Jumat, 26 Januari 2018

MENCOBA RESEP : Original Klappertaart.

Saya ceritanya sedang pengen menyimpan resep biar nggak hilang. Foto di bawah itu foto udah lama sekali nggak tahu kapan lupa. Kayaknya foto ini pas pertama kali nyoba resep Klappertart. Jangan lihat tampilannya. Kalo mau coba bikin lebih bagus dari saya silahkan, ada resep aslinya di bawah. Saya bukan orang yang hobi nyobain resep baru, tapi karena saya pernah pergi ke suatu toko kue dan dibelikan sebuah klappertart yang menurut saya enak pake banget tapi sayang harganya mahal dan porsinya kecil. Jadi saya mau bikin sendiri. Waktu itu nyari resepnya di internet aja. Nyari yang kira-kira nggak nguras kantong lah. Akhirnya, taraa... inilah karya saya! Maafin kalo fotonya yang enggak banget buat kalian. 

Sekedar berbagi nih, menurut saya Klappertart ini pembuatannya nggak sulit cuma dulu pernah waktu ngocok putih telur nggak bisa ngembang. Nggak tahu kenapa. Entah telurnya yang dingin atau tempatnya yang masih basah. Mungkin dua faktor itu bisa mempengaruhi hasil akhir. Jika putih telur nggak ngembang waktu dikocok, otomatis nggak akan bisa menutup adonan yang dibawahnya. 

Original Klappertaart

Bahan A :

500 ml Air kelapa
40 gr Tepung terigu
25 gr Tepung maizena
125 gr Gula pasir
75 gr mentega
½ sdt vanili
100 ml susu kental manis
3 buah kuning telur
25 gr kenari, cincang
25 gr kismis
150 gr daging kelapa muda





Bahan B :

3 putih telur
50 gr gula pasir
10 gr tepung terigu
2 sdt kayumanis bubuk


Cara Membuat:

1.      Campur 250 ml air kelapa dengan semua tepung, aduk sampai larut, sisihkan.
2.      Campur sisa air kelapa, gula pasir, mentega dan vanili masak sampai mendidih. Masukan larutan tepung, masak sampai adonan mengental.
3.      Tambahkan susu kental manis, aduk rata.
4.      Ambil sedikit adonan, campur rata dengan kuning telur. Tambahkan kenari, kismis dan kelapa muda aduk rata.
5.      Tuang adonan di pinggan tahan panas yang sudah diolesi mentega. Panggang di oven bersuhu 180`C selama 20 menit.
6.      Bahan  B: Kocok putih telur hingga mengembang, tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok hingga kaku. Tambahkan tepung terigu, aduk rata.
7.      Tuang adonan putih telur di atas adonan klappertart, taburi kayu manis bubuk. Panggang kembali di dalam oven dengan suhu 180`C selama 15 menit atau sampai klapppertart berwarna kecokelatan. Dinginkan.
8.      Simpan di dalam lemari es dan sajikan selagi dingin.



This entry was posted in

2 komentar:

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.