Halo Sobat Catatan Yustrini, kali ini kita akan membahas tentang ROG Zephyrus G14, salah satu laptop gaming yang paling digemari oleh para gamer, sejak laptop ini mulai diperkenalkan tahun 2020 untuk pertama kalinya. Berbekal spesifikasi yang powerful, dengan body ringkas dengan layar berukuran 14-inci dan desain unik, dengan fitur AniMe Matrix Display yang bisa dikustomisasi.

ROG Zephyrus G14 (2022)

Tetapi ketiga hal tadi bukanlah alasan utama ya, kenapa banyak banget orang yang senang dengan laptop gaming ini. Nggak cuman para gamer aja lho, laptop ROG Zephyrus G14 juga banyak disukai oleh pengguna non gamer. Dikarenakan desain yang minimalis dari laptop gaming ini hampir membuatnya tak terlihat sebagai laptop gaming. Padahal nih, semua komponen yang dipakai oleh ROG Zephyrus G14 GA402 adalah hardware kelas gaming yang sangat powerful. 

Pada tahun 2022 ini, ROG Zephyrus G14 kembali diperkenalkan dengan beragam peningkatan tak cuma dari segi spesifikasi hardware saja, tapi dari fitur yang diusungnya juga! Hmm, ROG Zephyrus G14 (2022) ini beda lho dengan pendahulunya, sebab telah dibekali dengan kombinasi CPU dan GPU dari AMD, yaitu AMD Ryzen 6000 Mobile Series dan AMD Radeon RX 5000 Series. Kolaborasi keduanya menciptakan keunggulan tersendiri dalam hal optimalisasi, karena keduanya bekerja dengan sangat baik di sistem operasi Windows 11.

Tak hanya itu saja fitur yang ditingkatkan di ROG Zephyrus G14 (2022) dibanding sama pendahulunya. Ada banyak fitur lain, mulai dari tracpad, webcam, hingga sistem pendingin. 

Nah, apa saja sih peningkatan yang ASUS ROG hadirkan kali ini? Yuk, kita bahas satu per satu. 

Peningkatan ROG Zephyrus G14 (2022) 

Tetap Ringkas dan Lebih Nyaman Saat Digunakan 

Satu hal yang bikin seri ROG Zephyrus G14 ini begitu populer ialah bentuknya yang sangat ringkas dan nyaman ketika digunakan. Bayangkan aja, dengan layar selebar 14-inci otomatis membuat laptop gaming ini jadi lebih ringkas jika dibandingkan sama laptop gaming yang umumnya rata-rata berukuran 15-inci.

Selain jadi membuat ukuran laptop jauh lebih ringkas secara keseluruhan, layar 14-inci juga digemari mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Itulah sebabnya banyak pengguna bukan gamer juga menyukai laptop ROG Zephyrus G14. Seri laptop ini merupakan salah satu seri laptop 14-inci yang paling powerful sampai sekarang.


ROG Zephyrus G14 (2022)



Untuk body-nya, ROG Zephyrus G14 (2022) ini mempunyai ketebalan tidak lebih dari 2 cm dan berat 1,72 kg. Berkat berat dan dimensi segitu, ROG Zephyrus G14 (2022) tetap tergolong sangat portable sehingga mudah dibawa-bawa saat bepergian. Kita tak butuh tas khusus lagi yang ukuran besar buat membawa laptop gaming ini. 

Sekali lagi perlu ditekankan ya, Sobat Catatan Yustrini bahwa ROG Zephyrus G14 (2022) adalah laptop gaming. Dan spesifikasi yang udah disebutin di atas tadi menunjukkan kalo laptop gaming ini punya ketebalan dan bobot yang nggak jauh beda sama laptop-laptop berukuran 14 inci lainnya. 

Dari segi desainnya sendiri, ada beberapa aspek yang juga ditingkatkan. Salah satunya pada keyboard. Laptop ROG Zephyrus G14 (2022) dilengkapi dengan keyboard traveling distance 1,4 mm yang dirancang secara khusus supaya lebih nyaman dipakai untuk melakukan beragam aktivitas. Jadi nggak cuma buat ngegame. Keyboardnya juga dibekali dengan empat tombol programmable macro yang bisa dipakai buat meningkatkan produktivitas kamu dan bisa juga menjadi tombol pintasan ekstra saat bermain game. 

Ngomongin soal keyboard nih, ROG Zephyrus G14 (2022) juga mengusung fitur ErgoLift dengan engsel yang sekarang bisa dibuka sampai 180 derajat untuk memudahkan kita berkolaborasi. 

Fitur ErgoLift ini membuat posisi mengetik jadi lebih nyaman serta bisa membantu sistem pendingin bekerja lebih optimal. Hal ini berkat adanya rongga udara ekstra yang dihadirkan saat laptop ini bekerja. 

ASUS memang merancang ROG Zephyrus G14 (2022) ini menjadi lebih nyaman saat digunakan dibanding dengan pendahulunya. Hal itu tercermkn pada touchoad yang kini ukurannya lebih besar. Bahkan terlihat 50% lebih luas dibanding ASUS ROG Zephyrus G14 generasi sebelumnya. Touchpad tersebut dirancang supaya sangat akurat ketika dipakai, sehingga penggunanya tak lagi memerlukan mouse kecuali saat main game. 

Laptop Gaming Paling Stylish 


Nggak sekedar ringkas, yang jadi salah satu pembeda ROG Zephyrus G14 (2022) dengan laptop gaming lainnya adalah desainnya yang begitu stylish. Bodynya juga memiliki desain yang tergolong low profile buat sekelas laptop gaming. Jadi cocok jika kamu mau bawa laptop gaming ini ke kantor atau ke pertemuan resmi. 

Namun jika kamu menyalakan fitur AniMe Matrix Display-nya, maka ROG Zephyrus G14 (2022) ini berubah total jadi sebuah laptop gamun yang keren. AniMe Matrix Display adalah fitur yang berupa sederet lampu LED pada bagian belakang layar ROG Zephyrus G14 (2022) yang bisa dikustomasi. 

Fitur ini juga dapat menampilkan teks atau animasi. Pengguna game bisa memilih animasi mana yang mau ditampilkan bahkan juga bisa memasang hasil animasi buatan sendiri. Pokoknya kamu bisa kustomasi tanpa batas di laptop gaming dengan AniMe Matrix Display. 

Laptop Gaming 14-inci yang  Paling Powerful


Di sini, AniMe Matrix Display juga bisa menampilkan maskot resmi dari ROG, yakni Omni. Nggak cuma sampai di situ aja, gamer bisa bermain bersama Omni dalam berbagai mini game yang tersedia. Tentunya tampilan AniMe Matrix Display akan menyesuaikan dengan mini game yang baru dimainkan. 

Buat menemani AniMe Matrix Display, ROG Zephyrus G14 (2022) juga diperlengkap dengan keyboard yang mendukung fitur ROG Aura RGB. Jadi, selain dapat melakukan kustomasi pada AniMe Matrix Display, gamer juga bisa membuat laptopnya tampil beda dan keren dengan RGB LED keyboard yang dipersonalisasi. Sebagai tambahan, ROG Zephyrus G14 (2022) juga mendukung penggunaan ROG Aura Wallpaper yang dapat disinkronkan dengan ROG Aura RGB.
 

Layar Lebih Luas dan Dibekali Webcam


Bila kamu melihat lebih detail, ROG Zephyrus G14 (2022) ini punya dimensi bodi yang sedikit berbeda dengan generasi sebelumnya. Hal ini disebabkan ROG Zephyrus G14 (2022) kini menggunakan layar rasio 16:10 berbeda sama laptop pendahulunya yang hanya menggunakan layar 16:9.

Tentunya dengan rasio layar 16:10 pengguna ROG Zephyrus G14 (2022) jadi bisa lebih nyaman saat menggunakannya untuk berbagai aktivitas. Karena dengan rasio tersebut bisa menghadirkan working space atau area kerja yang luas. Sebagai info nih, ukuran bezel laptop gaming ini juga tergolong sangat tipis sehingga lebih kelihatan sebagai laptop yang minimalis dan stylish. 

Dibekali pula dengan webcam terintegrasi. Bukan cuma webcr biasa, tapi sebuah webcam dengan sensor infrastruktur merah yang mendukung fitur facial recognition. Betul. ROG Zephyrus G14 (2022) sudah mendukung fitur keren facial recognition login melalui Windows Hello. Ini berarti kita nggak usah repot-repot ngetik password atau memindai sidik jari. Cukup arahin aja muka kita ke kamera dan taraaa, sistem bakalan ijinkan kita buat login secara otomatis. Cocok nih buat yang suka lupa password. 
 
Laptop Gaming 14-inci yang  Paling Powerful

Konektivitas Lengkap 

Berbeda sama pengguna mainstream yang masih nyaman sewaktu menggunakan laptop dengan dongle. Para gamer justru nggak bisa mentolerir hal tersebut. Selain bikin repot, dongle juga berpotensi mengganggu para gamer bermain. Nah, untuk itulah laptop gaming wajib mempunyai konektivitas yang mumpuni agar berbagai aksesoris gaming bisa dengan mudah terhubung. 

Tanpa terkecuali ROG Zephyrus G14 (2022). Laptop gaming terbaru ini sudah dibekali dengan port yang sangat lengkap. Mulai dari USB 3.2 Gen2 Type-A untuk menghubungkan keyboard atau mouse gaming, HDMI 2.0b untuk menghubungkan laptop ke monitor tambahan, 3.5mm combo audio Jack untuk menghubungkan headset gaming, hingga USB 3.2 Type-C untuk menghubungkan berbagai perangkat dan aksesori modern. 

Menariknya lagi ya, Sobat, ROG Zephyrus G14 (2022) udah dibekali sama port generasi terbaru yaitu, USB 4.0 Type-C. Walaupun secara fisik terlihat sama aja seperti port USB Type-C pada umumnya, port tersebut bisa memberikan kecepatan transfer data yang jauh lebih kenceng dari port USB lain yang ada di ROG Zephyrus G14 (2022) yaitu hingga 40Gbps. Port ini juga sudah mendukung fitur USB Power Delivery hingga 100W, serta DisplayPort sehingga para gamer bisa menghubungkan ROG Zephyrus G14 (2022) dengan monitor modern melalui USB Type-C ini.

Berikutnya ROG Zephyrus G14 (2022) juga telah dibekali dengan konektivitas nirkabel berteknologi terkini yaitu WiFi 6E. Berbeda sama teknologi WiFi lainnya, WiFi 6E memiliki frekuensi ekstra yang bisa digunakan selain 2,4GHz dan 5GHz, yaitu 6GHz. Frekuensi 6GHz menawarkan kecepatan transfer data serta latency yang lebih rendah, sehingga sangat cocok dipakai oleh para gamer. Frekuensi 6GHz di WiFi 6E memungkinkan pengalaman online gaming yang lebih baik dan minim lag berkat latency yang sangat rendah.

Laptop Gaming 14-inci


Untuk para gamer yang lebih suka menggunakan mouse controller, maupun headset bluetooth. ROG Zephyrus G14 (2022) telah dibekali dengan Bluetooth 5.2. Sebagai tambahan, ROG Zephyrus G14 (2022) juga hadir dengan pembaca kartu MicroSD. 

Performa yang Lebih Kencang


ROG Zephyrus G14 (2022) merupakan salah satu laptop yang tergabung dalam program AMD Advantage yang menggabungkan peran CPU AMD Ryzen 6000 Mobile Series dengan GPU AMD Radeon RX 6000S Series. Kombinasi antara CPU dan GPU dari AMD tersebut memungkinkan optimalisasi yang berfokus pada tiga hal, yaitu performa gaming terbaik, kualitas layar terbaik, serta mobilitas yang tinggi. Tidak hanya itu, laptop gaming dengan AMD Advantage juga dibekali dengan beragam fitur eksklusif. 

Fitur pertama ada SmartAccess Memory. Fitur ini memungkinkan CPU AMD Ryzen 6000 Mobile Series untuk dapat mengakses semua memori di GPU AMD Radeon RX 6000S Series. Sebelumnya, CPU hanya dapat mengakses sebagian kecil memori milik GPU. SmartAccess Memory dapat mengeliminasi bottleneck tersebut sehingga CPU dan GPU dapat memanfaatkan jalur data PCI Express secara optimal. Smart Access Memory dapat meningkatkan performa gaming sampai 15%.

Laptop gaming ini juga dilengkapi dengan fitur SmartShift, yaitu fitur yang memungkinkan pembagian daya antara CPU dan GPU yang lebih optimal. SmartShift membuat ROG Zephyrus G14 (2022) untuk dapat bekerja lebih optimal sesuai kebutuhan. Misalnya, saat bermain game yang membutuhkan performa GPU, SmartShift akan mengalokasikan kelebihan daya pada CPU ke CPU sehingga performa gaming dapat tampil lebih baik. Sebaliknya saat laptop membutuhkan performa ekstra untuk GPU, sistem akan mengalokasikan daya berlebih dari GPU ke CPU. 

Selain fitur dari AMD, laptop ROG Zephyrus G14 (2022) juga diperlengkapi dengan MUX Switch seperti halnya seluruh jajaran laptop gaming ASUS yang hadir di tahun 2022. MUX Switch merupakan chip khusus yang dapat melakukan bypass jalur visual dari discrete CPU langsung ke layar. Jika sebelumnya, jalur visual dari discrete GPU harus melewati integrated GPU terlebih dahulu sehingga memperpanjang alur yang mengakibatkan penurunan framerate saat bermain game. 

ROG Zephyrus G14 (2022)


Berket MUX Switch sekarang jalur visual bisa dialihkan dari discrete GPU secara langsung ke layar atau dialihkan ke integrated GPU. MUX Switch memberikan peningkatan framerate sampai 30% di game Rainbow Six Siege serta sebesar 9% di berbagai judul game-game ternama lainnya. 

Nggak cuma itu, MUX Switch juga memberikan opsi kepada gamer untuk memilih untuk mengaktifkan integrated GPU dan menghemat baterai, atau memaksimalkan performa dengan bergantung penuh pada discrete GPU. 

Dibanding dengan seri pendahulunya, ada beberapa aspek di ROG Zephyrus G14 (2022) yang sudah di upgrade pada sisi spesifikasinya. Pertama, slot penyimpanan laptop gaming ini telah mendukung PCIe 4.0 SSD. Sistem penyimpanan data terbaru ini menawarkan kecepatan baca dan tulis yang begitu kencang. Tentunya performa ini berpengaruh langsung pada waktu loading di dalam game atau saat menjalankan berbagai aplikasi. 

Berikut ini adalah hasil benchmark ROG Zephyrus G14 (2022) yang menggunakan CPU AMD Ryzen 9 6900 HS dan GPU AMD Radeon RX 6800S.

ROG Zephyrus G14 (2022): Laptop Gaming 14-inci yang  Paling Powerful

ROG Zephyrus G14

Laptop gaming paling powerful


Sistem Pendingin Baru

Berkat pemakaian hardware yang lebih powerful, ROG Zephyrus G14 (2022) pun harus dibekali dengan sistem pendingin yang lebih canggih. Karena itu, ASUS membekali laptop gamingnya dengan sistem pendingin baru yang memanfaatkan vapor chamber. Berbeda dengan heatpipe, vapor chamber memiliki kemampuan melepaskan panas secara langsung sehingga sangat cocok untuk laptop dengan bodi ringkas seperti ROG Zephyrus G14 (2022).

Supaya transfer panas antara komponen dengan vapor chamber berjalan secara optimal, ROG Zephyrus G14 (2022) memakai liquid metal sebagai thermal compound di CPU dan GPU yang merupakan dua komponen penghasil panas paling tinggi. Penggunaan liquid metal membuat suhu CPU dan GPU dapat diturunkan hingga 15⁰C dan membuat kedua komponen utama tersebut dapat selalu bekerja secara optimal.

Nggak cuma sampai di sini aja lho. Laptop gaming milik ASUS juga dibekali dengan kipas khusus bernama Arc Flow Fan. Kipas ini dirancang sedemikian rupa agar bisa mengalirkan udara tak hanya secara lebih optimal, tapi juga minim turbulensi sehingga memiliki tingkat kebisingan yang lebih rendah dari kipas yang disematkan pada ROG Zephyrus G14 sebelumnya. 

Lebih lagi, ASUS juga menyediakan empat mode penggunaan di ROG Zephyrus G14 (2022). Melalui aplikasi Armoury Crate, ROG Zephyrus G14 (2022) bisa diatur untuk berjalan di mode silent yang super senyap dan hemat daya. Mode performance untuk menghadirkan performa ekstra, dan mode Turbo untuk mengatasi pekerjaan paling berat. Serta mode manual untuk menghadirkan 100% potensi performa yang dimiliki oleh ROG Zephyrus G14 (2022). 

Spesifikasi Utama ROG Zephyrus G14 (GA402) 

  • CPU : AMD Ryzen™ 9 6900HS Mobile Processor (8-core/16-thread, 16MB cache, up to 4.9 GHz max boost) dan AMD Ryzen™ 7 6800HS Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.7 GHz max boost)
  • Operating System : Windows 11 Home
  • Memory : 1x16GB DDR5 4800MHz, 2x8GB DDR5 4800MHz
  • Storage : 1TB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD, 512GB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD
  • Display : 14”, FHD (1920 x 1200) 16:10, IPS, 144Hz, 3ms, Adaptive Sync, Mux Switch, PANTONE Validated, 100% sRGB, 400 nits
  • Graphics : AMD Radeon™ RX 6800S, AMD Radeon™ RX 6700S
  • Input/Output : 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x card reader (microSD) (UHS-II), 1x 3.5mm Combo Audio Jack
  • Camera : 720P HD IR camera with Windows Hello facial recognition
  • Connectivity : Wi-Fi 6E (802.11ax) + Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2
  • Audio : 4-speaker system with Smart Amplifier Technology, AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification
  • Battery : 76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
  • Dimension :  31.2 x 22.7 x 1.95 ~ 1.95 cm
  • Weight : 1.72 Kg
  • Colors : Eclipse Gray, Moonlight White
  • Price : Rp28.999.000 (Ryzen™ 7/RX 6700S/144Hz/2x8GB RAM/512GB SSD), Rp30.999.000 (Ryzen™ 9/RX 6700S/144Hz/2x8GB RAM/512GB SSD), Rp32.499.000 (Ryzen™ 9/RX 6800S/144Hz/1x16GB RAM/1TB SSD) 
  • Warranty : 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

0 Komentar