ASUS E202

Menjadi Kreatif Bersama ASUS E202 untuk Mewujudkan Impian

  Saya akui sudah cukup lama nggak bikin artikel di blog ini. Alasannya malas karena saya nulis lewat smartphone, yang tentu hasilnya kurang begitu bagus jika saya menulis lewat komputer atau notebook. Hmm, harus lirik-lirik tabungan nih, supaya bisa beli perangkat yang lebih mendukung hobi saya menulis di blog. Memang saya masih baru banget di media yang satu ini baru sekitar setahun lebih. Jika diibaratkan seperti bayi, blog saya ini masih imut-imut banget yang baru belajar berjalan. Postingannya pun masih amburadul, template juga seadanya, isinya nggak jelas, temanya juga gado-gado. Ck, ck, ck!

Itu semua karena saya belum memiliki perangkat yang tepat untuk membuat blog saya jadi lebih kece. Tapi nggak papa, semua butuh proses. Pelan-pelan tapi pasti, saya akan mewujudkan cita-cita dan impian saya sebagai blogger aktif dan penulis, yeah! Dan tulisan ini adalah salah satu usaha agar bisa memiliki notebook yang bagus banget keluaran ASUS, merk yang telah dikenal memiliki produk dengan kualitas luar biasa (doakan supaya tulisan ini menang ya!). Tujuan saya punya notebook adalah supaya saya lebih produktif dan kreatif dalam menulis.

MENJADI LEBIH KREATIF ITU SUATU KEHARUSAN BAGI SEORANG BLOGGER! 

Mengapa?

Tanpa kekreatifan maka orang akan melakukan hal yang sama tiap kali melakukan sebuah pekerjaan. Apalagi seorang blogger, nggak mungkin kan dia menulis hal yang sama di tiap postingan? Bisa-bisa nggak ada yang mau mampir ke blog-nya.

Saya pun dituntut harus KREATIF! Kenapa? Saya pengen maju, saya pengen menang lomba nulis blog, saya pengen berguna, syukur-syukur kalo blog saya juga menghasilkan pemasukan buat saya. Tapi saya terkendala dengan perangkat. Sekali lagi perangkat! Haruskah saya terus menatap layar smartphone ketika membuat artikel? Rasanya lelah, belum lagi jika tiba-tiba error pada aplikasi smartphone, kehabisan paket data sementara artikel yang saya ketik belum disimpan. Ohhh,, mengerikan!!! Saya harus ketik ulang tulisan saya! Iya, kalo punya draft di kertas atau buku. Tinggal ketik ulang, selesai. Tapi seringnya saya suka mengetik langsung di HP.

Mau mengetik di rental komputer? Nggak bisa juga, karena saya harus menunggu warung makan juga di rumah. Beli komputer PC? Bukan ide yang baik. Karena rumah sempit, mau ditaruh di mana???

Jalan keluarnya apa dong?


harus punya notebook

Yeah! Betul, saya butuh notebook. 

Tapi adakah notebook seperti yang saya mau?
Pertimbangan saya yang pertama ialah soal ukuran. Harus mungil supaya nggak berat jika dibawa berpindah dari kamar ke ruang tunggu saya di warung atau diajak nongky cantik di cafe atau taman. Baterai juga harus tahan lama saat dipakai untuk mengetik, nyaman digunakan alias nggak bikin capek. Trus harus punya ruang penyimpanan yang banyak untuk menyimpan file naskah cerita, foto-foto, video dan film. Pertimbangan yang terakhir tentu masalah harga, saya mau notebook dengan harga terjangkau tapi kualitas tetap oke. 

Adakah notebook seperti yang saya mau?

NOTEBOOK ASUS E202 MENJAWAB KEBUTUHAN SAYA

Ah, masa?

Serius? Iya, ini nih keunggulan ASUS E202 yang akan membuat saya jadi nggak bakal nganggur lagi. Mau bikin artikel, bikin resensi buku, bikin cerpen mau kirim-kirim e-mail tinggal buka notebook. Beres. Dan rencana saya jika sudah punya notebook ASUS E202, saya mau belajar desain grafis buat bikin poster atau infografik buat tampilan blog saya lebih baik dan bermutu. Sehingga ada kemungkinan untuk menang lomba blog *tepok tangan, yeahh! 

Berbagai Keunggulan ASUS E202:

Memiliki 4 pilihan warna yang memukau


ASUS biru


Notebook yang hadir dalam versi windows 10 dan DOS tersedia dalam pilihan warna Silk White, Dark Blue, Lightning Blue dan Red Rouge.  

Jadi nggak melulu berwarna hitam seperti warna laptop pada umumnya, ASUS E202 ini lebih kece karena memiliki warna-warna yang ekspresif sehingga lebih mencerminkan kepribadian si pemilik. Kalau saya suka sama warna birunya yang cerah mencerminkan karakter saya yang tenang dan anggun (ciee!). Bisikin ke mba @uniekkas ah, "stt, saya dikasih yang warna Lightning Blue ya!" He, he, he.

"Boleh, boleh, pilih di toko ya!"
Ha, ha, ha...

Ukuran dan baterai yang tahan lama


laptop


Notebook berukuran A4 menggunakan proseccor Intel hemat daya dengan menawarkan masa aktif baterai hingga 8 jam, dan memiliki port USB 3,1 Type-C yang sangat menghemat waktu, karena USB dapat dicolok dengan berbagai arah dengan colokan reversible setiap saatnya dan kecepatan transfer USB 3.1 ini lebih cepat 11x dibandingkan USB 2.0. 

Denger-denger nih, charger yang dipakai E202 ukurannya nggak lebih besar dari ukuran kartu kredit yang panjangnya cuma 53 mm. Jadi lebih mudah untuk dibawa-bawa kan?

Touchpad 36% lebih besar


touchpad

ASUS E202 ini memiliki touchpad yang responsif selayaknya sebuah smartphone dan memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Ukurannya pun 36% lebih besar dari touchpad pada laptop sejenis berukuran 11.6 inchi.

ASUS Smart Gesture


smart gesture

Touchpad pada ASUS E202 memiliki fitur teknologi ASUS Smart Gesture untuk touchpad yang lebih intuitive dan memiliki banyak fungsi seperti pada touchpad layar sentuh. 

touchpad

Durable, full-size chiklet keyboard


keyboard

Salah satu keunggulan dari ASUS E202 terletak pada keyboardnya. Buat saya keyboard menjadi elemen yang sangat penting mengingat kebutuhan saya dalam memakai notebook adalah fungsi pengetikan. 
Mengetik itu butuh kenyamanan juga, nggak asal ketak-ketik aja. Mau pakai jari sepuluh kek, atau pakai jari sebelas *eh, dua jari maksudnya. Tetep kenyamanan itu nomor satu.
Dengan desain one-piecce chiclet keyboard membuat pengalaman mengetik jadi berbeda. Apalagi jarak antar keyboard 1,66 mm membuat pengetikan semakin nyaman dan kokoh bahkan tahan sampai 10 juta kali pengetikan.

Tingkat kebisingan yang sangat rendah


asus

ASUS E202 memiliki desain yang sangat tipis dan tingkat kebisingan yang sangat rendah karena didesain tanpa kipas (fanless) sehingga tidak berisik. Cocok nih buat dibawa ke tempat yang memerlukan ketenangan seperti perpustakaan, panti jompo dan rumah sakit.
Selain itu, desain tanpa kipas membuat perawatan laptop lebih mudah karena perangkat jadi tidak gampang berdebu dan lebih hemat energi karena tidak ada daya yang dipakai untuk memutar kipas. Pokoknya pas banget jika saya punya notebook ini, karena saya nggak bisa menulis dalam suasana yang bising. Selain itu tidak membuat ibu saya kebisingan jika saya ingin memakai notebook di malam hari.

Dilengkapi dengan teknologi nirkabel 802.11ac dan Bluetooth 4.0

Desain minimalis tak membuat notebook ASUS E202 kalah performa justru kita akan dimanjakan dengan teknologi terbaru 802.11ac yang memungkinkan kita browsing, download serta streaming video 3x lebih cepat dibandingkan 802.11n.

Ukuran lebih kecil kertasA4


ASUS EeeBook E202

Bayangin aja ukurannya lebih kecil dari kertas A4, dimensinya hanya 29,7 x 19,4 x 2,14 cm dengan berat sekitar 1,21 kg! Jadi nggak memberi banyak beban jika mau dijinjing ke mana-mana, nggak seperti bawa beban kehidupan #ehh. 
Biar kecil tapi memiliki ruang penyimpanan yang cukup luas yaitu 500GB. Sehingga tidak perlu kwatir kehabisan memori saat ingin mendownload foto, video dan film. 

KESIMPULAN


ASUS E202 jawaban kebutuhan notebook yang kucari selama ini. Desain minimalis namun tetap elegan, ringan dijinjing, sehingga bisa bekerja di mana saja, kapan saja dengan daya baterai yang tahan lama sampai 8 jam. Cocok dipakai siapa saja baik pekerja kantoran, mahasiswa, pengusaha atau blogger. Harganya juga cukup terjangkau untuk kalangan pelajar dan mahasiswa. Warnanya anak muda banget. Nggak membosankan menurut saya. 

Spesifikasi ASUS E202 dapat dilihat pada gambar berikut:

ASUS
Sumber : www.teknogrezz.com


Yang akan kulakukan jika punya notebook Asus E202: 

1. Bakal ngetik di notebook

Selama ini saya ngetik artikel, cerpen atau resensi di layar smartphone saya yang terbatas. Kadang tulisan saya mendadak hilang. Mata juga menjadi cepat lelah karena melihat layar yang kecil. Sepertinya saya juga akan bikin novel setelah punya notebook ini. 

Sayang dong jika sudah punya laptop keren didiemin aja. Lagipula dengan touchpad yang 36% lebih besar dan keyboard yang kokoh membuat mengetik jadi pekerjaan yang menyenangkan.

2. Belajar menggambar

Istilah kerennya belajar desain grafis. Buat apa? Bikin blog jadi keren dong! Biar makin banyak pengunjungnya, biar menang lomba blog, biar makin bermanfaat juga buat orang lain. Selain itu saya mau bikin banner, kartu nama, membuat animasi, desain undangan sampai desain rumah he,he pokoknya banyak.

3. Memposting dan mengedit video di media sosial

Sulit banget ternyata jika harus posting video melalui smartphone apalagi mengedit. Meski sudah memakai aplikasi tentu mengedit video di layar HP tak semudah di komputer atau notebook. Memindah dan memposting video atau foto juga lebih gampang dilakukan di notebook. Dengan desain minimalis namun dengan daya tahan baterai yang tahan lama, memungkinkan kita bisa berkompter seharian di mana saja dan kapa saja tanpa kwatir mencari sumber energi.

4. Menonton film bersama pasangan

Selain bermanfaat untuk bekerja dan hal kreatif lainnya notebook bisa berfungsi sebagai hiburan. Menonton di rumah melalui notebook tentu lebih irit jika dibanding harus pergi ke bioskop. Kebetulan saya punya pasangan yang suka nonton film, dia pasti suka diajak nonton bersama di rumah pakai ASUS E202 ini. 

5. Membuat postingan blog yang lebih terjadwal

Punya notebook baru harus semangat juga baru. Kemudahan disediakan agar kita lebih produktif lagi. Syukur-syukur sih menghasilkan uang lewat blog, karena saya juga membutuhkan sumber pendapatan baru dan dari dulu punya mimpi bisa cari uang lewat menulis. 

Jika sebelumnya saya memposting artikel di blog cuma 2-4 kali sebulan maka saya akan berusaha menyelesaikan 10 artikel dalam satu bulan.

6. Lebih sering ikut lomba menulis    

Jadi lebih pede kalau mau ikut lomba menulis dan mengikutkan tulisan ke lomba blog. Karena dibuat lebih leluasa dan maksimal. Berharap jadi juara di event-event lomba menulis baik yang kecil sampai yang tingkat lebih besar.
     
Seringkali saya gagal ikut lomba blog dikarenakan tidak memenuhi semua persyaratan yang ada. Misal harus bikin video, membuat infografik, membuat animasi. Itu semua hanya bisa dilakukan secara maksimal dengan komputer atau laptop.

7. Dapat berbisnis online

Sekarang mau tak mau sudah saatnya setiap usaha bergerak secara online. Malah baru-baru ini sistem daftar online sudah diterapkan di mana-mana, baik mau kuliah, sekolah bahkan mau periksa di rumah sakit pun harus daftar secara online. Beli makan, online. Pesan taxi, online. Makanya saya  
mau belajar untuk menekuni bisnis online sedini mungkin. Lewat ASUS E202 ini, diharapkan bisa mempermudah saya jika nantinya ingin berbisnis online.


Lomba blog



Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com.



Sumber informasi:

https://www.asus.com/id/Laptops/E202SA/
www.uniekkaswarganti.com/2017/05/ASUS-E202-blog-competition-produktif-dan-kreatif-di-mana-saja-dengan-notebook.html

Gambar & video diambil dari:

https://drive.google.com/drive/folders/0B312CSJeICmzOS1VZGEweUMzOWs

12 Komentar

  1. aku juga pengen punya notebook ASUS kak,biar makin produktif ngeblog

    BalasHapus
  2. Pengen banget punya notebook Asus E202 ini, sangat mendukung sekali untuk ngeblog ya mba

    BalasHapus
  3. Wah jadi selama ini ngetiknya di smartphone ? tapi salut deh biarpun terbatas tapi tetep semangat. By kangamir.com

    BalasHapus
  4. Terima kasih sudah ikutan #E202BlogCompetition. Good luck yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak. Pesertanya banyak bgt nih..

      Hapus
  5. laptop yang keren buat jiwa dinamis nih.

    BalasHapus
  6. blog nya simple tp menarik 👍

    salam kenal

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.