Yuk jualan online

Yuk jualan online biar bisnismu makin laris manis. Ups, siapa nih yang sering dengar kalimat tersebut? Buat kalian Sobat Catatan Yustrini yang sudah melakukan bisnis online pasti mengalami pahit manisnya, asam garam berjualan online. 

Jualan online kenyataannya kadang tidak semanis ekspektasi. Apalagi jika penjualan menurun, wah, jika dibiarkan terus lama-kelamaan toko kamu bisa tutup. Supaya hal itu tidak terjadi yuk, simak tips jitu agar penjualanmu bisa meningkat kembali. 

Penjualan Menurun, Apa yang Harus Dilakukan? 

Penjualan menurun umumnya terjadi setelah momen hari raya, atau akibat perubahan tren yang tiba-tiba pada masyarakat. Atau ada kasus tertentu yang menyebabkan produk yang kita jual tidak lagi diminati pembeli. Situasi ini sangat normal dan wajar dialami oleh siapa saja yang sedang berbisnis online. 

Penjualan menurun


Namun Sobat Catatan Yustrini harus tetap berusaha agar penjualan bisa kembali meningkat. Kuncinya tetap setia berusaha dan semangat! Selidiki penyebab dan cara untuk mengatasinya, biar bisnismu nggak rugi. Yuk jualan online lebih semangat! 

1. Evaluasi 

Saat kamu menyadari ketika penjualan menurun atau tidak berhasil mencapai target, langkah pertama yang harus dilakukan adalah evaluasi. 

Langkah awal ini berguna untuk menilai apakah bisnismu sudah berjalan sesuai rencana atau belum. Evaluasi juga bisa berguna untuk menemukan titik permasalahan sekaligus solusinya. 

Cek data terakhir penjualanmu, minimal dalam 6 bulan terakhir item mana yang paling laris dan kurang diminati pembeli. Data ini bisa digunakan untuk membuat rencana penjualan ke depan. 

Selidiki juga apakah tren pada masyarakat sudah berubah? Lakukan pemetaan berbasis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities dan Threats). Pemetaan ini bertujuan agar kamu bisa melakukan perencanaan pemasaran ke depan termasuk menjual stok sisa tanpa harus merugi. 

2. Promosikan Tokomu di Media Sosial Secara Lebih Kreatif


Penjualan menurun bisa jadi karena kamu kurang mengadakan promosi, sehingga produkmu sulit terjual. Langkah termurah promosi adalah melalui media sosial

Giveaway bisa jadi salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menarik minat pembeli melirik daganganmu. 

Pajang foto dan atur feed menarik di akun media sosialmu. Tarik pelanggan dengan review terbaik yang diberikan oleh para pelanggan. 

Berikan juga kelebihan apa yang akan pembeli dapatkan ketika membeli produkmu. Misal beli 2 gratis 1 atau berikan potongan harga. 

3. Berikan Layanan Pelanggan Terbaik 


Pembeli adalah raja. Slogan ini sungguh sangat berguna jika diterapkan dalam berjualan. Pepatah Cina mengatakan, orang tidak bisa tersenyum, jangan membuka toko. Artinya, kita harus bersikap ramah terhadap pembeli. 

Melayani secara online bisa dengan segera membalas chat, gunakan kalimat balasan yang sopan. Meski ada pelanggan yang komplain dengan pedas, jangan terpancing untuk membalas lebih pedas. Ingat, pembelilah yang akan memberikan kesuksesan pada bisnismu. 

Berikan kartu ucapan terima kasih sepertinya sangat sepele, namun itu bisa membuat pelanggan jadi terkesan dan kembali melakukan pembelian. 

Nah, itu dia 3 tips jitu yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi penjualan menurun. Butuh tips bisnis online lebih banyak? Kunjungi saja web Yuk Jualan Online dari Lazada. Di sana kamu bisa menemukan beragam artikel tips dan inspirasi menarik di sini seperti strategi atasi Penjualan Menurun, cara mencari produk yang sedang tren, ide jualan dari rumah, dll. 

Ada juga artikel berita, gaya hidup dan inspirasi dari komunitas penjual online. Pokoknya nggak nyesel buka blog ini, dijamin wawasanmu mengenai seputar bisnis online bertambah. Stt, aku dapatkan sumber tulisan juga dari sini lho! 

Website ini memang dirancang oleh Lazada untuk memberikan inspirasi kepada siapa saja yang sudah menjadi seller maupun yang baru mau memulai bisnis onlinenya. Inilah salah satu keuntungan yang diberikan Lazada bagi para sellernya. 

Mau mendapat ilmu bisnis online lebih lagi? Yuk jualan di Lazada aja. Nggak cuma ilmu, bisnis kamu juga bakalan lebih berkembang. 

Yuk Jualan Online di Lazada, Raih Banyak Keuntungan 

Yuk Jualan Online


Siapa yang tidak tahu Lazada? Yup, tepat sekali! Lazada merupakan salah satu tempat belanja online terbesar di Asia Tenggara. 

Mengangkat aktor ganteng Verrrell Bramasta, penyanyi Agnes Monica dan oppa Korea Lee Min ho menjadi brand ambassador, Lazada mendapatkan jumlah pengunjung hingga 30 juta lebih setiap bulannya.  

Kebayangkan jika bisa menjadi salah satu seller di Lazada. Kesempatan produk kita dilihat banyak orang makin besar, artinya potensi produk terjual juga makin besar. 

Kabar baiknya bagi pelaku bisnis perorangan bisa dengan mudah menjadi penjual di Lazada. Nah, apa saja keuntungannya? 

Keuntungan Menjadi Seller di Lazada


Jualan di Lazada


1. Mudah

Proses pendaftaran sangat mudah dan nggak ribet. Cukup sediakan nomor HP, email, KTP dan nomor rekening atas nama kamu sebagai langkah awal pembuatan akun seller. Isi semua yang diminta dan proses verifikasi cepat. Kamu pun siap jualan dengan akun seller Lazada. 

2. Portal belanja terbesar di Asia Tenggara

Lazada sudah memiliki jutaan pengunjung dari seluruh Indonesia setiap harinya. Peluang ini tentu membuka kesempatan produk laku jadi lebih keras. 

3. Pendampingan Seller 

Program inkubasi atau pendampingan seller baru selama 3 bulan yang bisa bikin kita makin mengembangkan bisnis. Lazada akan mendampingi penjual baru untuk belajar banyak hal seperti cara upload produk hingga cara meningkatkan penjualan.

4. Gratis ikutan promo/campaign

Lazada selalu mengadakan campaign atau promosi yang menarik seperti diskon, gratis ongkir, Harbolnas, dan ada di tiap bulan sepanjang tahun. Seller bisa mengikutinya secara gratis. 

5. Komisi 0%

Tanpa bayar komisi, tanpa penalti dan tanpa ongkos kirim membuat kita bisa meraih keuntungan lebih. 

6. Fitur bantuan seller 

Lazada University, Lazada Club, Lazada Service Marketplace dan Fulfilled by Lazada merupakan berbagai fitur bantuan yang disediakan untuk para seller.

Melalui Lazada University, kita bisa dapatkan ilmu untuk mengembangkan bisnis online dan cara pemasaran. Di Lazada Club, kita berkomunitas dengan sesama penjual sehingga bisa berbagi dan belajar dari pengalaman. 

Lazada Service Marketplace adalah tempat di mana para seller dapat memesan jasa bantuan untuk mengembangkan toko mereka. 

Pastikan produkmu aman sampai ke pelanggan dengan layanan Fulfilled By Lazada. 

Selain itu Lazada telah menyediakan Blog Yuk Jualan Online yang akan menambah wawasanmu dalam berbisnis. 

Cara Jualan di Lazada 

Menjadi salah satu seller perorangan di Lazada tak butuh banyak persyaratan. Buat kamu yang mau jualan di Lazada, bikin akun seller dulu, yuk! Cukup sediakan nomor HP, alamat email, KTP, nomor rekening dan siapkan nama toko kamu sebagai langkah awal pendaftaran. Selanjutnya lengkapi data,  login kembali dan unggah produk, akun jualanmu sudah siap deh! 

Penjualan menurun

Langkah 1: Daftar sebagai penjual 

1. Kunjungi situs web Lazada.co.id 
2. Klik tombol Menjadi Seller => Daftar Sekarang
3. Kamu akan diarahkan ke alamat situs sellercenter.lazada.co.id. 
4. Di bagian "Daftar sebagai seller" isikan nomor HP dan tunggu kode unik OTP dikirimkan ke nomor kamu
5. Atur kata kunci. Pilih perorangan atau perusahaan. Isikan email dan password yang kuat. 
6. Tunggu verifikasi dari Lazada 

Langkah 2 : Lengkapi Data Penjual


Login kembali dan isikan data dokumen toko yang diminta, alamat toko dan nomor rekening bank. 

Langkah 3 : Unggah Produk 


Setelah sukses membuat akun penjual, tambahkan produk ke toko kamu. Jika kamu masih bingung, ada tim support yang akan membantu. 

Langkah 4 : Mulai Berjualan


Taraaa! Akun jualanmu sudah siap untuk menggaet jutaan pelanggan di seluruh Indonesia. 

Mudah sekali bukan bikin akun penjual di Lazada? 

Kesimpulan

Berbisnis online memang tak selamanya berbuah manis. Mengalami penjualan menurun menjadi salah satunya. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Temukan titik permasalahan dan buat solusi agar bisnismu tidak makin merugi. 

Bergabung menjadi seller di Lazada dan ikuti Blog Jualan Online bisa menjadi salah satu langkah agar penjualanmu kembali meningkat. 

Yuk jualan online di Lazada, kembangkan bisnismu, naikkan kembali omzet penjualanmu dan dapatkan peluang menjangkau lebih banyak pelanggan di seluruh wilayah Indonesia. 









22 Komentar

  1. Perlu nih evaluasi karena kita nggak tau gimana ke depannya, nggak mulus mulu jalani bisnis. Lazada bisa jadi solusi ya, karena banyak fitur dan mempermudah seller

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mba Sari. Lazada memang memberikan banyak fitur untuk para sellernya.

      Hapus
  2. di Lazada, seller bener bener dibantu ya, bahkan ada kayak academynya gitu.
    penting banget kalau kita usaha diperlukan evaluasi, jadi tau kekurangan dari bisnis kita dan bisa nerapin teknik marketing baru supaya penjualan kembali naik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tinggal semangat dan niatnya dikobarin

      Hapus
  3. Joinnya udah keren bareng Lazada, lalu tingkatkan kreativitas dan tentunya didukung pula sama layanan terbaik kepada pelanggan maka peluang lancarnya bisnis bisa diraih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Usaha maksimal yang penting ya mba Fenni

      Hapus
  4. Keren ya Lazada. Fitur-fiturnya sangat membantu seller dalam meningkatkan penjualan. Beragam promonya juga mendukung kemajuan seller.
    Ternyata syarat bergabungnya juga mudah ya.

    BalasHapus
  5. Kartu ucapan terima kasih itu terkesan sederhana tapi heart-warming loh buat buyer
    Terasa care-nya seller ke buyer
    Emang harus kreatif dan inovatif ya kalau bisnis online lagi turun

    BalasHapus
  6. Kalau melihat persaingan zaman sekarang yang kenceng banget terutama berjualan online, rasanya agak minder yaa.. Tapi tetap ada cara efektif untuk menaikkan pembeli agar tertarik dengan produk yang kita jual. Bersama LAZADA membuka toko online dan memasarkannya kini bisa dilakukan meski hanya dirumahaja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tapi rezeki pasti ada buat tiap seller

      Hapus
  7. Tips dan tutorialnya baguss komplit mudah dipraktekkan bagi pemula.
    Lazada salah satu MP favourie yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..Lazada memang favorit banget buat belanja online.

      Hapus
  8. Jualan online di Lazada adalah peluang bisnis yang menjanjikan ya mbak
    Kalau penjualan menurun, bisa melakukan tips tips ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Kak. Terima kasih sudah baca-baca di sini :)

      Hapus
  9. Betul juga ya, untuk evaluasi bisnis juga penting untuk dilakukan agar bisa menentukan langkah selanjutnya yg berpotensi meningkatkan penjualan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Eko. Evaluasi agar bisa mengetahui langkah selanjutnya

      Hapus
  10. wah mantap nich kalau tips jitu kalau down usaha kita, karena namanya usaha pasti akan up n down ya. Buat pengusaha harus bisa mencari cara akan penjualan minimal stabil, tapi lebih baik meningkat

    BalasHapus
  11. Sepertinya saya butuh evaluasi Karena penjualan online saya menurun. Mungkin bener kurang promosi. Butuh buka toko jualan yg baru jg, biar makin banyak produk yg bs di-view calon pembeli. Buka di lazada deh

    BalasHapus
  12. Memang kalau omset jualan menurun kita perlu belajar lebih banyak lagi. Membaca artikel sepertini misalnya...

    BalasHapus
  13. Suka duka jualan online yaa kadang permintaan menurun makanya butuh untuk bangun strategi agar tetap ada yang belanja

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.