Kriteria blogger keren

Hai, Sobat Catatan Yustrini. Apa kabar? Harapanku kalian selalu diberikan kesehatan dan perlindungan oleh Tuhan di manapun kalian berada. Wah, nggak terasa aku sudah mengasuh blog ini selama kurang lebih lima tahun kurang 1 bulan, tapi baru punya domain baru di bulan September 2019. 

Lewat blog catatan yustrini, aku banyak belajar terutama dalam menulis artikel, belajar upload foto, mengenal istilah di dunia blogger seperti SEO, permalink, blogwalking, dsb, coba-coba ikut lomba blog hingga bergabung ke komunitas-komunitas blogger. Mulai kenalan sama blogger-blogger yang udah lebih lama berkecimpung di dunia ini. Makasih banyak buat teman-teman sekalian yang mendukung aku untuk berada di dunia perbloggeran.

Walau aku terbilang cukup lama sejak tahun 2016 mulai belajar ngeblog, tetapi belum ada apa-apanya dibanding blogger-blogger yang baru. Mereka benar-benar antusias dalam mengembangkan blognya sehingga bisa lebih di monetisasi dibanding saya. 

Jujur, aku baru tahu kalo blog bisa buat menambah penghasilan bahkan banyak blogger yang mempunyai banyak blog alias ternak blog buat menggali pundi-pundi keuangannya. Duh, apalah aku yang hanya ngeblog cuma buat iseng-iseng sama menyimpan cerpen biar nggak hilang dimakan rayap. Kalo dari dulu udah tahu aku bakalan lebih sering belajar nguprek blogku. Bersyukur kemarin bisa ikut gabung di Kelas Growthing bareng kakak-kakak blogger yang keren-keren. Nah, ngomongin blogger keren sebenarnya gimana kriterianya? Yuk, kita simak uraianku berikut tentang blogger keren versiku tentu saja :))

7 Kriteria Blogger Keren 

Sebenarnya aku nggak punya kriteria tertentu buat menyebut blogger keren, tapi kira-kira inilah kriteria blogger keren versi catatanyustrini.com.

1. Rajin Posting

Seorang blogger aku sebut keren karena rajin banget bikin postingan baru di blognya. Ada banyak yang jago bikin tulisan dan update tiap hari dan tulisan-tulisannya itu bagus serta punya sumber yang jelas. Kalo aku belum kuat deh untuk nulis ODOP. Pernah sih dua bulan ikutan ODOP, tapi itupun karena bareng komunitas Blogger Perempuan. Setelah selesai, ya udah kembali lagi postingnya kalo ada kerjaan atau ikut lomba. Makanya postingan organik jarang banget ada di sini. 

Pengen juga bikin resolusi tahun 2021 ini, aku nulis ODOP lagi. Mumpung masih awal tahun semangat masih menyala. 

2. Punya Ciri Khas Tersendiri

Aku suka kagum sama blogger-blogger yang punya niche beauty, teknologi, atau traveling dibanding sama blogger yang isinya cuma buat ngejar lomba blog atau sponsor post (seperti saya, he, he, he). Mereka itu niat banget buat berbagi review produk kosmetik, cara dandan, bikin ulasan tentang gadget dan tempat-tempat yang pernah mereka datangi. 

Menulis dengan satu tema terus-menerus dibutuhkan inspirasi yang kuat dan nggak boleh bosan karena membahas hal yang sama. Aku juga bikin satu blog yang temanya hanya tentang review film dan buku, tapi ya itu tadi aku cepat bosan sehingga blog tersebut jadi kurang terawat. Padahal jika ditekuni sebenarnya bisa dimonetisasi juga. 

Aku percaya jika setiap blog adalah gambaran dari setiap pemiliknya. Dan punya ciri khas masing-masing yang unik sehingga setiap buka blog, oh, udah tahu ini punya si A atau si B tanpa harus mencari-cari nama bloggernya siapa. Template blog yang dimiliki juga bisa jadi ciri khas, ada yang minimalis, ada yang banyak banget widgetnya, ada yang ilustrasinya kartun dibikin mirip sama pemiliknya dan ada yang gambarnya bisa loncat-loncat, tulisannya juga muter-muter dulu sebelum tampil. Semua asyik dengan ciri khasnya masing-masing. 

3. Nggak Pelit untuk Berbagi Ilmu

Aku bersyukur bisa bertemu dengan teman-teman blogger yang nggak pelit ilmu saat ditanya, baik melalui WA, blog maupun media sosial. Aku berterimakasih buat para coach KGB yang membawa blog Catatan Yustrini sehingga bisa sampai di titik ini. 

Kalian keren karena mau berbagi ilmu dengan banyak blogger pemula seperti saya. Memang ilmu nggak akan habis jika dibagikan malah makin bertambah. Ada yang minta aku untuk berbagi ilmu juga, tetapi wadahnya saat ini lewat blog ini dulu. Karena sadar bahwa kemampuan berkomunikasi aku masih terbatas banget. Namun nggak menutup kemungkinan jika aku mau sharing ilmu satu hari nanti.
 

4. Punya Banyak Teman

Kriteria blogger keren selanjutnya adalah dia punya banyak teman dari berbagai macam kalangan, nggak cuma teman blogger saja. Seorang blogger keren punya banyak jaringan luas untuk menopang supaya blog-nya bisa diterima oleh banyak orang, selain itu dia punya lingkungan pergaulan yang luas sehingga bisa menulis tentang banyak hal.

5. Sering Bikin Giveaway

Kalo mendengar giveaway pasti banyak yang suka. Nah, dulu pas awal-awal aku bikin blog, banyak blogger yang suka mengadakan giveaway. Hadiahnya lumayan ada pulsa, souvenir, buku dan handphone. Kalo sekarang ada juga sih, tapi nggak banyak. Nah, apakah kamu sudah memenuhi kriteria yang satu ini? Kalo belum bikin giveaway aja, ntar kabarin aku, biar aku ikutan hehehe.

6. Punya Penghasilan dari Blog

Nah, kriteria ini yang paling jadi alasan banyak orang termasuk saya untuk mengelola sebuah blog. Bagi saya keren banget orang-orang yang hidupnya cuma menggantungkan diri lewat kegiatan ngeblog. Hanya ngeblog aja, nggak nyambi kerjaan lainnya. Berarti blognya memang udah punya daya tarik tersendiri sampai difollow banyak orang dan menghasilkan jutaan tiap bulan cuma lewat blog. Kalau kriteria ini saya masih jauh, deh! Tapi saya yakin bila setiap usaha yang ditekuni dengan sungguh-sungguh pasti akan menghasilkan, amin!

7. Sering Menang Lomba Ngeblog

Siapa yang setuju sama saya kalau blogger keren itu harus masuk kriteria ini? Sering menang lomba ngeblog dan bukan lomba-lomba yang lain apalagi juara makan kerupuk tingkat RT. Seorang blogger disebut keren jika ia sudah sering banget menang lomba blog, dapat dipastikan karena tulisannya di blog memang bagus, berkualitas dan layak untuk menang. Kalau saya sih, baru satu dua kali menang lomba blog paling banter ya juara 3. Jadi saya belum pantas disebut blogger keren dalam kriteria ini.

Nah, itu dia tadi kriteria blogger keren versi saya. 


6 Comments

  1. Yahhh aku yang masuk kategori hanya: menulis lebih dari 1 dalam seminggu, punya banyak teman, dan punya penghasilan dari blog. Berarti aku juga belum keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. He, he, saya cuma baru nulis kriterianya dulu. Untuk jadi blogger keren itu butuh perjuangan dan passion yaa!

      Delete
  2. Semoga saja suatu saat mbanya yang bisa masuk kesemua kategori tersebut, aamiin. Kalo saya mah apa atuh, blogger baru kemarin sore, yang masih perlu banyak belajar lagi, terutama SEO, hahaha...

    Urusan posting memang masih terkendala sama pekerjaan, maunya sih gitu, posting tiap hari, tapi ya ada aja kesibukkan lainnya... *alasan bae ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin bisa masuk dalam semua kriteria blogger keren. Ahh, Mas Hendra terlalu merendah, padahal udah biasa langganan juara. Kalo menurut saya, Mas Hendra itu blogger keren cuma tinggal bikin giveaway aja, he, he...

      Delete
    2. Doakan saja semoga suatu saat bisa bikin gieaway, kayak rangorang, aamiin

      Delete
    3. Aamiin, siap Mas! Saya doain, ditunggu ya pengen ikut giveaway nih! Pasti yg ikut juga banyak, kan Mas Hendra yg bikin, he, he.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.