Camilan enak


Sobat Catatan Yustrini, apa kabar? Semoga kita selalu sehat ya! Siapa nih yang suka bikin camilan enak dari jagung atau tepung jagung untuk keluarga? 

Jagung memang rasanya enak dan disukai oleh siapa saja. Ada beragam jenis makanan yang bisa dibuat dari jagung, seperti jagung bakar, sup jagung, puding jagung, dll. Jagung pun diolah menjadi tepung jagung dan tepung maizena sehingga kita bisa menambahkan bahan ini ke dalam aneka hidangan sehat seperti Capcay, Sup Jagung, Ayam Koloke, dan banyak lagi. 

Namun, meski keduanya sama-sama terbuat dari jagung, ternyata tepung jagung dan tepung maizena itu nggak sama lho! Mereka merupakan jenis tepung yang berbeda, baik dari segi pembuatan hingga fungsinya tidak sama. 

Lalu apa saja perbedaan dan fungsi keduanya? Apa sajakah kandungan gizi maizena yang bermanfaat bagi tubuh? Mari simak artikel berikut ini! 

Mengenal Tepung Jagung dan Tepung Maizena dan Perbedaannya

Apa sih tepung jagung itu? Tepung jagung adalah hasil penggilingan dari seluruh biji jagung menjadi bubuk halus. Sehingga kandungan tepung jagung sama dengan jagung utuh, yakni protein, serat, pati, vitamin dan mineral. 

Kandungan gizi maizena



Sementara tepung maizena terbuat dari endosperma, yakni bagian tengah biji jagung yang bertepung menjadi bubuk putih berupa pati. Maizena sering disebut juga pati jagung. 

Karena terbuat dari biji jagung utuh, tepung jagung memiliki tekstur seperti pasir, sedangkan tekstur maizena lebih halus dan lembut. 

Warna tepung jagung bisa putih, kuning atau biru. Sedangkan tepung maizena, berwarna putih. 

Kalo dari rasa, tepung jagung bercita rasa manis seperti jagung asli sehingga bisa dijadikan penambah rasa jagung atau bahkan dikonsumsi langsung. Tepung jagung biasa digunakan sebagai bahan tambahan atau pengganti tepung terigu di berbagai makanan seperti waffel, biskuit dah roti. 

Sedangkan tepung maizena ini, tidak ada rasanya alias tawar, sehingga lebih cocok dipakai untuk menambah tekstur pada makanan, pengental masakan, atau enambah tekstur renyah pada gorengan. 

Fungsi dan Kandungan Gizi Maizena 

Fungsi utama dari tepung maizena adalah untuk mengentalkan masakan seperti sup, saus atau vla. Tepung maizena juga sering dipakai untuk pembuatan kue kering. Hasil kue akan jauh lebih renyah dan lezat dengan penambahan maizena. 

Untuk gorengan, tambahkan saja sedikit maizena pada tepung, maka kita akan mendapat tekstur gorengan yang renyah dan sempurna. 

Maizena berfungsi sebagai anti gumpal. Tambahkan maizena pada gilingan daging, maka kita akan mendapat adonan daging yang lembut dan tidak menggumpal. 

Bagi yang alergi telur namun ingin bisa menikmati roti, cake atau biskuit, gunakan maizena sebagai pengganti telur. Caranya dengan mencampurkan satu sendok tepung dengan tiga sendok air hangat sebagai pengganti telur. 

Maizena juga bisa dipakai sebagai campuran rendaman untuk melunakkan daging dan membuatnya menjadi lebih juicy. 

Selain fungsi yang sudah disebutkan di atas, kandungan gizi maizena juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tepung maizena mengandung karbohidrat, serat, protein, kalsium, vitamin B komplex, vitamin D, vitamin C, zat besi, magnesium, dll. 

Tepung maizena ini bebas gluten dan rendah lemak sehingga aman dikonsumsi bagi siapa saja yang mau menjaga kesehatan atau yang sedang diet. Selain itu, bagi penderita diabetes tepung maizena mampu membantu penderita untuk mengelola hipoglikemia. 

Resep Camilan Enak Nagasari Tepung Jagung Maizena 

Kue Nagasari


Sejak kecil saya suka sekali dengan jajanan pasar yang satu ini, Nagasari. Biasanya camilan enak ini terbuat dari tepung beras, namun dengan memberikan campuran tepung maizena akan membuat teksturnya menjadi lebih lembut. 

Kali ini aku akan membagikan resep Nagasari yang sering aku buat sendiri di rumah dan jadi favorit keluarga. 


Camilan enak


Bahan: 

200 gr Tepung beras

150 gr Tepung Maizena

250 ml santan kental

150 ml air matang

50 gr gula pasir 

1sdt garam 

3 buah pisang raja, iris sesuai selera

Daun pandan (skip, jika tidak ada pandan bisa diganti dengan vanili) 

Daun pisang (bisa diganti pakai wadah kaca tahan panas atau loyang) 

Cara membuat: 


1. Campur semua bahan, kecuali pisang. Aduk hingga tercampur rata

2. Masak di atas kompor dengan api kecil. Aduk hingga adonan kental. Angkat.

3. Bungkus adonan dengan daun pisang. Isi dengan 1 potongan pisang atau sesuai dengan selera.

4. Kukus adonan dalam panci pengukus selama 20 menit

Tepung jagung maizena



5. Sajikan.

Nah, cukup mudah kan membuatnya di rumah? Dengan membuat sendiri di rumah, lebih sehat dan kebersihannya juga lebih terjamin. 

Dengan memakai tepung jagung maizena, hasil kue Nagasari jadi lebih lembut, empuk dan lebih kencang dibanding hanya memakai tepung beras. Tentu saja aku tidak sembarangan memakai tepung maizena, pilihanku tetap pada Maizenaku bukan yang lain. 

Dari dulu mamaku juga selalu menggunakan Maizenaku, Tepung Maizena dari egafood karena lebih higienis, warnanya putih, halus dan tidak bau apek. 

Tepung Maizenaku dari Egafood 

Maizenaku merupakan produk tepung jagung maizena berkualitas nomor satu dari egafood. Kalo dilihat dari kemasannya, produk ini sudah ada sejak tahun 1968. Wow! Sudah lama sekali ya. Pantas kalo mamaku selalu pakai Maizenaku untuk bikin aneka hidangan sehat dan camilan enak. 

Maizenaku juga aman dikonsumsi karena tepung pati jagung ini sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI dan terdaftar di BPOM. 

Tersedia dalam berbagai kemasan kotak dengan ukuran 100 gr, 150 gr, 300 gr, dan 750 gr. Juga kemasan plastik dengan ukuran 100 gr, 250 gr, 500 gr, 1 kg dan 10 kg. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. 

Dengan memakai Tepung Maizenaku, makanan bersaus jadi lebih kental dan lebih baik teksturnya. Gorengan lebih renyah, dan tidak berminyak. Untuk kue kering jadi lebih halus, renyah, kokoh, wangi aromanya dan juga kelihatan lebih cerah warnanya. Pokoknya semua makanan yang menggunakan tepung maizena ini jadi lebih bagus hasilnya. 










18 Komentar

  1. Mbaaa selama ini aku pikir tepung jagung sama Ama maizena. Ternyata malah beda bangettt ya 😅. Aku belum lihat berarti bentuk asli darj tepung jagung. Agak penasaran aja pas ditulis warnanya bisa aja biru. 😮

    Kalo beli maizena, aku juga selalu beli brand yg di atas itu. Kayak udah keinget trus bentuknya, Krn dulu mama pun pakenya maizena yg itu 😄

    BalasHapus
  2. Saya dulu waktu kecl suka diomelin, Mbal. Karena main karambol, biar licin pakai tpeung maizena hehehe. padahal memang untuk campuran kue kering dan kue basah. termasuk kue nagasari atau nogosari itu. Kalau di Makassar, ada yang isiannya ketan hitam dicampur unti kelapa gula merah.

    BalasHapus
  3. Selain punya banyak fungsi, Maizena juga punya kandungan gizi yg bagus buat kesehatan tubuh yah, kak. Aku save dulu lah ya resep nagasarinya, sesimple itu ternyata bikinnya, apalagi pake Maizenaku dari egafood ya, pasti maknyus!

    BalasHapus
  4. Salah satu resep makanan enak tuh selalu dr bahannya dulu. Tentu di belakangnya jg dr yg membuat sih.

    Tp kalo bahannya aja udh bermutu spt Tepung Maizenaku ini, bikin apapun pasti enak. Apalagi utk bikin nagasari. Ini udh kue sekjta umat. Hrs ada di tiap hajatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah pas ini kak,
      tadi pagi baru aja makan nagasari kiriman dari tetaangga yang punya hajat semalam.

      Hapus
  5. tepung jagung maizena andalan banyak para ibu dalam membuat kue ya mba Yus, apalagi aman sudah ada BPOM-nya dan pilihannya ukuran beratnya banyak bisa membeli sesuai kebutuhan

    BalasHapus
  6. Mantep nih, pengen juga buat camilan menggunakan Maizenaku. Beberapa waktu lalu, emakku juga nyari2 tepung Maizena untuk tambahan kue sama memperkental kuah. Kira-kira di Pekalongan udah ada produknya gak ya? Ntar tak coba cari deh

    BalasHapus
  7. aku klo nyari tepung maizena pasti dapet nya maizenaku, emang bagus sih yaaa, bisa diolah jadi makanan macem-macem

    BalasHapus
  8. Jajanan kesukaanku nih. Nogosari. Ternyata bikinnya pakai tepung maezena juga ya. Pantes enak

    BalasHapus
  9. Haturnuhun, ka..
    Aku beneran baru tau ternyata ada bedanya Tepung Jagung dan Tepung Maizena. Karena selama ini kalau pas masak tuh Ibu ngajarinnya pakai Tepung Maizena buat bebikinan kue. Tapi juga sekaligus kalau masak non-kue. Ternyata kudunya aku teliti lagi resepnya ya.. pakai tepung apa biar jadinya enak dan maksimal karena dari segi kegunaan, bahan serta manfaatnya aja uda beda banget. Hehhe..

    BalasHapus
  10. Baru tahu bedanya tepung jagung dan tepung maizena. Aku malah pengen coba tepung jagung, mahal kali ya?

    BalasHapus
  11. Waduh...selama ini aku tahunya tepung maizena ya tepung jagung. Ternyata tepung saripati jagung. Beda banget yah...
    Aku malah belum pernah lihat tepung jagung.
    Btw...nagasari tuh kesukaan, pokoknya jajan pasar tuh favorit deh...

    BalasHapus
  12. Siapa sih yang ngga suka Nagasari, enak banget apalagi kalo masih anget. Ternyata campuran tepung maizena bisa bikin teksturnya jadi lebih lembut yaah. Bikinnya juga mudah. Nyoba aahhh.

    BalasHapus
  13. nagasari, jajanan yg selalu ada di desaku saat ada acara selamatan. gak bosen2nya dengan jajanan satu ini

    BalasHapus
  14. Nagasari termasuk salah satu jajanan pasar favoritku
    Ternyata bahannya bisa dari tepung maizenaku ini ya

    BalasHapus
  15. Ahhhh... Nogosari, ini favorit jajanan keluarga kalau pagi. Aku baru tahu juga lo kalau tepung maizena dan tepung jagung itu beda. Selama ini kalau beli tepung maizena bungkusnya ada gambar jagung, jadi kupikir itu tepung jagung. 🫣

    BalasHapus
  16. Ini Salah satu kue kesukaan aku, Mbak. Terima kasih sharing resepnya ya. Kapan kapan mau recook.

    BalasHapus
  17. Lho ada resep nogosari. Pas banget nih lagi cari nogosari kemarin di pasar gak nemu, terus membatin, apa bikin sendiri aja ya. Lha kok ketemu resepnya di sini. Makasi sudah berbagi resep ya

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.