juga merchandise dari Tokopedia saat kita bayar produk digital di stan Tokopedia.


Creatif Talkshow sama Achmad Cliff Yusron dan Herlina Dewi dari Stiletto Books.
Suami saya nggak mau diajak muterin stan tapi dia cuma duduk di sebuah foto booth dan kejepret-jepret sama orang-orang yang selfi. Ha, ha, ha. Saya kembali saat udah capek lihat-lihat sambil minta scan. Agak gimana gitu, karena kebanyakan booth malah gadget yang buat scan lagi dibawa-bawa buat cari rate ke booth lain. 

Panggung musik yang belum begitu ramai oleh pengunjung.
O ya, untuk dapat masuk ke Maker Fest 2018 pastikan kamu sudah mendownload aplikasi Tokopedia di smartphone kamu untuk ditunjukan ke petugas. Nggak perlu khawatir, acara ini gratis kok. Ada juga permainan seru, foto booth, stan makanan, booth NET TV, workshop dan penampilan dari Sungai, Rubah di Selatan, Bravesboy, Pusakata, Gie, Tashoora, The Rain dan Mocca juga Raisa. Kegiatan Maker fest 2018 ini akan ada juga di Makasar dan Denpasar pada bulan Oktober dan November mendatang. Ikuti IG Maker Fest untuk info selanjutnya. Dah!!

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.