Memaksimalkan Pendapatan Iklan
KEB bersama tim dari ProPS (pict by Ardian Kusuma)

KEBxProPS Belajar Memaksimalkan Pendapatan Iklan

Belajar itu tidak pernah mengenal usia, jadi berapapun usia seseorang tak ada batas (selama masih bersemangat) sangat diperbolehkan untuk selalu menimba ilmu. Itulah yang dilakukan para emak-emak blogger yang tergabung dalam Kumpulan Emak Blogger belajar tentang bagaimana memaksimalkan pendapatan iklan? 

Mendengar kata 'pendapatan' ini pastilah banyak yang tertarik untuk cari tahu sebanyak-banyaknya termasuk saya, he, he, oleh sebab itu saya juga ikut belajar bersama mereka. Tempat yang dipilih oleh panitia adalah sebuah kafe yang cukup instagramable penuh nuansa biru dan putih yang artistik, Kunena Eatery di Jl. Komisaris Polisi Bambang Suprapto no.4 Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta.


Kunena Eatery
Sempat berharap acaranya di ruang bawah yang adem ini (pict by Ardian Kusuma)


Bergabung dengan KEB

Hah, memang kamu sudah emak-emak?

Belum sih, tapi kan saya calon emak juga, nggak ada salahnya dong saya gabung sama mereka?

Saya sebenarnya sudah bergabung dengan KEB sekitar 2 tahunan tapi baru ikut kopdar-nya kemarin. Makanya saya masih belum begitu familiar dengan para emaks ini dan sempat nggak pede waktu mendaftar karena ada kolom berapa pageview blog segala. Duh, kalo dijejerin sama mereka mungkin urutan saya ada di paling akhir deh PV-nya. Saya hanya bisa pasrah kalo ternyata batal ikut acara ini. Namun Mak Indah meyakinkan bahwa saya tetap bisa ikut berapapun PV saya asal sudah pasang Google Analytic dan punya blog meski masih gratisan. Yeay!

Thanks to My Lord Jesus, buat kesempatan datang ke acara seperti ini. Dengan hati deg-degan kayak waktu mau kenalan sama calon mertua saya pun berangkat menuju ke Kunena. Di sana sudah ada emak-emak yang baru foto bareng-bareng tapi saya nggak ikut nimbrung karena nggak enak belum kenal kok ikutan foto, he, he. Akhirnya saya menyapa Mak Wiwin dan diajak ke lantai dua karena eventnya ada di sana. 

Langkah jitu memaksimalkan pendapatan iklan
Peserta KEBelajar mengisi daftar hadir dulu sebelum diberi seminar kit dari ProPS (pict by Ardian Kusuma)

Sampai di atas langsung disambut sama Mas MC, Aji Sukma yang baik hati dan tidak sombong, he, he. Saya pun disuruh regristrasi ulang untuk menerima seminar kit kece dari ProPS, horeee! Dan terpaksa duduk di baris paling depan bersama Mak Wiwin dan Mak Ima yang kece. 

Acara dibuka dengan sesi perkenalan dan sambutan dari ketua KEB yaitu Mak Sumarti Saelan dan Mak Indah Julianti selaku co-founder KEB. Kali ini KEB bekerja sama dengan ProPS, Google Chanel Partner menyelenggarakan acara KEBelajar "Bagaimana Memaksimalkan Pendapatan Blogger Melalui Iklan". Ada dua materi pokok yang akan disampaikan oleh 2 narasumber yakni CEO ProPS, Ilona Juwita dan seorang content writer, Carolina Ratri atau yang biasa dipanggil Mak Carra ini akan memberikan materi cara membuat konten yang menarik.


Foto bareng
"Akhirnya kita bisa kopdar juga ya, Yustrini! Yuk, yuk selfie bareng dulu!" ujar Mak Ima


Makan siang dulu


Acara KEBelajar rasanya kurang seru tanpa kompetisi posting IG dan Twitter ya? Nah, sebelum mempersilakan peserta makan siang, Mas Aji mengumumkan jika akan ada 3 pemenang dari post IG terbaik dan 3 pemenang dari Twitter. Saya pun antusias buat ngepost IG & Twitter siapa tahu beruntung, he, he.

Memaksimalkan Pendapatan Iklan
Biar belajarnya fokus, isi perut dulu dengan hidangan dari Kunena Eatery (pict by Ardian Kusuma)
Tanpa disuruh dua kali para peserta langsung menyerbu hidangan penuh nutrisi yang sudah tersedia di meja. He, he, panitia tahu aja nih kalo saya udah lapar saat itu. 

Ilona Juwita: Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan Iklan   

Selesai makan siang kami langsung dapat materi yang cukup berat (atau saya yang terlalu lambat menerima?) dari Mbak Ilona Juwita, CEO ProPS, Google Chanel Partner mengenai cara meningkatkan pendapatan melalui iklan yang dipasang di blog.

Memaksimalkan Pendapatan Iklan
Ilona Juwita sedang memberi pelajaran serius banget, euy! (Pict by Ardian Kusuma)

Sebenarnya saya lebih membiarkan blog saya polos tanpa iklan karena suka sebel sendiri jika membuka sebuah web isinya iklan melulu bahkan menutupi artikel yang ingin dibaca. Tapi, kalo ada peluang pasang iklan dan bisa dapat pemasukan dari sana, kenapa enggak? (*labil deh kalo nyangkut masalah uang, he, he).

A. Monetisasi Ala Blogger

Jaman sekarang blog nggak lagi cuma untuk nulis curhatan nggak jelas tapi sudah dijadikan salah satu sumber penghasilan dan malah ada yang bilang punya blog itu adalah investasi masa depan. Ada beberapa cara blogger dapat duit dari blognya:

  1. Content Marketing: Membuat artikel/video yang disponsori oleh suatu produk/perusahaan.
  2. Social Influencer: Menerbitkan postingan di sosial media, endorse suatu produk, menjadi pembicara, konsultan atau pelatihan menulis blog.
  3. Affiliate Link: Menempatkan link affiliasi produk pada blog atau halaman post (komisi didapat setelah ada pembelian).
  4. Iklan: Penempatan iklan baik berupa banner atau teks, link baik langsung/tidak langsung.
  5. Penjualan produk digital: Ebook, kursus online, mengadakan workshop, foto, video, program keanggotaan berbayar dan email marketing.

Memaksimalkan Pendapatan Iklan
Peserta KEBelajar sibuk melakukan posting IG & Twitter sambil menyimak (pict by Ardian Kusuma)

Biasanya untuk mendapatkan uang dari iklan, para blogger harus mendaftarkan dulu ke Google Adsense tapi untuk mendaftar ke sana tentu tidak mudah. Proses pencairannya juga lama, karena harus menunggu iklan kita di klik berapa kali sama ada minimal uang yang bisa ditarik, baru dapat hasilnya. Selain itu Google juga sangat ketat dalam meloloskan blog yang boleh dipasangi AdSense.

"Jangan pernah ngeklikin iklan sendiri atau iklan teman diklik bolak-balik karena itu bisa membuat akun diblock oleh Google," kata Mbak Ilona.

Tapi ternyata ada iklan yang langsung dapat bayaran meski iklan itu baru terlihat yaitu dengan Google Ads Exchange. Namun untuk mendapatkan akun Ads Exchange harus memiliki paling sedikit PV minimal 20 juta per bulan. Dan harus sudah punya pendapatan minimal 250 USD per bulan dari Google AdSense.

Wow! Sangat banyak sekali! Kalo untuk blogger pemula seperti saya mana mungkin dapat PV sampai jutaan gitu? Tutup lapak aja, deh kalo gitu.

Hu, hu, hu...

Hey, tunggu-tunggu tutup lapak dulu, Mbak Ilona bilang apa selanjutnya itu? 

Solusinya ProPS bisa memfasilitasi blogger yang ingin memonetasi blognya tapi nggak punya akun Google Ads Exchange.

Iya, istilahnya ProPS sudah mendapat akun di Google Ads Exchange lalu dipinjamkan ke para blogger. Namun ada persyaratan yang harus dipenuhi dulu, salah satunya blog harus memiliki sumber yang terpercaya, bukan asal copas dari blog lain dan memiliki konten yang berkualitas. Karena kami tidak mau bekerja sama hanya sebentar saja.

B. Masalah Utama Terkait Monetisasi Iklan

Apa sih masalah utama yang berkaitan sama monetisasi iklan? 

Ada beberapa hal yang menjadi permasalahan utama blog kita belum layak untuk dipasangi iklan antara lain:

* Website Performance
  • Traffik pengunjung blog yang masih sangat kecil/sedikit.
  • Page Latecy atau kelambatan sebuah blog untuk tampil sempurna saat dibuka baik lewat desktop atau mobile. Paling enggak dalam 3 detik bisa dimuat semua tidak? Kalo tidak pengunjung sudah keburu keluar tanpa melihat iklan. Kecepatan loading suatu blog juga dipengaruhi oleh banyaknya plugin, besarnya foto atau template yang terpasang dalam blog.
  • Quality vs Non Quality Traffic, kunjungan berkualitas dari pembaca.
* UI/UX Layout Desain Website
  • Ad Format & Size Optimal
  • Viewability Rendah
  • Mobile First View

Tips untuk mengatasi 'Page Latency dikarenakan terlalu banyak plugin'

  1. Cari plugin yang menghabiskan banyak storage: Pertahankan plugin yang memang benar perlu walaupun storagenya besar.
  2. Cari alternatif Plugin yang lebih ringan: Jika ada alternatif lain untuk plugin yang perlu, bisa dipertimbangkan memasang plugin yang lebih ringan.
  3. Nonaktifkan Setting Wordpress yang tidak digunakan.
  4. Hindari 2 plugin dengan fungsi sama: Jika 1 plugin bisa mengakomodir beberapa kebutuhan, maka prioritaskan pemanfaatan plugin tersebut.
  5. Matikan fitur plugin yang tidak digunakan: Setiap plugin menawarkan banyak fitur, pastikan untuk menonaktifkan fitur yang tidak digunakan.

Tips mengatasi Viewbility rendah dikarenakan Layout Website Responsive

  • Mobile First : Pilih template "mobile look", tidak menaruh ads di widget kanan, terlebih jika di bawah artikel ada berbagai macam widget atau feed lain, manfaatkan Ad manager untuk mengatur iklan yang ditampilkan di versi mobile.
  • Widget Kanan pada versi desktop: Pada versi mobile site akan terdorong jauh ke bawah.
  • Implikasi pada Active View: Dengan mobile traffic yang dominan, volume request yang lebih besar, berpengaruh besar pada keseluruhan active view.

C. Optimalisasi Platform 


image by: KEB Yogya


Jika melihat banner di atas, AdX lebih menguntungkan daripada AdSense karena begitu iklannya terlihat maka advertiser akan langsung membayar. Kalau AdSense tunggu iklannya di klik, baru deh dapat bayaran. Peluang mendapat uang tentu jadi lebih besar di AdX. 


image by KEB Yogya


Keuntungan lainnya dari Google AdX adalah memungkinkan lebih banyak permintaan pengiklan termasuk dari AdSense sendiri, kita juga bisa menentukan harga minimal yang di AdSense tidak bisa.

image by KEB Yogya

Duh, sampai di sini saya cenut-cenut pengen sembunyi aja, deh, he, he. Barangkali besok-besok saya bisa pasang iklan juga, aminnn. Sekarang berkhayal dulu andaikan sudah memasang iklan di blog, langkah apa yang harus dilakukan supaya bisa mendapat penghasilan yang maksimal. 


Tips memaksimalkan platform yang sudah dimiliki:

1. Mbak Ilona mengingatkan untuk selalu memastikan source of traffic hanya dan hanya dari sumber yang berkualitas.

2. Pastikan penempatan iklan berada di area dengan keterlihatan yang tinggi dan potensi click yang tinggi. Kalau bisa iklan langsung terlihat. 

3. Pastikan setiap slot dapat menampilkan berbagai pilihan size.

4. Google menawarkan berbagai tipe iklan, coba dan pelajari untuk tahu keseluruhan potensi revenue. Cari iklan yang relevan dengan isi blog.

Bagaimana Membuat Konten yang menarik untuk Global Audience?
  1. Tentukan target audience yang pasti harus ke luar negeri jangan di Indonesia. 
  2. Produksi konten yang evergreen (berlaku sepanjang masa dan dibutuhkan terus).
  3. Konten boleh saja bertopik lokal, namun dibawakan secara relevan untuk global audience.
  4. Pastikan tidak menggunakan konteks yang menyangkut budaya tertentu, sehingga akan susah dipahami secara umum.
  5. Hati-hati dalam penggunaan kata-kata referensi (jarak, berat, pecahan uang, hari libur), karena setipa negara memiliki istilah berbeda.
  6. Ketika menggunakan image, pastikan yang dipahami secara universal.
  7. SEO. Manfaatkan keywords yang populer di negara tersebut untuk kemudian ditempatkan di konten yang relevan.
  8. Gunakan jasa translator dan berikan akreditasi.
Di sini Mbak Ilona juga memberikan tebak-tebakan yang intinya untuk kasih gambaran bagaimana sebuah blog yang target audiencenya di Amerika, Inggris dan Brazil dengan rata-rata traffic 15-20 ribu per bulan, postingan 1 artikel per minggu, harga RPM-nya 80.000 maka pendapatan bulanannya adalah 1.7 - 2 juta. Wah, menarik juga materi yang dijelaskan oleh Mbak Ilona, dari satu blog saja bisa menghasilkan segitu.

Refreshing Dulu

Sebelum Mbak Carolina Ratri mengisi sesi selanjutnya, waktunya untuk refresh sejenak bersama Mas Aji Sukma.

Sayangnya permainan yang dibawakan Mas Aji nggak bikin saya fresh deh! Malah kayak uji konsentrasi gitu. Lain kali bikin permainan yang lebih santai atau pakai gerakan fisik sederhana aja misalnya suruh berdiri atau menggoyang-goyang badan jadi pikiran nggak stress. 

Oke kembali ke acara berikutnya ada Mbak Carra yang mau berbagi tips buat bikin konten yang bagus.

Carolina Ratri: Pillar Post for Blog Monetizing 


Carolina Ratri (dokpri)

Pillar Post adalah artikel yang menjadi 'penyangga' blog untuk tetap eksis di SERP atau mesin pencari. Artikel ini biasanya terus dicari orang karena isinya berupa tips, tutorial, hal-hal yang menarik pengunjung meski postingan itu sudah lama.

"Usahakan mulai sekarang bikin postingan yang bisa menjadi Pillar Post untuk blog kita," ujar Mbak Carra.

Ada 4 cara yang dibagikan:

1. Define your big ideas
  • Niche? Blogmu niche-nya apa? Biarpun gado-gado usahakan apa yang kamu tulis itu ada tema khususnya. 
  • Goals? Tujuan akhirnya apa?
  • Audience? Siapa yang akan mengunjungi blogmu? Dari latar belakangnya apa? Kebutuhannya apa?
  • Perfect Plain? Permasalahan umum yang sering dihadapi oleh masyarakat pada umumnya misal melahirkan, bagi pengalaman kita saat melahirkan.
  • Magnets? Apa yang jadi daya tarik blog kita, tulis apa yang orang mau baca. Gali apa yang menarik. 
2. Riset kata kunci

Nah, ini yang jarang banget saya lakukan. Riset kata kunci. Kata Mbak Carra cek kata kunci di Ubersuggest. Pilih yang keywordnya sedang saja untuk meningkatkan SEO blog kita.

3. Outline: Use 5W 1H

Bikin outline dengan metode 5W+1H yaitu What, Who, When, Where, Why dan How. Outline ini membantu untuk fokus, bisa menulis detail, informatif namun tetap ringkas. Jadi biasakan bikin outline sebelum menulis blog.

4. SEO Checklist
  • Keywords: Penempatan keyword sebaiknya ada di awal paragraf, judul dan pertengahan konten.
  • Subheadings: Jangan lupakan penulisan keyword pada subheadings.
  • Captivating headline
  • Short URL: Perpendek url agar dapat terlihat di SERP.
  • Meta Search Description: Ini adalah deskripsi yang akan muncul dibawah judul utama yang keluar di mesin pencari.
  • Image Alt Atributes
  • Internal & Eksternal Links

Sesi Tanya Jawab


Peserta masih pengen gali ilmu lebih dalam lagi (pict by Ardian Kusuma).

Jujur, cukup berat juga materi yang diberikan hari ini. Sempat beberapa kali nggak nyambung dengan apa yang sedang dibicarakan oleh Mbak Ilona terutama. Menurut saya penjelasannya masih terlalu rumit buat ditangkap blogger pemula seperti saya. Apalagi masih awam sama yang namanya ProPS dan Google AdSense.

Yang lumayan nyantol malah materi dari Mbak Carra, walau penyampaiannya agak tegang tapi penjelasannya lebih sederhana. Berharap ada pelatihan lebih dalam mengenai membuat konten yang baik.

Jadi untuk sesi tanya jawab ini saya cuma menyimak saja, he, he. Puji Tuhan ternyata sudah ada snack penyelamat yang disediakan di belakang. Lumayan bikin tubuh dan pikiran jadi segar lagi.

Baca Juga: Day 22: Serius Mau Jadi Blogger Fulltime? Ini Sisi Positif & Negatifnya


Jadwal Selesai Acara Jadi Mundur


Memaksimalkan pendapatan iklan
Para peserta yang beruntung mendapatkan reward dari KEB, asyik! (pict by Ardian Kusuma)

Acara yang diperkirakan selesai jam 2 siang ternyata mundur sampai jam tiga lebih kalo diturutin. Setelah coffe break ternyata masih ada acara pengumuman pemenang lomba blog IG, Twitter dan penanya terbaik. Di sini saya sudah mulai resah, karena bilang sama suami selesai jam 2. Langsung aja saya buru-buru pamit takut suami nungguin dan benar, ternyata dia sudah ada di depan siap menjemput. Maaf, saya nggak ikut foto bareng deh!

Secara keseluruhan saya senang bisa hadir di acara KEBelajar ini, walau kurang sreg sama lantai duanya Kunena Eatery. Ruangannya bagus cuma pendinginnya sebaiknya tidak menggunakan kipas angin di ruang tertutup seperti itu rasanya kayak ditiupin biar anginnya masuk. Saran saya lebih baik berikan ventilasi lagi supaya udara bisa berputar secara alami. Untuk makanan semuanya enak-enak, pas rasanya, minumnya juga enak.


Memaksimalkan pendapatan iklan
Terima kasih buat tim dari KEB dan ProPS yang sudah menyiapkan acara keren ini (pict by Ardi Kusuma)

Terima kasih buat Mak Sumarti Saelan, Mak Indah Julianti yang sudah mengadakan event ini. Sedikit usul buat KEBelajar, boleh ya? Hmm, gimana kalo besok lagi materi sudah diberikan (lewat email) ke peserta sehari sebelum acara berlangsung biar belajar dulu di rumah dan sudah punya bayangan apa yang akan dipelajari. Jadi di acara pembicara tinggal menjelaskan dan peserta bisa bertanya tentang hal-hal yang ingin diketahui.

Terima kasih juga buat Mbak Ilona dan Mak Carra yang sudah memberikan materi begitu 'dahsyat' dan menggigit. Saya berasa ditegur keras supaya nggak asal-asalan dalam menulis di blog karena sebenarnya blog itu bisa jadi ladang penghasilan jika dikerjakan lebih sungguh-sungguh. Malu juga kalo ada yang membaca tulisan saya tapi bikinnya ngasal.

Pulang dari acara ini saya jadi lebih bersemangat untuk belajar bagaimana membuat postingan yang baik, menarik, meningkatkan pageview, rajin membaca postingannya KEB & Mak Carra. He, he, banyak PR-nya nih, akhir kata terima kasih buat semua yang sudah terlibat di acara ini juga Mas Ardian Kusuma, terima kasih jepretan kameranya oke banget! Terima kasih yang sudah membuka postingan ini dan membaca. Terima kasih :) 

22 Komentar

  1. Senangnya bisa kopdar dan belajar bareng. Saya juga baru di dunia blog, masih bingung juga tapi harus belajar biar lebih baik. Salam kenal mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya aja baru kopdar kemarin. Masih kurang pede juga ngaku sebagai blogger karena ilmunya masih dikit banget. Rasanya harus sering datang ke event-event seperti ini. Terima kasih mbak sudah mampir & salam kenal kembali :)

      Hapus
  2. Merasa ikut senang aku membaca ulasan diatas, seru dan keren ya tips2nya.
    Pengin rasanya ikutan acara seperti ini karena aku belum pernah punya pengalaman kopdar dengan teman-teman blogger.

    Itu menarik sekali adsense ProPS, tanpa diklik cuma dilihat pembaca bisa mendapatkan penghasilan ..., tapi syaratnya berat juga, harus 20 juta PV perbulannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mas, udah mampir. Iya, syaratnya berat nih.

      Hapus
  3. nambah temen dan ilmu baru, berkat acara ini, sering0sering aja niy Blogger Jogja ngadain acara kayak begini, manfaatnya buanyak banget buat pemula seperti saya di bidang blogger ini:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, manfaatnya banyak sekali nambah ilmu&teman.

      Hapus
  4. Lengkap banget reviewnya. Kebetulan aku pas nggak bisa hadir pas acara karena kantor enggak libur padahal hari sabtu hellowww... Makasih ulasannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sayang sekali nggak ikutan. Next time mungkin bisa gabung kalo selo.
      Terima kasih kembali mba Nisya.

      Hapus
  5. Senenggggg bisa kopdaran sama Yustrini hehehe.. selama ini cuma saling follow di socmed yaa.. Btw catatanmu lengkap banget sayyy.. Makasih udah dishare yaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, akhirnya kita berjumpa juga di dunia nyata, he, he. Sama-sama mba, terima kasih kembali udah mampir.

      Hapus
  6. Ulasannya lengkap banget mb ��
    Btw, mau tanya dong. Standar minimal PV blog per hari atau per bulan berapa si mb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mba sudah mampir:)
      Malu nih, saya ditanya soal PV sama Mba Disma. Saya baru pemula lhooo. Maafkan jika jawaban saya salah.

      Kalo buat daftar Adsense setahuku minimal 10k PV per bulan. Kalo AdX itu min 20juta PV per bulan.

      Hmm, buat yang udah lebih berpengalaman di sini, mungkin bisa bantu jawab, he, he.

      Hapus
  7. haloo! ada fotoku nyempil nyempil disana sini hueheheheh <3

    jadi seneng kalo inget acara kemarin. bener-bener bermanfaat dan snacknya ngga nanggung-nanggung hehehe, mba yustrini juga lengkap banget nih reportasenya! keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga!!
      He, he itu ada satu foto yang nggak nyempil tuh, tapi nampang. Wwkwkw.

      Makasih ya udah mampir, Kak Agi juga keren :)

      Hapus
  8. Reviewnya keren. Lengkap banget mbak. Makasih udah dikasih poin2 ilmu baru. Nanti aku pelajari ah

    BalasHapus
  9. Jadi kapan kita mulai monetisasi blog kita? Yuk! Seru ya kl acaranya lintas batas begini, jadi melek banyak hal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengen secepatnya tapi kayaknya saya harus belajar banyak bikin konten yang berkualitas dulu, biar PV-nya nambah, he, he.

      Hapus
  10. Sumpah lengkap banget liputan acaranya. Aku juga agak kemebul sih kemarin materinya berat tapi bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mba Dian, efek kemebul kemarin jadi pengen menyimpan semua materinya di sini. He, he.

      Hapus
  11. Wah, acaranya keren banget ya mbak, banyak ilmu yang didapatkan.makasih sudah sharing ya mbak. Sharingnya lengkap lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, memperkaya wawasan. Terima kasih kembali mbak, sudah mampir & meninggalkan komentar:)

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.