Love language
https://cdn.pixabay.com/photo/2018/08/03/04/36/couple-3581038_1280.jpg

Hai Sobat Catatan Yustrini, ternyata merawat cinta bersama pasangan itu gampang-gampang susah. Apalagi jika sudah masuk ke jenjang pernikahan, pasti ada masa-masa sulit yang harus dilewati. 

Salah satu cara untuk membantu memperkuat hubungan, adalah dengan mengenali dan memahami bahasa cinta atau love language kamu dan pasanganmu. Karena tiap individu memiliki cara yang berbeda untuk mengekspresikan dan menerima cinta.

Mau tahu apa saja bahasa cinta ini? Dan bagaimana cara mengetahuinya? Yuk, lanjutkan baca artikel berikut!

Mengenal Tes Love Language 

Dilansir dari Sediksi, Tes Love Language adalah cara untuk mengidentifikasi bahasa kasih yang paling penting bagi seseorang.

Teori bahasa cinta ini sudah ada sejak tahun 90-an. Seorang psikolog sekaligus konsultan pernikahan, Dr. Gary Chapman mengenalkan 5 bahasa cinta yang paling dominan. Ia menuliskannya dalam buku berjudul, The Five Love Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate. 

Kelima bahasa cinta itu meliputi: 

1. Words of Affirmation atau Kata-kata Pujian

Bila bahasa cinta ini yang lebih dominan, kamu akan merasa dicintai ketika ada yang memuji atau memberikan apresiasi. Pujiannya bisa berupa kata-kata atau tulisan. Kamu akan merasa bahagia saat pasanganmu memberikan pujian atau kata "i love you". 

Sebaliknya jika pasanganmu yang lebih dominan memiliki bahasa kasih ini, maka sering-seringlah untuk memuji dia. Katakan aku sayang kamu setiap hari, agar dia merasa dicintai.

2. Art of Service atau Tindakan

Pemilik bahasa cinta ini akan merasa dicintai saat pasangannya melakukan suatu tindakan, misalnya membantu mengerjakan kerjaan rumah. Pujian atau kata-kata cinta bisa jadi tidak terlalu penting dibandingkan dengan pertolongan dan tindakan yang diberikan pasangan.

Dan biasanya wanita yang sudah menikah akan merasa dicintai saat suaminya mau menolong mengerjakan pekerjaan rumah tangga. 

3. Receiving Gifts atau Menerima Hadiah

Nah, jika kamu merasa dicintai pasangan saat menerima hadiah, artinya bahasa cinta ini lebih dominan. Nggak peduli besar kecilnya, atau seberapa mewah dan mahal hadiah yang kamu terima, kamu tetap akan menerima dengan senang hati. Bahkan selalu mengingat dalam hatimu. 

Jadi, jika kamu memiliki pasangan dengan bahasa cinta ini, sering-sering saja berikan hadiah sebagai ungkapan rasa cintamu.

4. Quality Time atau Waktu yang Berkualitas

Pasangan akan merasa dicintai saat kamu menghabiskan waktu bersamanya yang berkualitas. Matikan ponsel dan habiskan waktu saat bersamanya, merupakan cara sederhana untuk mengungkapkan cinta kepada pemilik bahasa cinta ini. 

5. Physical Touch atau Sentuhan Fisik

Pemilik bahasa cinta ini senang menerima sentuhan fisik, baik genggaman tangan, belaian, pelukan dan sentuhan fisik lainnya sebagai bentuk cinta. Ia merasa dicintai saat menerima sentuhan fisik dari pasangannya. 


3 Situs Tes Love Language

Tes love language lewat situs ini
https://pixabay.com/id/photos/rakyat-pria-wanita-pasangan-jaket-2603521/

Nah, kira-kira kamu dan pasangan lebih dominan bahasa cinta yang mana? Untuk mengetahuinya, kamu bisa mengikuti tes love language di situs berikut: 

1. Lovelanguagetest.co

Situs pertama ada lovelanguagetest.co. Melalui pertanyaan-pertanyaan survei yang diberikan, kita bisa mengetahui bahasa cinta mana yang lebih mendominasi. 

Kunjungi saja alamat di atas tadi, masukkan email dan nama, lalu isi pertanyaan survei. Tak sampai 5 menit, kita sudah bisa mengetahui jawabannya. Situs ini tersedia juga dalam bahasa Indonesia. 

2. 5lovelanguage.com

Situs kedua ada 5lovelanguage.com yang lebih lengkap memberikan informasi dan tips mempererat hubungan emosional dengan orang terkasih. 

Kamu tinggal kunjungi situs tersebut, pilih menu Quizzes dan klik love language. Mulai tes love language dan jawab semua pertanyaan dalam bahasa Inggris. Disediakan pilihan untuk mengetahui tipe bahasa cintamu. Jadi biarpun kamu masih single, tetap bisa mengikuti tes. 

3. Satu Persen

Situs berbahasa Indonesia yang berisi konten menarik seputar kehidupan masa kini juga menyediakan layanan tes love language gratis. 

Di sana kamu akan menjumpai pertanyaan mengenai hal apa saja yang bikin kamu merasa dicintai. Kamu akan mengetahui hasilnya segera. 

Kesimpulan: 

Love language adalah salah satu cara untuk membuat hubunganmu dengan pasangan makin erat dan saling mengerti satu sama lain. Menabur kasih dan memberikan cinta kepada pasangan membuat hubungan jadi tidak terasa hambar. 

Menghabiskan waktu bersama, memberikan hadiah, memberi pujian, memberikan bantuan, dan sentuhan fisik bisa menjadi cara yang indah untuk menyatakan perasaan cinta. 

Dengan mengikuti tes love language di 3 situs tadi, membantu kamu menganalisa bahasa cintamu dan pasangan. Jadi jangan ragu untuk mengikuti tes love language agar hubungan cintamu makin langgeng ya! 


Rekomendasi bacaan:  

https://sediksi.com/cobain-tes-love-language-di-situs-berikut-yuk/

1 Komentar

  1. Luar biasa. Cinta yang terawat pasti akan awet sampai kakek nenek.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.